Rekomendasi Kompor Listrik Watt Kecil Terbaik

Kompor listrik menjadi semakin viral dan dikenal masyarakat karena pemasarannya terus beredar di platform internet maupun televisi. Banyak dijumpai pada acara dan konten tutorial memasak, sehingga semakin sering dilihat dan meningkatkan minat masyarakat. Alat elektronik yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu model dan desain yang kekinian serta minimalis, bahkan penggunaannya yang praktis dan efisien. Berdasarkan hasil survey Badan Pusat Statistik, pemakaian kompor listrik di masyarakat Indonesia sudah mencapai 0.86% pada tahun 2021. Hal ini tidak menutup kemungkinan akan bertambahnya penggunaan kompor listrik tahun depan. Kompor listrik dinilai lebih aman dan hemat dibandingkan dengan kompor gas LPG. Bahkan, pemerintah sempat merencanakan program konversi LPG subsidi (kompor gas) ke induksi (kompor listrik). Program ini bertujuan untuk menekan biaya subsidi APBN dan impor gas LPG. Namun karena satu dan lain hal program konversi LPG subsidi belum juga direalisasikan mengingat perlunya persiapan yang lebih matang dari segala aspek.

Dibalik bertambahnya minat penggunaan kompor listrik, masih ada segelintir masyarakat yang ragu karena alat ini dinilai akan menyebabkan bertambahnya daya penggunaan listrik. Hal ini tentunya berkaitan dengan jumlah tagihan listrik yang dikhawatirkan menjadi naik dari biasanya. Oleh karena itu, beberapa perusahaan yang memproduksi kompor listrik terus berinovasi dan mengembangkan produknya sehingga menghasilkan kompor listrik dengan watt yang kecil. Apa saja jenis dan merk kompor listrik yang daya watt nya kecil? Mari kita bahas satu persatu pada artikel ini.

Kenapa harus pilih kompor listrik?

Sumber gambar: Tokopedia COURTS

Selain bentuk dan desainnya yang menarik, kompor listrik juga memiliki beberapa kelebihan yang bisa Anda pertimbangkan. Keuntungan menggunakan kompor listrik yaitu

  • lebih aman, dapat mengurangi resiko kebakaran karena tidak menyebabkan kebocoran gas dan percikan api,
  • lebih ramah lingkungan,
  • hemat biaya saat memasak, penghematan ini hingga jangka panjang bahkan bisa mencapai 18%,
  • penyebaran panas lebih merata,
  • lebih hemat energi, dan
  • mudah dibersihkan cukup dilap, karena tidak meninggalkan kotoran yang berkerak seperti pada kompor gas.

Jenis kompor listrik dan perbedaannya

Berdasarkan metode pemanasannya, kompor listrik dibagi menjadi tiga jenis yaitu kompor listrik elektrik/konvensional, kompor induksi, dan kompor infrared. Berikut ini tabel perbedaannya:

Jenis kompor listrik
Jenis Kompor Listrik Kelebihan Kekurangan
Kompor Elektrik
  • Harga lebih murah
  • Dapat digunakan untuk alat masak berbahan besi, stainless dll
  • Proses pemanasan lebih lama
  • Permukaan kompor panas
  • Pemakaian daya listrik lebih besar
Kompor Induksi
  • Proses memasak lebih singkat
  • Permukaan kompor tidak panas
  • Fitur lebih lengkap dan multifungsi
  • Pemakaian daya listrik bisa diatur
  • Harga bervariasi, semakin lengkap fiturnya semakin mahal
  • Hanya bisa digunakan untuk alat masak beralas datar dan berbahan magnetik
Kompor Infrared
  • Bisa digunakan untuk semua jenis alat masak kecuali plastik
  • Proses pemanasan cepat seperti kompor induksi
  • Permukaan kompor panas

Dari ketiga jenis kompor listrik di atas, ada beberapa tipe kompor berdasarkan fungsi letaknya yaitu kompor tanam dan kompor portable. Kompor listrik tanam, biasanya memiliki satu hingga empat tungku. Sedangkan kompor portable memiliki satu hingga dua tungku. Biasanya kompor tanam dipasang di bawah kitchen set, sedangkan kompor portable bisa dipindahkan.

Kompor listrik jenis apa yang paling efektif?

Di antara kompor listrik elektrik, kompor induksi, dan kompor infrared masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, dari segi fungsinya, kompor induksi lebih efektif. Meskipun harga kompor induksi sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis kompor lainnya, namun kompor ini memiliki banyak fitur yang multifungsi. Salah satunya adalah fitur pengaturan daya watt yang bisa kita sesuaikan saat sedang memasak. Bahkan, kompor ini bisa menghasilkan panas lebih cepat. Semakin cepat menghasilkan panas, maka daya listrik yang terpakai tidak terlalu banyak. Bagian permukaan kompor juga aman disentuh karena tidak panas meskipun kompor sedang menyala.

Tips hemat listrik saat menggunakan kompor listrik

Berbagai model kompor listrik memang sudah banyak yang dilengkapi fitur yang multifungsi. Kelengkapan fitur ini terkadang membuat pemakaian daya listrik menjadi besar karena daya watt yang tinggi. Nah, Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini supaya tagihan listrik tidak membengkak karena pemakaian kompor listrik.

  • Pilih kompor induksi karena dapat menyalurkan energi panas langsung ke permukaan panas lewat kumparan magnet. Sedangkan bagian lainnya tidak terkena panas, sehingga penggunaan energi listrik tidak terlalu besar.
  • Pilih alat masak yang terbuat dari bahan keramik atau kaca karena dapat memancarkan panas lebih cepat.
  • Pastikan ukuran panci atau alat masak sesuai dengan besarnya kompor. Jika alat masak terlalu kecil, maka pancaran panas yang tidak mengenai alas panci akan sia-sia dan boros listrik.
  • Matikan kompor 5 menit sebelum selesai masak, agar dapat memanfaatkan panas yang tersisa.
  • Bersihkan kompor secara rutin, karena sisa kotoran yang menempel dapat menghalangi proses pemanasan sehingga membutuhkan energi yang lebih banyak.
  • Pastikan peralatan masak seperti panci dan wajan memiliki alas yang datar. Karena kompor listrik memancarkan panas langsung ke permukaan alas panci, maka jika panci tersebut melengkung, energi yang diberikan lebih kecil, dan membutuhkan waktu memanaskan lebih lama.
  • Sering menutup panci atau wajan saat memasak agar dapat menahan panas lebih lama sehingga memungkinkan proses masak lebih cepat.

Baca juga Perbandingan Kompor Gas vs Kompor Listrik, Mana Harga Kompor yang Lebih Hemat dan Terbaik?

Rekomendasi kompor listrik 1 tungku watt kecil

Sumber gambar: Freepik

Jenis kompor listrik yang satu ini memiliki desain yang minimalis, cocok bagi Anda yang memiliki ruangan yang tidak terlalu luas dan ingin masak dengan jumlah yang tidak banyak. Kompor listrik dengan satu tungku lebih praktis digunakan dan memiliki daya watt yang lebih rendah. Bahkan kisaran harganya juga bervariasi dan lebih terjangkau. Beberapa merk kompor listrik satu tungku yang hemat listrik yaitu:

OXONE Kompor Induksi Handle – OX-640OB

Jenis kompor listrik induksi portable yang diproduksi oleh Oxone ini juga tidak kalah menarik. Desain kompor yang kekinian, dilengkapi dengan handle atau pegangan pada kompor sehingga memudahkan Anda untuk memindahkan dan membawa kompor ini ke mana-mana. Handee – OX-640OB cocok untuk Anda yang ingin memasak dengan praktis dan memiliki mobilitas yang tinggi karena kompor ini bersifat portable. Jenis kompor ini termasuk kompor induksi dengan pemakaian daya listrik yang dapat diatur mulai dari 200 watt hingga 2000 watt. Pilihan tombolnya sudah full touch screen dengan beberapa fitur yaitu pengaturan daya sehingga menyesuaikan kebutuhan memasak, lock agar pemakaian lebih aman, pengaturan suhu, dan timer 1-240 menit untuk mengatur waktu memasak. Selain itu dapat mencegah masakan gosong karena ada fitur overheat protection dan mencegah pemborosan listrik karena bisa mati secara otomatis setelah satu menit tidak dipakai. Kompor listrik portable Handee – OX-640-OB dibanderol dengan harga sekitar Rp 1 jutaan.

OXONE Kompor Induksi Dadu – OX-640SQ

Kompor induksi dengan desain minimalis dan modern, memiliki bentuk dan ukuran yang ramping sehingga cocok diletakkan di ruangan atau dapur yang tidak terlalu besar. Kompor listrik ini memiliki daya mulai dari 200 watt hingga 2000 watt sesuai dengan pemakaian. Kompor portable yang aman dan praktis ini dijual dengan harga sekitar 1 jutaan. Berikut ini spesifikasinya :

  • Tombol lock untuk supaya tombol lainnya tidak tertekan dengan tidak sengaja.
  • Fitur touch screen atau sentuhan untuk semua tombol.
  • Timer untuk pengaturan waktu memasak lebih efisien.
  • Dapat digunakan untuk berbagai jenis alat masak seperti stainless,cast iron dan magnetic pan.
  • Overheat fitur untuk mencegah masakan yang gosong.
  • Otomatis mati setelah tidak digunakan setelah satu menit.
  • Kisaran harga Rp 1 jutaan.

OXONE Kompor Induksi Rink – OX-640RO

Berbeda dengan jenis kompor induksi lainnya yang berbentuk persegi, OX-640 RO dari Oxone ini memiliki bentuk lingkaran unik dan lebih profesional. Penggunaannya bisa menyesuaikan kebutuhan karena memiliki 8 pengaturan daya. Dilengkapi dengan fitur yang hampir sama dengan kompor induksi Handee dan DADU yaitu fitur child safety lock, timer 1-240 menit, overheat protection dan auto shut off in one minute (otomatis mati setelah satu menit). Pemakaian daya listriknya juga bisa diatur mulai dari 200 watt hingga 2000 watt. Meskipun fiturnya hampir sama, kompor induksi OX-640 RO memiliki fitur eksklusif yang hanya ada di kompor ini yaitu desain touch panel yang lebih modern, ukuran lebih slim dan 8 tingkatan pengaturan daya. Harga kompor ini juga sekitar Rp 1 jutaan.

OXONE Infrared Cooker – OX-645

Selain jenis kompor listrik induksi, kompor satu tungku juga tersedia jenis kompor listrik infrared. Jenis kompor listrik ini akan memancarkan panas ke seluruh permukaan kompor secara merata, dan juga bisa digunakan untuk beberapa jenis alat masak yang berasal dari material stainles steel, granit, keramik, dan besi. Kompor listrik OX-646 dari Oxone ini dirancang dengan model yang praktis dan memiliki beberapa fitur unggulan seperti :

  • Tombol khusus untuk berbagai metode memasak seperti mengukus, merebus, menggoreng, memanggang, hot pot, dan sup dan lain-lain.
  • Full touch screen untuk semua tombol lengkap dengan tombol lock, timer, dan lain-lain.
  • Pemakaian daya sekitar 1500 watt sehingga memudahkan untuk memasak lebih cepat.
  • Harga dibawah 1 jutaan (Sekitar Rp 800-900 ribuan).

OXONE Kompor Induksi – OX-646

OX-646 merupakan jenis kompor induksi dari merk Oxone. Dengan daya 2000 watt dapat menghasilkan panas lebih cepat. Cocok bagi Anda yang ingin memasak dengan waktu yang singkat. Selain dapat menghemat waktu, jenis kompor listrik ini dapat menghemat ruangan Anda, sehingga tidak memakan banyak tempat. Kompor listrik OX-646 memiliki beberapa spesifikasi lainnya seperti :

  • Daya listrik 2000 watt, dapat diatur dengan 8 tingkatan pengaturan daya.
  • Tegangan 220-240V, 50/60Hz.
  • Sensor touch & sliding control, fitur modern untuk memudahkan penggunaannya dengan sensor sentuhan.
  • Terdapat 6 tombol untuk pilihan metode memasak yaitu rebus air, membuat sup, hotpot, panggang, rebus dan goreng.
  • Dapat digunakan untuk alat masak yang terbuat dari stainless steel dan cast iron.
  • 8 Level Temperature & Power Adjustment : tingkat pengaturan suhu, sehingga bisa diatur sesuai kebutuhan.
  • Timer Function : 240 Minutes dapat mengatur seberapa lama kompor akan menyala sehingga tidak boros listrik.
  • Ukuran minimalis yaitu 33 cm X 40 cm X 8 cm.
  • Kisaran Harga Rp 1,3 jutaan.
#BandingkanHematnya
Hemat.id menyediakan informasi promo kompor dari supermarket dan toko elektronik seperti COURTS. Banyak promo menarik lainnya yang bisa Anda temukan di www.hemat.id.
Cek sekarang harga kompor terhemat

 

Rekomendasi kompor listrik 2 tungku watt kecil

Sumber gambar: Freepik

Jika Anda memiliki ruangan dan dapur yang lebih luas, dan ingin memasak berbagai masakan lebih cepat, maka Anda bisa memilih jenis kompor listrik dua tungku. Jenis kompor ini dapat memudahkan Anda untuk memasak dua jenis masakan sekaligus, sehingga lebih efisien dan hemat waktu. Meskipun memiliki dua tungku, beberapa jenis kompor listrik sudah di desain dengan ukuran yang minimalis dan ramping sehingga tidak banyak memakan tempat. Selain itu, penggunaan daya listriknya juga hemat, dan memiliki berbagai fitur modern yang sangat bermanfaat. Beberapa merk kompor listrik 2 tungku watt kecil yaitu :

OXONE Kompor Listrik Double Keramik OX-655D

Kompor listrik dua tungku ini terbuat dari material stainless steel anti karat, sehingga awet digunakan untuk jangka panjang. Meskipun tombolnya belum touch screen seperti beberapa kompor listrik lainnya, OX-655D memiliki fitur yang canggih dan multifungsi. Beberapa spesifikasi kompor listrik OX-655D dari Oxone ini yaitu :

  • Daya listrik 600-800 watt
  • Terdapat pengaman otomatis pada tombol ON & OFF saat menyalakan dan mematikan kompor
  • Dapat digunakan untuk berbagai macam jenis alat masak dengan alas rata
  • Thermal untuk melindungi suhu yang terlalu panas
  • Harga sekitar Rp 1,3 jutaan

Kesimpulan

Dari berbagai jenis kompor listrik, kompor induksi memang lebih hemat karena daya watt tidak terlalu besar. Kompor induksi dari merk Oxone memiliki fitur yang dapat mengatur besarnya daya yang dibutuhkan, sehingga Anda dapat menghemat penggunaan listriknya. Fitur yang dimiliki juga lebih lengkap, dapat memudahkan proses memasak. Bagi Anda yang memasak dengan jumlah banyak bisa memilih kompor induksi dua tungku agar lebih efisien. Namun jika Anda tinggal di tempat yang minimalis seperti kosan atau apartemen dan hanya memasak sesekali saja, Anda bisa memilih kompor induksi satu tungku, karena tidak memakan tempat terlalu banyak. Kompor listrik dengan watt kecil dapat Anda temukan di toko elektronik COURTS dan banyak promo menarik di situs hemat.id.

Sumber :
www.bps.go.id
www.den.go.id
www.eprints.iain-surakarta.ac.id
www.emsd.gov.hk