Resep Lumpur Surga, Menu Takjil Hijau yang Lembut

Beberapa waktu lalu keluarga saya mengadakan buka bersama, karena saya tidak ingin membawa makanan berat jadi saya berencana membawa dessert untuk dibawa ke acara tersebut. Tapi pada saat itu, saya bingung mau membawa dessert apa yang rasanya manis tapi nggak bikin eneg dan tidak membuat perut terlalu kenyang karena biasanya setelah adzan kami hanya akan takjil, Sholat Magrib, lanjut Tarawih baru akan makan utama.

Setelah saya cari-cari resep di berbagai platform digital dan beberapa aplikasi memasak, akhirnya pilihan saya jatuh pada lumpur surga yang pada beberapa waktu lalu saya pernah makan saat mengadakan acara buka bersama dengan teman-teman saya. Dan rasanya mirip dengan srikaya dari Palembang, tapi ini lebih padat dan terdapat vla berwarna putih di atasnya.

Karena penasaran, saya bertanya ke teman saya nama dari dessert ini. Ternyata namanya adalah lumpur surga. Lucu dan kaget sebenarnya saat mendengar nama dari dessert ini. Kenapa namanya sampai menggunakan surga seolah-olah nikmatnya sampai ke surga (mungkin).

Lalu akhirnya karena masih penasaran, saya pun mencari resepnya dan lagi-lagi saya cukup kaget ternyata resepnya juga mirip dengan srikaya dari Palembang yang pernah saya buat, hanya berbeda di bagian topping-nya. Tapi karena saya kurang suka dengan teksturnya yang terlalu padat, akhirnya saya modifikasi sedikit agar lebih mirip dengan srikaya yang pernah saya buat. Berikut resepnya:

Sumber : Dok. Pribadi

 

Bahan untuk lapisan hijau:

  • 125 ml santan (saya menggunakan santan ukuran 65 ml dan dicampur air)
  • 125 air pandan (5-6 lembar daun pandan, blender dengan air lalu saring). Atau gunakan pasta makanan berwarna hijau secukupnya
  • 3 butir telur
  • 10 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan tepung terigu

Bahan lapisan putih:

  • 400 ml santan (2 bungkus santan instan, lalu beri air matang)
  • 1 sendok makan tepung beras
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 3 sendok makan gula pasir
  • Sejumput garam

Lihat Promo Harga Gula Pemanis Terbaru Minggu Ini | Hemat.id

Perlengkapan:

  • 20-25 cup plastik kapasitas 50 ml
  • 1 daun pandan, potong menyilang untuk hiasan

Cara buat:

  1. Blender daun pandan dengan air sampai halus.
  2. Panaskan kukusan. Lalu siapkan mangkuk dan masukkan gula pasir dan telur, kocok sampai gula pasir larut. Kemudian masukkan santan dan tepung terigu.
  3. Siapkan tempat untuk adonan, bisa menggunakan aluminium cup atau cup plastik yang tahan panas. Isi ¾ cup.
  4. Jangan lupa lapisi tutup panci dengan lap agar tidak ada tetesan air yang mengenai lumpur surga.
  5. Kemudian kukus mulai 15-20 menit.
  6. Sambil menunggu lapisan hijau matang, kita akan membuat lapisan putihnya. Masukkan semua bahan ke dalam panci dan masak dengan menggunakan api kecil. Masak sambil di aduk terus dan adonan meletup-letup.
  7. Setelah lapisan hijau matang dan sudah dingin, tuang lapisan putih, lalu masak sampai dengan 10 menit.
  8. Setelah matang, dinginkan terlebih dahulu. Kemudian hias dengan daun pandan yang sudah di gunting miring, lalu tutup.
  9. Lumpur surga lebih nikmat disantap dalam kondisi dingin. Jadi pastikan untuk memasukkan lumpur surga ke dalam lemari es terlebih dahulu sebelum disajikan.

Dengan mengikuti resep dari saya, Anda akan mendapatkan lumpur surga yang lembut dan lumer di mulut, serta lapisan putih yang agak manis. Jika Anda ingin lapisan putih yang rasa manisnya seimbang dengan lapisan hijau, maka tambahkan satu sendok makan lagi ke adonan jadi totalnya menjadi tiga sendok makan untuk lapisan putihnya.

Untuk mendapatkan bahan-bahannya, lebih baik Anda mengecek hemat.id dahulu untuk dapat membandingkan harganya antara supermarket, hypermarket atau minimarket satu dengan lainnya yang ada di daerah sekitar Anda, sehingga Anda akan mendapatkan harga promo terhemat dan terbaik.