Ide Besekan Hemat Untuk Arisan

Apakah Sahabat Hemat, terutama para Bunda, pernah ikut arisan? Arisan apa yang Anda ikuti? Kalau saya lebih memilih untuk ikut arisan uang, karena uang bisa dengan mudah untuk diputar, entah untuk membantu kebutuhan rumah tangga atau bisa digunakan untuk membeli kebutuhan anak yang berguna untuk sekolah online. Saya juga menggunakan uang arisan untuk membeli emas sebagai investasi.

Ngomong-ngomong soal arisan, kalau ikut arisan pasti pernah mendapat giliran untuk diadakan di rumah Anda bukan? Saat mengikuti suatu arisan, seperti arisan RT, Sahabat Hemat pasti seringkali bingung dengan “besekan” atau hantaran apa yang pantas namun tidak terlalu mahal. Ditambah lagi dengan kondisi seperti sekarang, arisan tidak diperkenankan untuk ibu-ibu berkumpul dalam satu tempat. Besekan biasanya hanya dikirim ke rumah masing-masing anggota arisan, sehingga sangat dibutuhkan hantaran yang enak dan menarik untuk diberikan. Selain itu pula, arisan RT memiliki budget konsumsi yang tidak terlalu besar.

Membahas soal besekan arisan, sering membuat suami saya senewen karena ide-ide saya yang sering berubah-ubah. Namanya “ibu-ibu” untung sama rugi pasti benar-benar diperhitungkan, sedangkan suami pikirannya hanya ingin yang simple dan tinggal order saja. Padahal dengan order makanan di luar rumah, otomatis budget konsumsi jadi lebih besar. 

Saya pun memiliki ide agar besekan dibuat dan dikerjakan sendiri agar memakan biaya tidak terlalu besar. Dengan masakan yang tetap enak, tidak sulit dan tidak mahal tentunya. Ada beberapa pilihan menu besekan arisan dengan budget Rp 5.000 – Rp 7.000, tapi dijamin enak dan tetap terlihat berkelas :

Sumber : Grabfood

1. Bakso

Untuk bakso dengan budget yang agak lebih murah, bunda bisa membuat bakso ayam dan dibuat bulatan yang agak lebih kecil, untuk mempercantik bunda bisa membeli bangkok plastik dan tutup nya yang kapasitasnya sekitar 450 ml.

Jangan lupa untuk menyertakan mi kuning, bihun, sawi, bawang goreng dan bahan pelengkap lainnya dengan porsi yang sesuai dengan perkiraan budget nya.

2. Nasi, ayam atau ikan tepung dengan sambal matah

Saat arisan bulan kemarin menu ini yang saya pakai untuk besek yang akan di bawa pulang oleh ibu-ibu, dengan 32 orang saya menghabiskan kurang lebih Rp. 7.000 x 32 orang = Rp. 224.000 belum termasuk konsumsi di tempat.

Untuk plastik untuk bungkus, mangkok plastik, dan printilan kecil sisa-sisa arisan yang lalu. Tapi walaupun beli lagi perkiraan saya printilan kecil-kecil ini kurang lebih menghabiskan Rp. 30.000 – Rp. 40.000.

Untuk ikannya bisa diganti dengan ikan yang sedang musim atau anda juga bisa membeli dada ayam fillet jika harganya sedang murah, kali ini saya menggunakan ayam fillet yang berukuran besar.

Bahan ayam / ikan tepung:

2 buah ayam dada fillet

1 bungkus bumbu tepung kentucky

Cara buat : Buatlah adonan kering dan basah, biasanya instruksi nya ada di balik bungkusan bumbu tepung kentucky.

Setelah digoreng, potong-potong menjadi beberapa bagian.

Tips : Celup ke adonan basah, lalu ke adonan kering. Anda bisa mengulangi proses ini jika menginginkan tepung yang lebih tebal, jangan mencelup ayam ke adonan semuanya kecuali adonan sudah siap untuk langsung digoreng. Hal ini dilakukan agar hasil gorengan lebih renyah.

Bahan sambal matah :

1/4 kg bawang merah

2 bonggol bawang putih

16 batang serai

16 lembar jeruk nipis, buang tulang tengahnya

2,5 bungkus terasi AB* 

1/2 buah jeruk nipis

16-20 buah Cabe rawit merah atau sesuai selesa

10-15 buah Cabe merah keriting

Secukupnya minyak goreng

Secukupnya gula, garam, dan kaldu ayam atau jamur

Cara buat : Potong tipis-tipis bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk, cabe rawit merah, cabe merah keriting. Masukkan terasi, dan masukkan air perasan jeruk nipis.

Masukan gula, garam, dan kaldu ayam atau jeruk lalu tes rasa. Panaskan minyak goreng lalu tuang ke sambal matah sambil diaduk sampai merata. 

Tips. Untuk terasi sesuaikan banyaknya terasi dengan kualitas terasi, ada terasi yang memiliki bau dan rasa yang tajam tapi ada juga terasi yang bau dan rasa terasinya biasa saja. Contohnya terasi merk AB* yang saya pakai di resep sambal matah ini, kalau saya ingin menggunakan terasi bangka misalnya. Saya akan memasukkan terasinya sekitar 1,5 sendok teh atau sesuai selera.

Untuk penyajian masukkan nasi terlebih dahulu lalu masukkan 3 potong ayam, lalu siram dengan sambal matah.

Sumber : theAsianparent

3. Salad buah

Menu besek yang satu ini lebih mudah lagi, tidak perlu memasak, tidak perlu takaran, bahkan anda bisa memilih buah musiman agar harga per porsinya jadi lebih murah.

Untuk buah anda bisa memasukkan mangga, strawberi, dan melon yang dipotong-potong dadu. Buatlah agar-agar dengan 2 jenis rasa untuk lebih menghemat pengeluaran. Untuk saus nya anda tinggal siapkan :

100 gram mayonnaise

70 gram yogurt rasa plain

70 gram atau 2 sachet kental manis

1 sendok makan madu

secukupnya keju parut

Cara buat : Masukkan buah lalu tuang dengan saus dan topping keju, isi buahnya setengah saja karena akan diisi lagi dengan saus dan juga keju. 

Tips : Masukkan kedalam kulkas segera setelah anda membuat nya, untuk menjaga kesegaran nya.

Selain menu-menu simple dan hemat untuk mengisi besek di atas, ada beberapa menu lagi yang mudah di buat dan yang pasti hemat tapi di jamin tidak malu-maluin, seperti mi goreng seafood, nasi uduk, nasi kuning, dan siomay.

Dan untuk menemukan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu-menu diatas, anda akan terbantu dengan membuat daftar belanja hemat melalui Aplikasi Kliptalog. Dan untuk informasi promo supermarket hemat lainnya, temukan hanya di hemat.id.

Bagikan cerita dan pengalaman anda saat anda harus mempersiapkan besek arisan dengan biaya yang minim, tulis di kolom komentar di bawah ini ya..

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!