Resep Gulai Jantung Pisang

Tepat sekali jika pohon pisang diberikan julukan sebagai tanaman dengan seribu manfaat, selain tentu saja buahnya yang enak di makan, batang, daun, bahkan jantung pisang pun nikmat untuk di makan secara langsung maupun diolah sebagai masakan.

Tapi tidak semua jenis jantung pisang yang bisa diolah menjadi masakan, berikut jenis jantung pisang yang enak di masak adalah jantung pisang klutuk, jantung pisang kepok, jantung pisang raja bulu, dan jantung pisang raja siam.

Nah, setelah tahu jenis jantung pisang apa saja yang enak dimasak, mari kita mulai dengan resepnya.

Bahan :

1 buah jantung pisang (ambil yang masih muda dan buang kulit luar yang sudah tua)
250 ml santan
1 batang serai, di geprek
2 lembar daun jeruk
5 buah cabe rawit merah
1 sdt garam halus
1 sdt gula pasir
1 buah asam kandis

Bumbu Halus :

3 buah cabe merah
3 butir kemiri
6 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas lengkuas
1 ruang kunyit
2 sdt ketumbar
1/4 sdt jintan

Cara Buat :

1. Bersihkan jantung pisang dan ambil bagian putihnya. Potong menjadi dua bagian lalu rebus hingga empuk (saat mendidih, pastikan air mendidih agar warna jantung pisang bersih dan tidak hitam). Angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
2. Tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk hingga harum. Lalu tuangkan santan dan aduk hingga mendidih, gunakan api sedang.
3. Masukkan jantung pisang, garam, gula pasir, asam kandis dan cabe rawit merah. Masak hingga kuah meresap. Angkat dan sajikan.

Note :

  1. Jangan mengambil atau memilih jantung pisang ambon karena jantung pisang ambon rasanya cenderung pahit.
  2. Kupas kulit jantung pisang yang berwarna merah tua hingga 4 lapis atau hingga lapisannya berwarna pink atau putih, karena kulit jantung pisang yang berwarna merah tua memiliki banyak getah yang menempel sehingga harus dibuang.
  3. Didihkan air terlebih dahulu lalu masukkan jantung pisang lalu tambahkan sedikit garam, kemudian masak selama 10 menit. Anda harus pastikan air sudah mendidih, karena Jika air yang digunakan untuk merebus belum mendidih, jantung pisang akan berubah jadi kehitaman.
  4. Rebus jantung pisang hingga setengah matang atau sampai  jantung pisang mudah ditusuk dengan garpu. Angkat lalu sisihkan.
  5. Peras jantung pisang agar air yang mengandung getah terbuang, lalu tiriskan kemudian potong-potong sesuai selera.

Ternyata jantung pisang juga mempunyai manfaat untuk kesehatan, karena jantung pisang memiliki banyak kandungan zat-zat alami yang baik untuk tubuh misalnya protein, mineral, fosfor, kalsium, vitamin B1, Vitamin C serta kandungan serat yang tinggi.

Anda juga bisa mendapatkan harga promo terhemat bahan-bahan untuk resep ini di hemat.id, hemat.id akan menampilkan katalog-katalog dari berbagai supermarket dan hypermarket favorite keluarga anda.

Apa resep favorit keluarga dalam mengolah jantung pisang? bagikan resep kesukaan keluarga anda dalam mengolah jantung pisang di kolom komentar di bawah. Bagikan juga tips yang selalu anda pakai dalam mengolah jantung pisang agar hasil masakan lebih enak.

Selamat mencoba dan terima kasih.

Sumber :

http://www.mangyono.com/2015/02/manfaat-dan-khasiat-jantung-pisang-untuk-kesehatan.html