Review Supermarket Tip Top

Latar Belakang dan Sejarah Singkat

Tip Top adalah Pasar Swalayan dan Departemen Store yang menjalankan bisnis Supermarket ini dengan cara yang Islami. Mereka memiliki visi berguna bagi banyak orang. Tip Top selalu berusaha untuk memuaskan hati para pelanggan mereka dengan sistem usaha yang Islami. Selain itu misi lainnya yaitu dengan tetap selalu mengadakan barang dengan harga yang murah di Supermarket mereka. Misi lainnya mereka dengan menggabungkan kekuatan bersama untuk menjadi supermarket yang gterdepan dan terbaik di bidangnya.

Tip Top menyediakan berbagai barang kebutuhan customer dengan harga yang murah dan bersaing di pasaran. Tip Top menjual lebih dari 200 macam produk makanan dan minuman dan barang lainnya di supermarket mereka. Tip Top menyajikan produk beraneka ragam serta berkualitas tinggi. Tip Top menyediakan barang yang Halal. Tip Top selalu berusaha melayani pelanggan mereka sebaik mungkin. Mereka selalu memberikan harga-harga promosi untuk berbagai macam produk setiap bulannya.

Tip Top berdiri pada tahun 1979. Awalnya mereka berbentuk minimarket di kawasan Rawamangun Jakarta Timur dengan nama Tip Top Plaza. Pada tahun 1985 Tip Top memperluas jenis usaha dari minimarket mereka berkembang menjadi supermarket dan Departemen Store. Dimana mereka juga melengkapai bisnis mereka dengan arena bermain anak-anak. Pada tahun 1991 Tip Top Rawamangun mengalami kebakaran pada bulan Juni. Lalu dibuka kembali pada bulan Oktober. Pada tahun 1992 mereka membuka outlet selanjutnya di daerah Ciputat, Tangerang. Pada tahun 1999 mereka telah berhasil membuat outlet ketiga mereka di Cimone, Tangerang. Selanjutnya mereka membuka outlet mereka di daerah Pondok Bambu, Jakarta Timur tahun 2001. Tahun 2005, Tip Top membuka outlet selanjutnya di daerah Depok, Jawa Barat. Sekanjutnya outlet keenam di daerah Pondok Gede, Bekasi. Tahun 2011 Outlet Tip Top yang berada di Ciputat pindah lokasi. Tahun 2014 mereka berhasil membuka outlet ketujuh di daerah Tambun, Bekasi.

Promo Tip Top

Promosi biasanya dilakukan oleh para penjual untuk meningkatkan pendapatan mereka. Tip Top juga ikut melakukan promo untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Salah satu promo mereka yaitu Promo KJSM dimana mereka memberikan harga produk lebih murah khusus di hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Jadi jangan heran di hari ini Tip Top selalu ramai dikunjungi.

Selain itu, Tip Top juga mengadakan promo hadiah di supermarket mereka. Misalnya Setiap customer dengan membeli suatu produk dapat memperoleh gratis produk yang sama atau produk lainnya sebagai hadiah.

Promo berikutnya yang diberikan Tip Top untuk memanjakan konsumen ialah Promo Membership. Dimana anggota yang mendaftar sebagai member di Tip Top dapat memperoleh point reward, diskon special serta promo membership khusus.

Tip Top juga menyediakan promo katalog dimana katalog tersebut untuk 2 minggu. Sehingga customer dapat melihat barang apa saja yang sedang promo dalam kurun waktu 2 minggu. Sehingga mereka dapat mengetahui dengan mudah barang apa saja yang sedang promo di Tip Top.

Tip Top memiliki kerja sama dengan Bank, diantaranya Bank Mandiri dan BNI. Dimana setiap minimum transaksi Rp 500.000,00 dengan Kartu Kredit Mandiri customer dapat memperoleh hadiah 1 voucher / kartu / hari. Periode promo dari 29 Mei s/d 29 Juni 2017. Cuma berlaku saat promo di hari Senin s/d Kamis. Promo ini hanya berlaku untuk 3000 customer pertama. Selain itu tidak berlaku kelipatan, penggabungan struk, split transaksi. Tentu saja terdapat syarat dan ketentuan lain yang berlaku.

Tip Top juga bekerjasama dengan Bank BNI dimana customer dapat memperoleh Free Voucher senilai Rp 50.000,00 dengan menggunakan kartu kredit BNI. Transaksi yang harus dilakukan minimum Rp 500.000/ struk. Promo ini berlangsung periode 01 Mei – 30 Juni 2017 setiap hari Sabtu & Minggu. Promo ini tidak berlaku kelipatan/ penggabungan struk / pemisahan struk. Promo tidak berlaku untuk kartu kredit IB Hasanah dan Corporate. Setiap customer hanya berhak mendapatkan 1 x cash back per hari. Syarat dan Ketentuan berlaku.

Selain menggunakan kartu kredit BNI para customer yang hanya mempunyai kartu debit BNI juga dapat mengikuti promo di Tip Top. Promo di Tip Top yaitu dengan belanja senilai Rp 500.000,- dapat memperoleh hadiah langsung setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Promo ini berlaku selama periode program 01 Mei – 30 Juni 2017. Berlaku untuk semua kartu debit BNI, kecuali kartu debit BNI Syariah. Berlaku untuk seluruh outlet Tip Top Supermarket. Satu customer hanya dapat memperoleh 1 paket produk per kartu per hari. Dimana tidak berlaku kelipatan transaksi dan split transaksi.

Jenis Produk yang Dijual

Tip Top menjual beraneka ragam keperluan harian yang Anda butuhkan selengkap dan semurah mungkin. Selain menjual beraneka ragam kebutuhan rumah tangga Anda, Tip Top juga menyediakan kebutuhan busana, elektronik, barang pecah belah, olah raga dan furniture. Pengunjung Tip Top yang sudah berkeluarga bisa dengan leluasa untuk berbelanja karena disediakan arena bermain anak-anak seperti bumper car, kuda- kudaan, dan lainnya. Sehingga anak anda bermain sambil anda dapat berbelanja dengan senang hati.

Kelebihan dan kekurangan dibanding competitor

Tip Top memiliki banyak sekali kompetitor. Namun Tip Top sebagai supermarket memiliki kelebihan dibandingan kompetitor lainnya. Supermarket Tip Top didesain dengan suasana yang nyaman, tentram dan naman. Tip Top menyediakan barang barang kebutuhan masyarakat dengan rapi dan bersih (higienis). Harga yang ditawarkan terjangkau untuk semua kalangan karena mereka mengedepankan margin penjualan yang tipis. Tip Top memiliki tenaga kerja yang ramah, rajin, terampil terhadap semua customer. Yang paling membedakan ialah suasana di Tip Top sangat islami sehinggah untuk muslimin dan muslimah dapat dengan tentram berbelanja di Supermarket ini. Mereka menjamin produk yang dijual disana semua Halal. Selain itu seringnya kita mendengar lagu rohani islami di Tip Top.

Selain itu, Tip Top juga memiliki kekurangan yaitu belum sepenuhnya menyediakan produk bagi seluruh kalangan masyarakat. Sehingga banyak yang menilai supermarket ini belum memiliki varian produk yang lengkap.

Siapa Kompetitornya

Supermarket Tip Top memiliki kompetitor lainnya diantaranya Alfamart, Indomaret, Giant Supermarket, Carrefour serta Hypermart. Alfamart menjual berbagai barang keperluan sehari-hari. Untuk pangsa pasar yang lebih besar Alfamart juga mendirikan Alfamidi dan Alfa Express. Indomaret dengan mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum. Supermarket Giant, Carrefour dan Hypermart memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia.

Review dari Customer

 

Bagaimana tanggapan customer terhadap supermarket Tip Top. Ada yang memuji supermarket Tip Top adapula yang mengkritik supermarket ini. Menurut customer harga di supermarket Tip Top lebih murah dibandingkan supermarket lainnya dan suasana islami menjadi kenyaman tersendiri bagi muslimin dan muslimah saat berbelanja. Namun adapula yang mengkritik supermarket ini nampak sumpek karena kebanyakan pelanggan. Karena supermarket ini menerapkan penjualan dengan margin yang tipis. Customer juga sulit parkir karena terlalu banyak pengunjung dan lahan parkir terbatas. Selain itu kualitas barang masih perlu diperhatikan.

Video Tentang supermarket

Referensi :

  • Situs Tip Top
  • Wikipedia
  • Blog Smartgeneration, Allefaif, Adiwirasta, dan Anadnabilasilaellmar.
  • Kaskus
  • Youtube Nanang Chivas, Renatta Virly, dan Aisyah & Aqilah in Action.