Resep Lontong Magic Com

Sarapan dengan lontong sayur sudah menjadi kebiasaan kita orang indonesia pada umumnya, setiap kali ingin makan lontong sayur kita harus keluar untuk membeli atau menunggu penjual lontong sayur yang lewat. Setelah dapat, terkadang kita tidak suka dengan tekstur atau rasa dari lontongnya atau kuahnya, mau bikin sendiri sudah membayangkan lamanya proses pembuatan dan ribetnya…Duh, mau makan lontong sayur saja repot sekali !!!

Tapi sekarang sudah ada cara termudah untuk membuat lontongnya, untuk para mommy yang mau memberikan sarapan kenyang, cepat, dan tentunya enak untuk keluarga tentu cara membuat lontong dengan magic com ini akan menjadi salah satu cara praktis favorit para mommy. Berikut resepnya :

 

Bahan :

3 cup beras

9 cup air

1 sdt garam

 

Cara Buat :

1. Pertama-tama kita cuci beras terlebih dahulu.

2. Lalu masukkan beras ke dalam magic com

3. Tambahkan air dan garam, dan jika suka bisa menambahkan daun salam dan serai.

Note : Sebelum memulai memasak, berikan alas di bawah magic com dan sediakan lap untuk mengelap percikan air yang berasal dari lubang uap pada magic com.

4. Masak beras seperti biasa sampai berbunyi ceklek, jangan dibuka terlebih dahulu kurang lebih selama 10-15 menit. Setelah itu aduk rata sambil di tekan-tekan agar tekstur nasi menjadi lebih halus seperti tekstur lontong.

5. Siapkan tempat untuk membentuk lontong dengan menggunakan wadah tupperware, loyang atau tempat apapun sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Anda juga bisa menggunakan plastik yang berukuran 1/2 kg, tekan-tekan sampai tidak ada rongganya.

6. Dengan takaran 3 mug beras anda bisa mendapatkan 3 bungkus plastik atau 2-3 loyang sesuai dengan ketebalan lontong yang anda mau.

7. Jika menggunakan plastik, tusuk-tusuk plastiknya agar uapnya bisa keluar dan tidak cepat basi. Jika anda menggunakan wadah anda bisa menutup setelah lontongnya dingin.

Resep Lontong Magic Com
Sumber : Dok. Pribadi

8. Setelah cukup dingin masukkan ke dalam kulkas tapi jangan di bagian frezer, atau jika mau bisa langsung di sajikan dengan kuah sayur lontong atau makanan apa saya yang anda akan sajikan.

 

Note :

1. Jenis beras yang sebaiknya di gunakan adalah beras jenis long grain yang bisa anda dapatkan di berbagai supermarket. Anda bisa membuka hemat.id untuk mendapatkan beras dan Magic Com dengan harga promo terbaik di berbagai supermarket, minimarket, dan hypermart.

2. Untuk takaran yang tepat anda bisa gunakan cup bawaan magic com.

3. Tiap merk dan jenis beras akan berbeda jumlah air nya, jadi jika sudah menemukan tekstur lontong yang sesuai dengan selera keluarga mungkin gunakan saja satu merk tertentu saja atau jika anda mau mencoba-coba dan memodifikasi takaran air silahkan saja.

4. Selain menggunakan tupperware anda juga bisa menggunakan loyang segi empat, lalu anda bisa menambah plastik wrap agar tidak lengket.

5. Untuk perbandingan air dan beras adalah 1 : 3 tergantung jenis dan merk beras.

Lontong juga bisa di makan bersama sate padang atau gado-gado, jadi jika anda membuat lontong dalam jumlah yang banyak anda bisa menyimpannya di kulkas bisa sampai seminggu lalu jika anda akan menyajikannya anda bisa menghangatkannya kembali dengan mengkukusnya lalu disajikan.

Silahkan bagikan pengalaman anda di kolom komentar di bawah dalam membuat lontong dengan magic com, apa kendala yang anda hadapi atau anda bisa membagikan tips yang bisa di gunakan untuk mendapatkan hasil lontong yang terbaik. Selamat mencoba dan terima kasih.