Review Marjan, Merek Sirup yang Legendaris

Salah satu incaran umat muslim di bulan Ramadan dan saat Idul Fitri adalah sirup. Tradisi minum sirup untuk berbuka puasa sudah lekat sekali dengan orang Indonesia pada umumnya. Apalagi saat Idul Fitri, minuman sirup menjadi salah satu yang disajikan untuk tamu.

Walaupun pada hari biasa, sirup juga menjadi salah satu produk yang masuk dalam daftar belanja, tapi permintaan akan sirup akan meningkat tajam baik menjelang maupun saat bulan Ramadan. Ada banyak sekali cara untuk menikmati sirup, kita bisa menyajikan es sirup untuk menjamu tamu, diberikan ke kerabat dan teman sebagai hampers, dicampurkan ke dalam berbagai jenis es. Seperti es kacang merah, es campur, es kelapa dan lain sebagainya.

Jika saya sebut sirup, merek sirup apa yang akan muncul dalam pikiran Anda? Iya benar sekali, Marjan. Bahkan untuk mengisi bingkisan Idul Fitri, produk ini jarang absen untuk disebut, apa yang menyebabkan sirup Marjan sangat populer? Yuk, kita singkap lebih dalam.

Fakta seputar Marjan

Marjan merupakan salah satu produk andalan yang diproduksi oleh Suba Indah, Perusahan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pangan dan makanan yang berdiri sejak tahun 1975 dan berstatus pailit pada tahun 2007. Akhirnya, perusahaan ini melepas unit bisnis produsen makanan dan minuman kepada PT Lasallefood Indonesia yang didirikan pada tahun 2002. 

Marjan berkomitmen untuk menjaga kualitas bahan baku serta melakukan pemeriksaan secara menyeluruh baik dalam bahan serta proses pembuatan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan, keamanan dan kualitas dari produk yang dihasilkan.

Marjan sudah bisa dibilang sebagai penanda bulan Ramadan akan segera tiba. Salah satunya dengan melalui iklan. Iklan marjan setiap tahunnya selalu memiliki tema yang berbeda dan selalu menarik untuk dilihat. Fakta menarik dibalik iklan ini adalah tidak hanya sekedar berupa promosi produk, tapi selalu mengangkat cerita rakyat, kebudayaan atau konflik yang sedang terjadi, seperti tahun 2022 ini iklan Marjan bercerita tentang Dewi Sri.

Varian produk Marjan

Sumber : https://marjan.id/

1. Marjan Boudoin

Dikemas dalam botol kaca dengan isi 460 ml. Bahan dasar dari sirup ini adalah gula pasir, air, pengatur keasaman asam sitrat, perisai, pewarna, ponceau 4R dan ekstrak rasa. Marjan merupakan sirup dengan tesktur kental dengan rasa manis yang pas dan menyegarkan untuk menghilangkan rasa haus.

Marjan sirup Boudoin adalah andalan ibu-ibu di seluruh Indonesia dalam berkreasi dalam menciptakan sajian makanan manis dan minuman yang dinikmati seluruh keluarga. Terdapat pilihan rasa buah yang semuanya enak, seperti:

  • Cocopandan
  • Melon
  • Strawberry
  • Lychee
  • Fruit Punch
  • Mocha
  • Vanilla
  • Banana Milk
  • Rose
  • Grenadine
  • Coffee Lemon
  • Passion Fruit

Varian cocopandan dan melon adalah dua rasa yang paling populer dan paling diburu. Harga Marjan sirup Boudoin dengan isi 460 ml di berbagai supermarket, minimarket dan hypermarket berkisar mulai dari Rp12.490 sampai dengan Rp34.500 (data Mei 2022 sumber: Harga Marjan Syrup Boudoin (hemat.id))

Sumber : https://marjan.id/


2. Marjan Squash

Terbuat dari konsentrat buah segar, yang dipadukan dengan bahan-bahan berkualitas. Yang terdiri dari air, gula pasir, konentrat rasa, pemanis buatan natrium siklamat ADI & sukralosa ADI, penstabil nabati, perisai identik alami rasa, pengawet natrium benzoat, pengatur keasaman, pewarna tartrazin, dan biru berlian.

Bagi yang suka dengan sirup yang lebih encer dengan rasa buah yang lebih menyegarkan dan juga hemat, maka sirup Marjan Squash adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Marjan Squash tersedia dalam delapan varian rasa, yaitu:

  • Cocopandan
  • Mango
  • Guava
  • Fruit punch
  • Orange
  • Lychee
  • Strawberry
  • Melon

Harga Marjan Squash dengan isi 450 ml di berbagai supermarket, minimarket dan hypermarket berkisar mulai dari Rp6.290 sampai dengan Rp12.500 (data Mei 2022 sumber: Harga Marjan Syrup Squash (hemat.id))

Menurut beberapa rekan dari penulis, sirup Marjan memiliki rasa yang enak dan tiada tanding, karena bisa digunakan sebagai minuman maupun topping dengan harga yang terjangkau, dan varian rasa jeruknya segar, manisnya pas, rasanya pas, serta harganya murah.

Sumber : https://marjan.id/

3. Marjan Syrup With Milk

Dan yang tak kalah nikmat dari kedua sirup di atas adalah Marjan Syrup With Milk, sirup Marjan yang dipadukan dengan susu bubuk, rasanya unik dan ada rasa gurih yang berasal dari susu. Komposisi lengkapnya adalah gula pasir, air, konsentrat rasa, susu bubuk, pemantap (Nabati), pengatur keasaman asam sitrat, perisai rasa, pengawet (natrium benzoat & kalium serbat), pewarna tartrazin (CI 19140).

Dengan menggunakan Marjan Syrup With Milk, membuat sup buah jadi lebih praktis dibandingkan dengan Marjan Boudoin. Kita tidak perlu menambahkan susu kental manis lagi untuk mendapatkan rasa creamy demi menyeimbangi dari rasa buah-buahan. Tinggal kita tuang sirup di atas buah-buahan, beri es batu dan tambahkan air secukupnya, maka sup buah bisa langsung dinikmati.

Marjan Syrup With Milk tersedia dalam empat varian rasa, yaitu:

  • Orange
  • Melon
  • Strawberry
  • Rose

Harga Marjan Syrup With Milk dengan isi 450 ml di berbagai supermarket, minimarket dan hypermarket berkisar mulai dari Rp9.500 sampai dengan Rp20.900 (Sumber: Harga Marjan Syrup with Milk (hemat.id))

Menurut Riswanti dari Karawang yang dilansir dari Home Tester Club memberi ulasan terhadap Marjan Syrup With Milk bahwa rasanya enak dan dapat digunakan sebagai minuman dan topping dengan harga terjangkau.

Berapa harga sirup Marjan?

Pada hari biasa, bukan dalam hari besar seperti Ramadan atau Idul Fitri, harga sirup Marjan cenderung stabil. Sedangkan, menjelang atau saat Ramadan, harga sirup Marjan berangsur-angsur naik karena banyaknya permintaan pasar. Namun, Anda bisa mendapatkan dengan harga diskon yang cukup lumayan di minimarket atau supermarket, seperti Marjan Squash harga mulai Rp6.500.

Setiap produk Marjan memiliki harga yang berbeda tergantung varian terpopuler. Sirup Marjan paling murah ada pada produk Marjan Squash dengan harga mulai dari Rp6.290 sampai dengan Rp12.600. Sedangkan sirup Marjan paling mahal ada pada produk Marjan Syrup With Milk dengan harga berkisar mulai dari Rp9.499 sampai dengan Rp20.900.

Merek sirup lainnya

Selain Marjan ada banyak lagi merek sirup lain yang tidak kalah populer, salah satunya adalah sirup ABC dan Freiss.

Ada pro dan kontra mengenai ketiga merek sirup ini, karena berhubungan dengan selera. Ada yang suka manis dan ada yang tidak terlalu suka manis. Ada yang suka dengan bau sirup yang wangi, atau ada yang malah jadi mual dengan sirup yang wangi. Ada juga yang suka dengan Marjan karena memiliki varian rasa yang disukai, yang tidak ada di sirup merek lain, ataupun sebaliknya.

Untuk mengenal lebih lanjut, mari saya ajak perkenalan singkat dengan kompetitor dari Marjan.

ABC Sirup

ABC diproduksi oleh PT Heinz ABC Indonesia yang sebelumnya bernama CV Central Foods dan PT ABC Central Food Industry. Selain produk sirup, perusahaan ini juga terkenal dengan produk kecap manis, saus, bumbu, jus, dan sarden. Produk dari sirup ABC, terdiri dari:

Sumber : https://www.abcindonesia.co.id/

1. ABC Syrup Special Grade

Terdiri dari dua varian rasa, yaitu cocopandan dan melon. Harga ABC Syrup Special Grade isi 485 ml di supermarket, hypermart dan minimarket berkisar dari Rp11.900 sampai dengan Rp19.500 (sumber : Harga ABC Syrup Special Grade (hemat.id))

 
Sumber : https://www.abcindonesia.co.id/

2. ABC Squash Delight

Sirup ini memiliki varian rasa yang cukup lengkap, yaitu florida orange, lychee, grape, mango, pineapple, soursop. ABC squash delight isi 460 ml harganya berkisar dari Rp7.498 sampai dengan Rp25.999 (sumber: Harga ABC Syrup Squash Delight (hemat.id)).

Freiss Sirup

Sumber : https://www.indofood.com/product/freiss

Lalu ada juga Freiss sirup yang merupakan produksi dari Indofood. Sirup Freiss mengandung sari buah asli yang 100% gula murni, dan juga diperkaya dengan madu yang sangat berguna sebagai natural energi booster untuk Anda dan keluarga. Hal ini karena madu adalah gula alami yang mudah diserap oleh tubuh dan sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh kita.

Sirup Freiss memiliki 5 varian, yaitu:

– Freiss Squash rasa Orange 
– Freiss Squash rasa Lychee
– Freiss Sirup dengan Madu rasa Cocopandan
– Freiss Sirup dengan Madu rasa Melon
– Freiss Sirup dengan Madu rasa Frambozen

Harga Freiss Squash isi 500 ml di supermarket, hypermart dan minimarket berkisar dari Rp7.000 sampai dengan Rp12.500 (sumber: Harga Freiss Syrup Squash (hemat.id)). Sedangkan Freiss Sirup dengan Madu harganya berkisar Rp8.500 sampai dengan Rp17.900 (sumber: Harga Freiss Syrup (hemat.id)). Selain harganya yang terjangkau, produk ini pun mudah untuk ditemukan, dan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki sirup merek lain, yaitu terdapat kandungan madu. 

Kesimpulan

Dari beberapa orang teman dan keluarga yang saya temui, hampir semuanya suka dengan Marjan, tapi juga suka dengan ABC dan Freiss. Mereka tidak menutup kemungkinan untuk sesekali menggunakan sirup merek ABC dan Freiss karena ada varian rasa yang dimiliki sirup ABC tapi tidak dimiliki sirup Marjan atau Freiss dan sebaliknya.

Tapi soal promosi, Marjan memang jagonya karena mereka sungguh-sungguh menanamkan pemikiran ke masyarakat kalau saat bulan Ramadan minum sirupnya ya Marjan.

Kenapa saya memilih ketiga merek produk sirup ini untuk dibandingkan? Hal ini karena sirup ini termasuk sirup yang harganya terjangkau, mudah ditemukan di mana saja, bahkan di warung-warung kecil pun menjual ketiga merek ini, varian rasanya banyak bahkan ada juga yang menyediakan rasa yang unik dan tidak dimiliki merek lain, dan hampir semua orang suka dengan ketiga produk sirup ini.

Klik untuk memperbesar gambar

Minum sirup terutama untuk berbuka puasa memang terasa nikmat sekali, tapi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Karena pada dasarnya semua jenis sirup mengandung gula yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan masalah pada kesehatan, seperti diabetes melitus, kolesterol, dan masalah obesitas. Jadi bijaklah dalam mengonsumsi makanan atau minuman manis saat berbuka puasa, agar ibadah puasa kita lancar dan kesehatan tetap terjaga.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Suba_Indah
https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-823921/dipailit-suba-stop-produksi
https://id.quora.com/Manakah-merek-sirup-Indonesia-yang-lebih-kamu-sukai-ABC-atau-Marjan-Mengapa
https://www.abcindonesia.co.id/ramadan/product/abc-squash-delight-400001
https://www.indofood.com/product/freiss