Atasi Cuaca Panas, AC Portable vs Kipas Angin, Mana Pendingin Ruangan yang Lebih Baik?

Siapa yang kipas anginnya nyala 24 jam akhir-akhir ini? Saya, saya, saya! Rasanya sulit ya bertahan di siang hari tanpa kipas saat ini. Di area rumah saya (Bogor) suhu rata-rata saat siang hari adalah 32 derajat celsius dengan feels like rata-rata 37-38 derajat celsius. Kondisi lumayan berangin dan bisa tiba-tiba turun hujan, sehingga bikin kondisi badan nggak enak terutama untuk saya. Perubahan suhu dari panas terik lalu mendadak hujan membuat saya kadang bangun tidur pagi dengan hidung mampet atau tiba-tiba bersin-bersin di siang hari.

Baca juga : Pilihan Kipas Angin Kecil dengan Harga Dibawah 100 Ribu

A. Kenapa suhu akhir-akhir ini panas sekali?

Seperti yang kita tahu, semua fenomena di lingkungan pasti ada sebab dan akibatnya ya. Kepala stasiun klimatologi dan geofisika BMKG mengatakan ada beberapa alasan naiknya suhu akhir-akhir ini yaitu:

  1. Posisi semu matahari saat ini berada di wilayah utara ekuator yang menunjukkan kalau sebagian wilayah Indonesia sudah mulai memasuki musim kemarau. Tingkat pertumbuhan awan akan sangat berkurang, maka hujan pun akan berkurang dan panas terik akan mendominasi.
  2. Suhu permukaan bumi memang mengalami kenaikan dalam tiga dekade terakhir karena berbagai masalah lingkungan yang menaikkan suhu bumi.
  3. Kondisi ini bukan gelombang panas (heat wave). Dikutip dari World Meteorological Organization (WMO), gelombang panas terjadi jika suhu panas (lebih tinggi 5 derajat dari suhu maksimum rata-rata) terjadi selama lima hari berturut-turut atau lebih yang biasanya terjadi di wilayah seperti Eropa dan Amerika. Kondisi di Indonesia ini merupakan kondisi normal peralihan musim hujan ke musim kemarau (pancaroba) yang diprediksi akan terjadi hingga pertengahan Mei.
  4. Kondisi ini diiringi dengan kelembapan yang relatif tinggi, sehingga membuat suhu terasa semakin gerah. Seperti yang terlihat pada informasi iklim bulan Mei di bawah ini, curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia adalah menengah-rendah.
informasi iklim bulan mei 2022
sumber : BMKG

B. Bahaya suhu tinggi

Cuaca panas ternyata memiliki bahaya yang harus kita waspadai. Terutama saat pancaroba yang mana kondisi cuaca berubah drastis dengan sangat cepat. Selain suhu tinggi, bahaya lain yang perlu Anda perhatikan adalah indeks ultraviolet (UV index) sinar matahari yang memiliki skala yang menentukan seberapa bahaya paparannya terhadap manusia. Pada infografis di bawah ini, Anda bisa melihat di beberapa wilayah Indonesia mengalami indeks UV index dalam level bahaya dan ekstrim (pada wilayah yang berwarna merah dan ungu) pada tanggal 12 Mei 2022 pukul 11.00 WIB. Data seperti ini bisa selalu Anda lihat di website resmi BMKG.

Indeks UV sinar matahari tanggal 12 mei 2022 1
sumber : BMKG

Dari tabel di bawah ini, Anda bisa melihat level UV index dan proteksi apa yang perlu Anda lakukan untuk menghindari bahaya yang bisa ditimbulkan.

UV index

Berikut beberapa bahaya suhu tinggi yang perlu Anda perhatikan jika suhu tubuh terlalu tinggi:

  1. Heat Cramps. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang bekerja di tempat panas atau sedang berolahraga berat. Gejalanya berupa kelelahan, kram otot di kaki atau perut, kehausan, keringat berlebih.
  2. Heat Exhaustion. Fase lanjutan dari heat cramps yaitu kondisi saat tubuh kehilangan keseimbangan sehingga kehilangan air dan garam dalam jumlah besar dalam bentuk keringat.  Cirinya adalah kulit terasa dingin dan lembap, urine berwarna gelap, pusing dan kebingungan, sakit kepala, mual dan muntah, kelemahan, kehilangan nafsu makan, keringat berlebihan dan kulit pucat, suhu tubuh 38 derajat Celcius atau lebih, kram lengan, tungkai, dan perut, napas atau denyut nadi cepat, kehausan.
  3. Heat Stroke. Menurut National Institutes of Health (NIH), kondisi ini adalah fase lanjutan dari heat exhaustion yang bisa berakhir menjadi kerusakan organ vital atau bahkan kematian.

C. Cara mengatasi cuaca panas

Fenomena cuaca panas bukan berarti tidak bisa diatasi, kita bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Ada yang bisa kita lakukan di dalam rumah, ada juga yang bisa kita lakukan di luar rumah. Berikut beberapa tips mengatasi cuaca panas:

1. Minum air putih

Diusahakan air dingin bukan air es ya sahabat hemat, agar badan tidak terlalu kaget untuk menyesuaikan suhu air yang masuk tiba-tiba. Pengalaman saya jika terlalu dingin malah bisa menyebabkan radang tenggorokan.

2. Konsumsi banyak buah

Buah berair seperti semangka, jeruk, melon dan sebagainya. Mengonsumsi buah yang tumbuh sesuai musim adalah yang terbaik karena kandungan nutrisinya pasti menyesuaikan dengan keadaan yang sedang kita alami dimana kita tinggal.

3. Puasa

Berpuasa saat kondisi tubuh sedang fit akan menurunkan suhu tubuh dan pembakaran kalori di dalam tubuh, sehingga energi dan air yang dibutuhkan akan lebih sedikit.

4. Mandi

Ini trik yang selalu saya lakukan saat kegerahan. Jika cuaca super panas saya bisa mandi hingga 3-4 kali dalam sehari. Kenakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat setelahnya.

5. Sunscreen

Bisa berbetuk sunscreen oles dan jangan lupa di re-apply ulang di setiap waktunya. Bisa berbentuk topi penghalang sinar UV atau payung gelap. Bisa berbentuk jaket ataupun kacamata hitam. Semua bentuk sunscreen ini akan menjaga kita dari paparan langsung sinar UV.

6. Jangan makan berlebih

Makan berlebih akan meningkatkan suhu tubuh, sehingga Anda akan semakin kegerahan. Sebaiknya batasi jumlah asupan makanan berat Anda saat suhu sedang panas.

7. Mengatur waktu beraktivitas

Mulai aktivitas lebih pagi di luar ruangan, lalu beristirahat di dalam ruangan saat cuaca sedang panas terik. Jika tetap harus beraktivitas, istirahatkan tubuh saat sudah memberi sinyal kelelahan dan jangan lupa gunakan proteksi lengkap.

8. Matikan lampu

Selain hemat energi, mematikan lampu saat siang hari akan mengurangi suhu di dalam ruangan sehingga ruangan terasa lebih sejuk.

9. Menggunakan pendingin ruangan

Opsi ini pasti paling banyak kita gunakan sebagai jalan ninja menghadapi udara panas ya. Menggunakan kipas angin, AC dan sebagainya akan super membantu saat kondisi sedang gerah.

10. Menanam tanaman di sekitar rumah

Pepohonan dan tanaman di halaman atau teras akan membantu menurunkan suhu sekitar dan menghalangi paparan sinar UV. Cara lainnya pastinya dengan turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan seperti mengurangi kendaraan bermotor, membeli barang hemat energi, menerapkan reduce, reuse, recycle.

D. Pilihan pendingin ruangan untuk menghadapi cuaca panas

Ada banyak pilihan pendingin ruangan yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget dan kondisi yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk menyesuaikan kebutuhan daya pendingin ruangan dengan kapasitas daya di rumah Anda ya. Dari semua pilihan pendingin ruangan, pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Di bawah ini hemat.id memberikan beberapa opsi pilihan pendingin ruangan dan rekomendasinya.

Air Conditioner

Saat tidur malam di musim kemarau, saya menggunakan AC untuk menjaga suhu tetap stabil sepanjang malam karena anak saya cenderung berkeringat saat tidur. Dengan AC, tidurnya menjadi lebih lelap karena tidak terganggu oleh suhu panas. Dibandingkan pilihan pendingin ruangan lain, sudah pasti AC adalah pilihan nomor satu karena suhu yang diberikan stabil dan dingin. Kekurangannya terletak pada konsumsi listrik yang cukup besar, harga beli yang lumayan dan harus servis berkala untuk menjaga kualitas AC tersebut. SHARP AH-A5VEY AC Split

Disini saya merekomendasikan AC dengan harga miring dari COURTS yaitu SHARP AH-A5VEY AC Split. Harga miring AC setengah PK dari Sharp ini dibandrol hanya Rp3.399.000 per unit dengan daya 350W. Salah satu benefit yang saya suka dari AC Sharp adalah Freon R32 yang merupakan jenis refrigeran ramah lingkungan jadi tidak membuat kerusakan lapisan ozon.

Cek promo SHARP AH-A5VEY AC Split

AC Portable atau Air Cooler

Air cooler sering juga disebut AC portable karena bisa dibawa kemana saja. Namun AC portable biasanya memiliki ukuran mini sehingga bisa diangkat dan dipindahkan dengan mudah. Dilihat dari kebutuhan daya, sudah pasti air cooler akan lebih hemat listrik dibandingkan dengan AC dengan kisaran daya hanya 7.4W sampai dengan 200W. Kelebihan lain dari air cooler adalah portable. Pastikan air cooler yang Anda pilih memiliki roda sehingga lebih mudah dipindahkan. Kekurangannya adalah luas area yang didinginkan terbatas dan terasa memenuhi ruangan karena diletakkan di bawah, tidak ditempelkan di dinding seperti AC.

Air Cooler PJ-A26MY-B

Rekomendasi air cooler adalah Sharp Air Cooler PJ-A26MY-B yang diklaim dua kali lebih sejuk dengan empat buah ice pack. Air cooler Sharp ini memiliki panel berbahasa Indonesia sehingga lebih mudah dioperasikan. Daya listrik hanya 65W dengan kapasitas tangki 6 liter dan dimensi 37,5 cm x 30,6 cm x 74,5 cm. Kisaran harganyanya sekitar Rp760.000.

air cooler new style AC portable murah

Rekomendasi AC portable adalah New Style B04 Air Cooler AC Mini. Untuk Anda yang akan berpergian dengan balita ke daerah yang panas, AC mini ini bisa jadi andalan. Seperti saat mudik dan kondisi cuaca sedang gerah, AC ini sangat membantu di tempat menginap jika tidak tersedia AC. Biasanya anak akan rewel saat tidur bukan di kamarnya sendiri, apalagi jika kondisi gerah. Jadi AC mini ini akan sangat membantu. Dibandrol dengan harga hanya Rp115.000 dengan daya 10W dan berat hanya satu kilogram. Dimensi 17 cm x 17 cm x 17 cm dengan suara mesin minim yaitu 25 db.

Baca juga Kipas Angin Yang Cocok Untuk Kamu Sesuai Kebutuhan

Kipas Angin

Saya sebagai ibu rumah tangga, biasanya menggunakan kipas angin seharian saat beraktivitas di rumah. Kipas angin adalah pendingin udara yang ekonomis dan tidak memiliki efek merusak ozon. Jika ingin ringkas, sebaiknya Anda menggunakan kipas angin dinding sehingga tidak terasa memenuhi ruangan.

Miyako KAD-927 B GB Kipas Angin Biru

Pilihan kipas angin dari hemat.id adalah Miyako KAD-927 B GB Kipas Angin Biru. Dengan daya listrik super irit yaitu cuma 35W, kipas angin ini memiliki diamater 9 inchi yang bisa diletakkan di meja dan di dinding. Kipas angin Miyako ini dilengkapi fitur thermofuse untuk melindungi kipas dari kerusakan karena over heat (kepanasan) dan memiliki mesin motor yang halus.

Cek promo Miyako KAD-927 B GB Kipas Angin

Kipas angin mini juga banyak menajdi pilihan masyarakat untuk dibawa berpergian. Pilihan kipas angin mini dari hemat.id adalah Mini Fan Vorte Advance SF12. Super simple untuk dibawa kemana saja dan dilengkapi dengan lampu yang bisa anda letakkan diatas meja. Memiliki fitur low noise sehingga tidak berisik dan dilengkapi kabel USB untuk mempermudah pengisian daya. Kipas angin mini ini dibandrol hanya seharga Rp68.000.

MINI FAN VORTE ADVANCE SF12 (LAMPU)

Cek promo Mini Fan Vorte Advance SF12

Exhaust Fan

Sebagai Ibu, saya banyak menghabiskan waktu di dapur. Dapur yang sering dipakai pasti akan meningkatkan suhu di dalam rumah sehingga terasa gerah. Belum lagi bau masakan yang tersebar ke seluruh area rumah. Karena itu saya menggunakan exhaust fan saat memasak di dapur dan juga di area kamar mandi. Exhaust fan sangat membantu mendinginkan ruangan dan menetralkan bebauan.

Mitsubishi Exhaust Fan Ceiling Mounted Type EX-25SCT

Pilihan exhaust fan dari hemat.id adalah Mitsubishi Exhaust Fan Ceiling Mounted Type EX-25SCT. Fitur yang paling diandalkan adalah sangat tahan api dan sangat mudah dibersihkan. Dengan konsumsi daya hanya 23W, exhaust fan ini dibandrol dengan harga Rp295.000.

Baca juga Manfaat Exhaust Fan Untuk Dapur Sempit

Jika membandingkan di antara keempat pendingin ruangan ini, tentunya AC adalah pilihan ternyaman dan tercepat untuk mengatasi cuaca panas. Namun jika mempertimbangkan daya dan harga yang ekonomis serta proses pemasangan yang mudah, kipas angin dan  AC portable adalah yang terbaik. Saya pribadi lebih memilih AC portable karena memakai kipas kadang membuat saya merasa kembung karena paparan angin langsung. Bagaimana sahabat hemat? Pilihan pendingin udara yang mana yang anda pilih? Jangan lupa untuk mencari harga promo terbaik ya sahabat hemat. Anda bisa menemukan promo terbaik di aplikasi kliptalog ataupun di website hemat.id. Selamat berbelanja hemat!

Sumber :

  1. bmkg.go.id
  2. news.detik.com
  3. kompas.com
  4. halodoc.com