Tips DIY Dekorasi Hemat Tapi Tetap Cantik Di Hari Raya

Arti penting dari Hari Raya Idul Fitri adalah sebagai hari kemenangan setelah menjalankan puasa selama sebulan penuh. Pastilah kita ingin melengkapi hari kemenangan tersebut dengan merayakannya dengan keluarga. Jika kita masih mempunyai orang tua sepertinya wajib untuk kita mengunjungi mereka, karena hal ini akan memberikan pahala yang besar untuk anda.

Dari Abu Ayyub Al Anshori, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang amalan yang dapat memasukkan ke dalam surga, lantas Rasul menjawab :

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا ، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ ، وَتُؤْتِى الزَّكَاةَ ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ

Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari no. 5983)

Jika kita adalah orang yang dituakan dalam keluarga pastilah kita akan mengadakan “open house” yang mana bukan hanya keluarga yang akan datang tapi tetangga sekitar dan orang yang mengenal kita juga akan menyempatkan waktunya untuk berkunjung.
Singkat atau lamanya mereka bertamu mau tidak mau anda pasti akan memperhatikan dekorasi rumah anda. Anda tidak mau kan merayakan hari kemenangan tapi rumah anda terlihat “biasa”. Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mendekorasi rumah agar terlihat berbeda, jika anda ada budget khusus untuk ini maka tidak akan jadi masalah tapi jika anda tidak punya budget khusus bahkan punya budget yang minim untuk mendekorasi rumah maka anda perlu menyimak tips berikut.
Mengeluarkan dekorasi lebaran tahun lalu adalah cara tercepat dan terhemat yang bisa anda lakukan, tapi dengan menambahkan beberapa dekorasi-dekorasi baru di jamin di hari raya nanti setiap tamu akan membicarakan betapa indah dan berkesannya saat bertamu ke rumah anda.

Biasanya ruangan yang menjadi sorotan utama saat mendekorasi rumah saat Hari Raya adalah ruang tamu dan ruang makan, jadi fokuskan perhatian anda kepada kedua ruangan ini tidak harus mendekorasi setiap sudut di rumah anda.

Dengan persiapan dan rencana dekorasi di hari raya anda tetap bisa hemat tapi tetap terlihat indah dan menarik. Tidak harus mengganti seluruh perabotan rumah agar suasana Idul Fitri terasa di rumah anda, pertama tentunya tetapkan tema warna yang ingin anda tonjolkan di hari raya tahun ini. Jika tahun lalu putih adalah pilihan anda mungkin tahun ini  anda bisa memilih warna ungu atau gold, lalu carilah referensi. Berikut beberapa referensi ide DIY dekorasi hari raya yang bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan tentunya tidak mahal :

1. Hiasan Lampu

DIY Dekorasi Hemat Tapi Tetap Cantik Di Hari Raya
SUmber : Sweet Fajr

Letakkan DIY lampu dengan tema Hari Raya ini sebagai penambah kental suasana, anda bisa meletakkannya di atas meja sudut yang diletakkan di ruang tamu atau ruang transisi.

2.Banner

DIY Dekorasi Hemat Tapi Tetap Cantik Di Hari Raya
Sumber : etsy.com

Untuk mempercantik dinding anda selain anda bisa menambahkan DIY banner yang printablenya bisa didapat gratis di beberapa website.

3. Amplop THR

DIY Dekorasi Hemat Tapi Tetap Cantik Di Hari Raya
Sumber : https://www.facebook.com/WithASpin/photos/a.320363434739938.73493.267963396646609/724646404311637/?type=1¬if_t=like

Memang sudah banyak sekali amplop THR yang dijual di pasaran, dengan sedikit kreatifitas anda bisa membuat sendiri amplop THR untuk anak, keponakan dan sanak keluarga lainnya.

4. Membuat Kue

DIY Dekorasi Hemat Tapi Tetap Cantik Di Hari Raya
Sumber : Homemydesign

Selain menghias rumah dengan barang, anda juga bisa meletakkan makanan atau contohnya cupcake seperti gambar diatas.

Jika anda punya bakat menghias atau setidaknya membuat sendiri kue-kue, lebih baik anda membuat sendiri dan mencari referensi hiasannya di google. Dan letakkan kue-kue bikinan anda untuk dipamerkan di ruang tamu atau di meja makan, selain mempercantik ruangan kue-kue tersebut pun pastilah membuat orang yang melihat tertarik untuk mendekat.

Jika anda merasa dekorasi DIY ini masih kurang, anda juga bisa mengeluarkan dekorasi lama anda dan anda kreasi ulang dengan tema sesuai dengan tema Idul Fitri tahun ini.

Dengan mengubah posisi furniture rumah juga akan mengubah suasana rumah jadi terlihat fresh, misalnya anda bisa mengeluarkan meja samping yang ada di kamar lalu menempatkannya di ruang tamu atau ruang keluarga.

Bagikan ide anda dalam menghias rumah anda di hari raya nanti di kolom komentar di bawah. Dan jangan takut untuk berkreasi, toh ini rumah anda sendiri ?. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Sumber :

  1. http://www.themuslimahguide.com/free-printable-ramadan-decorations/
  2. http://www.marthastewart.com/1503862/eid-mubarak-circle-garland
  3. https://www.facebook.com/WithASpin/photos/a.320363434739938.73493.267963396646609/724646404311637/?type=1&notif_t=like
  4. http://www.nu.or.id/post/read/53537/makna-dan-hikmah-idul-fitri
  5. https://rumaysho.com/1920-saling-berkunjung-di-hari-raya.html