Resep Korean Garlic Bread dengan Bahan Hemat

Sudahkah Anda tahu mengenai roti yang sedang viral saat ini? Iya benar, kuliner asal Korea yang namanya adalah Korean Garlic Bread. Walau memiliki nama yang sama seperti garlic bread ala Eropa yang suka kita makan di restoran pizza, roti ini justru agak berbeda. Bedanya ada pada bentuk dan isiannya. Kalau garlic bread ala Eropa atau disebut juga roti panggang bawang putih terdiri dari roti yang diatasnya diolesi dengan campuran bawang putih cincang, olive oil atau butter, serta oregano atau lokio. Lalu roti dipanggang sampai berubah warnanya menjadi agak kecoklatan. Roti ini memiliki rasa asin, gurih dan juga renyah saat dimakan. Kalau di Indonesia sendiri, makan roti ini biasanya dicocol dengan saus sambal dan dimakan sebagai makanan pembuka.

Roti yang digunakan pada Korean garlic bread adalah sejenis roti manis yang dibentuk seperti roti hamburger dengan tekstur yang lembut. Kemudian diisi dengan adonan krim keju dengan taburan saus bawang putih.

toko roti
Sumber : Mydaysinkorea

Seperti namanya Korean garlic bread adalah jajanan kaki lima yang berasal dari korea. Sekitar awal tahun 2020 roti ini mulai viral dibicarakan di dunia maya dan mulai masuk ke Indonesia di sekitar pertengahan tahun. Karena bentuknya yang eye catching dan rasanya yang sesuai dengan selera orang Indonesia. Di negara asalnya, roti ini sering dijumpai di sekitar Stasiun Gangnam, Seoul, Korea Selatan.

Dilansir dari channel Youtube FoodyTrip yang sudah ditonton lebih dari 5.985.000 kali, di Korea sendiri harga roti manis dan gurih ini 3.900 won atau sekitar Rp. 47.000 per satu buah. Sedangkan di indonesia roti ini sering dibanderol mulai dari Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 55.000, lumayan mahal ya harganya untuk sebuah roti?

Tapi jangan khawatir, saya punya resep Korean garlic bread dengan bahan-bahan yang lebih hemat tapi rasa tetap enak dengan tampilannya yang cantik. Resep ini juga bisa digunakan untuk Anda yang baru mau mencoba-coba peruntungan di dunia kuliner seperti berjualan Korean garlic bread dengan bahan hemat ini.

Saya mendapatkan resep ini dari salah satu Youtuber favorite saya, Puguh Kristanto Kitchen yang videonya sudah di rilis pada tanggal 04 Juli 2020. Berikut resep lengkapnya :

Sumber : Pinterest.com

Bahan :

3-5 buah roti manis yang sudah jadi

Bahan isian :

170 gram cream cheese diganti dengan keju oles 

3 sendok makan gula halus

2 sendok makan whipped cream cair atau susu cair

Bahan Olesan :

125 gram butter leleh

40 gram atau 1 sachet kental manis rasa plain

3 siung bawang putih cincang

1 sendok makan bubuk parsley kering atau bisa diganti dengan seledri yang dicincang kasar

1 sendok makan madu

1 butir telur ukuran sedang

Cara buat :

  1. Masukkan keju oles spready ke dalam mangkuk lalu masukkan gula halus, kemudian aduk sampai creamy dengan menggunakan whisk.
  2. Agar adonan menjadi agak cair masukkan whipped cream cair atau susu cair full cream ke dalam plastik segitiga. Tapi jika suka dengan isian yang creamy, Anda bisa lewatkan langkah ini.
  3. Untuk pelapis siapkan butter yang telah dilelehkan kemudian masukkan kental manis, bawang putih, parsley kering atau seledri, madu yang berfungsi untuk menambah kilap pada roti sesudah di panggang. Terakhir masukkan telur, aduk sampai rata.
  4. Belah roti dengan irisan seperti bintang tapi jangan sampai putus, lalu masukkan cream ke sela-sela potongan roti.
  5. Setelah selesai memasukkan creamnya, oles roti dengan adonan pemoles ke seluruh bagian roti atau jika suka Anda bisa celup roti ke dalam adonan poles.
  6. Kemudian panggang dengan panas 160 derajat celcius selama kurang lebih 10-15 menit atau sampai Korean garlic bread matang.

Bagaimana Bunda, mudah ya cara buatnya? Apalagi membuatnya dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak mahal. Bahan-bahannya yang mudah didapatkan bisa Anda cek harga-harga terbaiknya di hemat.id atau menggunakan aplikasi Kliptalog. Buat daftar bahan apa saja yang perlu Anda beli untuk membuat roti ini.

Sudah pernahkah Anda mencoba untuk membuat resep roti ini? Bagaimana menurut pendapat Anda mengenai roti ini? Apakah Anda dan keluarga menyukainya? Bagikan ceritanya di kolom komentar di bawah ini ya..

Sumber :

  1. //food.detik.com/
  2. FoodyTrip

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!