Siapkan Berbuka Puasa Dengan Resep Kopyor Dupe

Resep kopyor dupe

Walaupun resep Ini sebenarnya sudah lama beredar tapi saya akan tetap membagikan cara membuat duplikat dari kelapa kopyor yang sudah terkenal enak yang aslinya menggunakan kelapa sebagai salah satu bahan utamanya, dan sebelum saya membagikan resepnya ada baiknya kita mengenal kelapa kopyor terlebih dahulu.

Kopyor (yang oleh sebagian masyarakat di Jawa Tengah disebut garoh) adalah kelainan genetik pada buah kelapa. Ciri kelainan ini adalah “daging buah” yang empuk atau terlepas dari tempurungnya, jumlah air kelapa sedikit, dan aroma yang khas yang berbeda dari daging kelapa biasa. Sifat ini merupakan hasil mutasi spontan di bagian mayang yang bersifat setempat (biasa dikenal dalam botani sebagai chimera). Perubahan sifat ini dapat terjadi pada saat setelah pembuahan atau bahkan sebelumnya. Buah kelapa kopyor dapat dikenali dengan menggoyang-goyangkan buah ke kiri dan ke kanan, dan akan terdengar bunyi seolah buah kelapa tersebut bukan terisi air tetapi terisi pasir.

Buah kopyor sangat disukai karena rasanya yang menyegarkan bila disajikan sebagai minuman. Tapi Kelapa kopyor selain susah dicari kelapa kopyor harganya lumayan mahal. Satu kelapa kopyor yang kecil harganya sekitar Rp50.000, bayangkan sudah susah dicari dan harganya pun mahal. Yang saya tahu di daerah Tangerang belum ada, dan adanya di sekitar daerah Sunter.

Lalu secara tidak sengaja saya pernah membaca sharing dari salah satu ibu-ibu yang memposting hasil kopyor yang di buat dari bahan agar-agar. Bahan-bahannya pun sangat gampang dan bentuknya sangat mirip dengan kelapa kopyor aslinya. Akhirnya saya pun ikutan mencoba membuatnya, dan ternyata selain bentuk nya memang sangat mirip kelapa kopyor rasanya pun menyegarkan dan juga enak.

Nah, mari sekarang kita mulai dengan bahannya.

Bahan :

1 bungkus agar-agar rasa plain boleh merk Nutrijell atau Swallow Globe

500 ml santan kelapa yang tidak terlalu tua

Secukupnya susu kental manis

1 sdm gula pasir

1/4 garam

Ada dua cara untuk membuat kelapa kopyor ini yaitu:

Cara Pertama : Dicetak dengan es batu yang lebih cocok jika menggunakan bubuk agar-agar swalow globe

1. Siapkan bongkahan es batu yang lumayan besar besar dalam satu wadah lalu dalam panci campur bubuk agar-agar, santan, gula pasir, susu kental manis, dan garam kemudian diaduk terlebih dahulu.

2. Panaskan tapi tidak usah sampai mendidih setelah itu diangkat, selanjutnya dengan menggunakan sendok, sendok satu sendok makan ke dalam mangkok yang sudah berisi es batu  sambil diaduk-aduk dengan perlahan agar tidak menggumpal.

3. Aduk sampai kopyor dupe anda membentuk gumpalan yang mirip seperti kopyor setelah adonan habis.

4. Siapkan gelas lalu masukkan kopyor ke dalam gelas isi dengan es batu yang lebih kecil atau es serut yang diisi dengan sirup rasa cocopandan dan jika mau anda juga bisa menambahkan susu kental manis lalu sajikan.

Cara kedua : Dicetak lalu dikerok cocok jika menggunakan bubuk agar-agar nutrijel

1. Campur bubuk agar-agar, santan, garam dan susu kental manis serta gula lalu masak sampai mendidih

2. Setelah adonan masak tuang adonan ke cetakan, dinginkan terlebih dahulu lalu masukkan ke kulkas .

3. Setelah mengeras, kerok kopyor dengan menggunakan sendok serut khusus buah, menggunakan garpu atau tutup botol yang pinggiranya tidak rata.

4. Setelah itu, masukkan serutan kopyor ke dalam gelas saji, tambahkan sirup cocopandan susu kental manis sesuai selera dan juga es batu dan sedikit air lalu sajikan.

Nb. Untuk santan susu kental manis dan gula anda boleh mengurangi atau menambahkan ukurannya atau bisa juga menganti gula pasir menjadi sweetener. Secara pribadi saya lebih memilih kopyor saya tidak terlalu manis karena sirupnya sudah manis jadi saya tidak mau es kopyor saya jadi terlalu manis.

Itulah es kopyor andalan saya yang sering sekali saya sajikan di sore hari dan sebagai menu berbuka puasa, sudah murah meriah es kopyor ini sangat mudah dan cepat saat dibuat dan yang pasti semua anggota keluarga suka Jadi saya tidak perlu mengeluarkan budget ekstra untuk takjil karena saya tinggal mengganti-ganti variasi isian dengan macam-macam buah yang berbeda.

Sebenarnya hanya dengan kopyor dan sirup saja sudah enak, apalagi jika anda mau anda bisa menambahkan beberapa macam varian isi yang berbeda sesuai keinginan anda atau permintaan dari keluarga anda.

Selain menggunakan agar-agar powder merk swalow globe saya juga pernah menggunakan agar-agar powder merk Nutrijell dengan rasa yang berbeda Saya pernah mencoba menggunakan rasa cincau dan melon. Secara tekstur agar-agar dengan menggunakan Nutrijel lebih kenyal dibandingkan Swallow tapi rasa tidak banyak berbeda dan untuk rasa seperti Cincau dan melon saat saya gunakan untuk membuat kopyor jadinya seperti agar-agar pada umumya karena kopyor sudah pasti berwarna putih. Dengan saya menggunakan warna hitam atau hijau apalagi ada rasanya melon atau cincau, jadi rasa dan penampilanya kurang pas. Memang lebih cocok jika kita menggunakan agar-agar plain atau tanpa rasa agar penampilan dan rasanya lebih pas.

Resep kopyor ini sudah sering saya buat sendiri di rumah dan memang sudah teruji enak nya, jadi jangan ragu untuk mencoba membuat resep ini untuk anda sajikan ke keluarga atau saat anda mengadakan buka bersama teman atau keluarga lainnya. Jangan lupa cek dulu hemat.id untuk mendapatkan harga terhemat untuk bahan-bahan membuat kopyor ini juga berbagai kebutuhan lainnya. Bandingkan hematnya di berbagai supermaket dan minimarket.

Berikan komentar anda di kolom komentar di bawah ini dan Anda juga bisa sebarkan resep ini di beberapa media sosial jika anda merasa terbantu dan suka, selamat berkreasi dan semoga artikel ini bermanfaat terima kasih.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Kelapa_kopyor