Review Susu Low Fat Untuk Diet Rendah Kalori

Bagi beberapa orang yang memang sangat concern dengan asupan makro dan mikro nutrisi harian, kandungan lemak di dalam susu yang dikonsumsi pasti merupakan salah satu hal yang diperhatikan. Apakah Anda juga begitu Sahabat Hemat? Kira-kira fakta apa saja sih yang ada di balik susu rendah lemak atau susu low fat? Simak yuk pembahasannya.

Baca juga : Perbedaan Susu Skim Milk dan Susu Full Cream

Fakta dan kandungan susu rendah lemak

Sumber : Aoife Clancy Nutrition

Secara kimiawi susu memiliki komposisi air (87,20%), laktosa (4,90%), lemak (3,70%), protein (3,50%) dan mineral (0,07%). Air susu merupakan emulsi lemak di dalam larutan gula dan garam-garam mineral dengan protein. Susu merupakan salah satu makanan yang tinggi nilai gizinya.

Berdasarkan sumber dari frisianflag.com dan ners.unair.ac.id persentase lemak di dalam susu akan menentukan jenis susu yang kita konsumsi. Susu rendah lemak atau yang disebut juga dengan susu low fat termasuk dalam jenis susu semi skimmed milk yang memiliki persentase lemak sekitar 1% – 2%. Sedangkan susu tanpa lemak atau susu non fat termasuk jenis skimmed milk dengan persentase lemak sekitar 0% – 0.5%. Detailnya bisa Anda lihat pada tabel perbandingan persentase lemak & kalori dari susu low fat vs susu non fat di bawah ini.

Tabel perbandingan persentase lemak & kalori dari susu low fat vs susu non fat
Jenis Susu Persen Lemak Kalori Lemak (gram)
Susu Low Fat/Semi Skim Milk 2% 120 kal 4.5 gr
1% 100 kal 2.5 gr
Susu Non Fat/Skimmed Milk 0 – 0.5% 83 kal

Apa bedanya susu skim dengan susu biasa?

Sumber : milkyday.com

Dari infografis di atas bisa dilihat bahwa nama lain susu tanpa lemak disebut skimmed milk atau susu skim. Susu skim ini melewati proses penghilangan kadar lemak dalam susu dengan cara memisahkan bagian cair dan solid pada susu. Tapi kekurangan susu skim adalah vitamin-vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E dan K juga turut hilang bersama dengan lemak yang dihilangkan dari susu tersebut dengan rasa yang kurang creamy karena lemaknya sudah dihilangkan. Namun, susu skim lebih rendah kalori dibandingkan dengan susu murni sehingga cocok untuk orang-orang yang sedang menjalani diet rendah kalori. Susu skim mengandung protein, gula, thiamine, riboflavin, vitamin B12, dan mineral.

Maka, apakah susu full cream sama dengan susu rendah lemak? Tidak, susu full cream tidak termasuk susu rendah lemak karena tidak ada lemak susu yang dihilangkan sama sekali selama proses produksinya. Dilansir dari WebMD, susu full cream mengandung sekitar 8 gram lemak dalam satu gelasnya dengan kalori sebesar 120 kal. Susu full cream disebut juga sebagai susu murni atau whole milk dengan persentase lemak sebesar 3.25%.

Anda bisa membedakan dengan mudah antara susu skim dengan susu biasa. Susu skim biasanya mencantumkan persentase lemak pada komposisi susu atau mencantumkan tulisan “skim” pada label kemasan. Begitu juga dengan susu rendah lemak, biasanya mencantumkan label “low fat”, dan tersedia dalam bentuk susu bubuk rendah lemak dan susu UHT rendah lemak (semi skimmed milk).

Sumber : cairofood.id

Susu rendah lemak cocok untuk diet

Jika diet yang sedang Anda jalani adalah diet rendah kalori, maka susu rendah lemak cocok sekali untuk diet Anda. Pilihlah susu rendah lemak tinggi protein untuk kebutuhan diet rendah kalori Anda. Protein tinggi akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Pilihan terbaik adalah susu rendah lemak, tinggi protein dan rendah gula. Protein tinggi akan membantu menstabilkan kadar gula darah setelah makan.

Jadi, susu rendah lemak bisa membantu Anda menurunkan berat badan karena Anda bisa mendapatkan manfaat susu seperti protein dan mikronutrisi lain tapi dengan kalori lebih rendah dibanding susu murni. Protein juga bagus untuk membantu pembentukan massa otot. Dengan susu rendah lemak, Anda bisa mendapatkan manfaat kalsium yang bertugas membantu memecah dan menghambat penyerapan lemak tanpa khawatir asupan kalori berlebih. Menurut promkes.kemkes.go.id, anjuran konsumsi lemak harian adalah 20-25% dari total energi (702 kkal) yaitu sekitar 140-175 kkal. Maka untuk menurunkan berat badan, kalori yang diasup harus lebih rendah dari kebutuhan lemak harian.

Jika tujuan Anda adalah menaikkan berat badan, maka susu rendah lemak tidak bisa untuk menaikkan berat badan, susu full cream adalah pilihan yang lebih tepat. Prinsip utama menaikkan berat badan adalah kalori masuk lebih banyak dibandingkan kalori keluar. Sedangkan, susu rendah lemak mengandung kalori lebih rendah dibanding susu murni.

Rekomendasi susu bubuk rendah lemak tinggi protein

Saat ini banyak susu rendah lemak yang beredar di pasaran. Bisa berupa susu bubuk ataupun susu cair. Dengan berbagai pilihan rasa sesuai dengan preferensi Anda. Berikut beberapa pilihan susu bubuk rendah lemak yang bisa Anda pilih. Jangan lupa cek promo terbaik yang bisa Anda dapatkan di website hemat.id ataupun di aplikasi Kliptalog. 

Daftar harga susu bubuk rendah lemak
Merk Susu Harga per 100gr (Rp) Harga per kemasan (Rp)
Tropicana Slim Susu Low Fat 16.400

82.000/500gr

Anlene Gold 5X 14.062

90.000/640gr

HiLo Active 13.780

68.900/500gr

WRP Low Fat Milk 35.400

70.800/200gr

Tropicana Slim Susu Low Fat

sumber gambar : tropicanaslim.com

Tropicana Slim Susu Low Fat merupakan susu rendah lemak, bebas gula tambahan dan tambahan serat alami untuk bantu menurunkan kadar kolesterol. Cocok untuk diet. Berikut informasi nilai gizi per sajian 200 ml yaitu kadar lemak 0.5 gr, kadar total gula alami 11 gr, kadar protein 6 gr dan kalori 170 kkal. Tropicana Slim Susu Low Fat hanya tersedia dalam kemasan 500 gr dengan pilihan rasa vanilla, macchiato coffee dan korean strawberry.

Anlene Gold 5X

sumber gambar : anlene.com

Anlene Gold 5X merupakan susu tinggi protein, serat, kalium, kolagen dan vitamin C. Rendah lemak serta bebas gula tambahan. Ditujukan untuk menjaga kesehatan tulang, sendi dan otot. Berikut informasi nilai gizi per sajian 200 ml yaitu kadar lemak 0.5 gr, kadar total gula alami 15 gr, kadar protein 10 gr dan kalori 115 kkal. Anlene Gold 5X tersedia dalam kemasan 885 gr, 640 gr, 240 gr dengan pilihan rasa original, cokelat dan vanilla.

HiLo Active

HiLo Active Caramel Latte
sumber gambar : hilo.co.id

HiLo Active merupakan susu rendah lemak, tinggi kalsium, dengan vitamin D & glucosamine untuk menjaga sendi. Dengan 74 mineral alami dari alga merah. Berikut informasi nilai gizi per sajian 200 ml yaitu kadar lemak 2 gr, kadar total gula 21 gr, kadar protein 6 gr dan kalori 160 kkal. HiLo Active tersedia dalam kemasan 1000 gr, 500 gr, 300 gr dengan pilihan rasa vanilla, belgian chocolate milk, caramel latte, ketan hitam, dan chocolate.

WRP Low Fat Milk

wrp low fat milk
sumber gambar : wrp.co.id

WRP Low Fat Milk merupakan susu rendah lemak, tinggi kalsium, tinggi serat. Kalori lebih rendah diantara pilihan susu low fat lainnya. Bisa jadi pengganti cemilan di antara jam makan besar. Berikut informasi nilai gizi per sajian 150 ml yaitu kadar lemak 1 gr, kadar total gula 11 gr, kadar protein 5 gr dan kalori 110 kkal. WRP Low Fat Milk tersedia dalam kemasan 200 gr, 60 gr dengan pilihan rasa vanilla dan choco hazelnut.

#BandingkanHematnya

Sekarang kita bisa memperoleh informasi harga Susu Low Fat terlengkap. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga Susu Low Fat di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.

Cek sekarang juga harga Susu Low Fat terhemat

Rekomendasi susu cair UHT rendah lemak tinggi protein

Untuk pilihan susu cair low fat, berikut beberapa pilihan susu cair UHT rendah lemak yang bisa Anda pilih. Jangan lupa cek promo terbaik yang bisa Anda dapatkan di website hemat.id ataupun di aplikasi kliptalog ya. 

Daftar harga susu UHT rendah lemak
Merk Susu Harga per 100ml (Rp) Harga per kemasan (Rp)
Frisian Flag Susu UHT Low Fat 1.768

16.800/946ml

Greenfields Susu UHT Low Fat Milk 2.190

21.900/1000ml

BEAR BRAND Gold White Tea 6.357

8.900/140ml

Oatside Barista Blend Oat Milk 4.000

40.000/1000ml

Diamond Milk UHT Low Fat 2.220

22.200/1000ml

Ultra Milk Low Fat 2.000

20.000/1000m

Frisian Flag Susu UHT Low Fat

frisian flag susu uht
sumber gambar : frisianflag.com

Frisian Flag susu UHT low fat merupakan susu rendah lemak, tinggi kalsium, dengan 8 vitamin. Berikut informasi nilai gizi per sajian 225 ml yaitu kadar lemak 3 gr, kadar total gula 11 gr, kadar protein 7 gr dan kalori 120 kkal. Frisian Flag Susu UHT Low Fat tersedia dalam kemasan 946 ml, 225 ml dengan pilihan rasa belgian chocolate, original, french vanilla dan californian strawberry.

Greenfields Susu UHT Low Fat

sumber gambar : tokopedia greenfields

Greenfields susu UHT low fat merupakan susu rendah lemak, tinggi protein. Sumber susu terkontrol karena dari peternakan Greenfields sendiri. Berikut informasi nilai gizi per sajian 250 ml yaitu kadar lemak 3 gr, kadar total gula 12 gr, kadar protein 9 gr dan kalori 110 kkal. Greenfields Susu UHT Low Fat Milk tersedia dalam kemasan 1000 ml dengan rasa plain/original.

BEAR BRAND Gold White Tea

Sumber gambar : nestle.co.id

Bear Brand Gold White Tea merupakan susu rendah lemak, plus ekstrak teh putih yang rasanya khas. Dengan kemasan kaleng praktis dibawa kemana saja. Berikut informasi nilai gizi per sajian 140 ml yaitu kadar lemak 2 gr, kadar total gula 10 gr, kadar protein 4 gr dan kalori 70 kkal. BEAR BRAND gold white tea tersedia dalam kemasan kaleng 140 ml dengan rasa white tea.

Oatside Barista Blend Oat Milk

Sumber gambar : outside.com

Oatside Barista Blend Oat Milk merupakan 100% susu nabati, tanpa lemak jenuh, bebas laktosa, rendah gula. Cocok untuk campuran kopi favoritmu. Berikut informasi nilai gizi per sajian 200 ml yaitu kadar lemak 6 gr, kadar total gula 6 gr, kadar protein 1 gr dan kalori 130 kkal. Oatside Barista Blend Oat Milk tersedia dalam kemasan 1000 ml dengan rasa original, chocolate dan hazelnut.

Diamond Milk UHT Low Fat

Sumber gambar : diamondfair.co.id

Diamond Milk UHT low fat merupakan susu rendah lemak, tinggi kalsium. Pilihan susu low fat dengan harga ekonomis. Berikut informasi nilai gizi per sajian 200ml yaitu kadar lemak 2.5 gr, kadar total gula 6 gr, kadar protein 6 gr dan kalori 80 kkal. Diamond Milk UHT Low Fat tersedia dalam kemasan 1000ml dengan rasa original.

Ultra Milk Low Fat

Sumber gambar : ultrajaya.co.id

Ultra Milk Low Fat merupakan susu rendah lemak dan tinggi kalsium. Berikut informasi nilai gizi per sajian 250ml yaitu kadar lemak 2.5 gr, kadar total gula 18 gr, kadar protein 9 gr dan kalori 160 kkal. Ultra Milk Low Fat tersedia dalam kemasan 1000ml, 250 ml dengan pilihan rasa plain dan cokelat.

Manfaat susu rendah lemak untuk kesehatan

Susu rendah lemak adalah pilihan yang sehat untuk Anda yang ingin memotong jumlah kalori yang masuk dari susu tapi masih ingin mengambil manfaat baik dari lemak susu berupa vitamin larut lemak. Namun susu ini kurang cocok untuk diberikan kepada anak-anak yang masih membutuhkan banyak lemak baik untuk perkembangan otaknya kecuali anak tersebut harus menjalani diet khusus atas saran dokter.

Ada banyak sekali manfaat susu rendah lemak yang bisa Anda dapatkan terutama untuk kesehatan. Beberapa manfaat susu rendah lemak untuk kesehatan Anda adalah :

  1. Kenyang lebih lama. Susu rendah lemak akan membuat Anda kenyang lebih lama karena mengandung protein tinggi.
  2. Kolesterol rendah. Mengandung kolesterol lebih rendah karena kadar lemak pada susu sudah dikurangi. Jumlah kandungan lemak pada susu menentukan jumlah kolesterol yang kita konsumsi. Semakin tinggi lemak pada susu maka semakin tinggi kandungan kolesterolnya. Oleh karena itu, bagi orang-orang dengan kolestrol tinggi sebaiknya mengkonsumsi susu rendah lemak untuk mengurangi asupan kolesterol. Selain susu rendah lemak, pilihan susu untuk penderita kolesterol tinggi lainnya adalah susu skim, susu almond, susu kelapa, susu kedelai dan susu oats. 
  3. Kalori rendah. Kandungan lemak yang sudah dikurangi dari susu low fat akan mengurangi asupan kalori per sajian setiap Anda konsumsi sehingga cocok untuk diet rendah kalori Anda.
  4. Baik untuk asam lambung. Dilansir dari PubMed, diet rendah lemak sangat dianjurkan untuk orang dengan masalah asam lambung. Kadar lemak yang bisa diterima penderita masalah asam lambung sekitar 0-2.5%. Asupan lemak yang tinggi akan menurunkan tonus sfingter yang membatasi kerongkongan dengan lambung sehingga asam lambung akan semakin mudah naik ke kerongkongan. Jadi susu low fat dengan kadar 1%-2% cocok untuk penderita asam lambung.
  5. Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  6. Cocok untuk penderita diabetes. Selain harus memilih susu rendah gula untuk mengontrol gula darah, para penderita diabetes disarankan juga untuk memilih susu rendah lemak. Susu rendah lemak dapat membantu penderita diabetes mengurangi resiko komplikasi kesehatan lain seperti penyakit jantung dan stroke. Selain itu, memilih susu rendah lemak tinggi protein akan membantu tubuh menstabilkan gula darah setelah makan. Dilansir dari WebMD.com, urutan makanan terbaik untuk penderita diabetes adalah karbohidrat kompleks, sayuran hijau terutama brokoli, buah segar, protein, susu rendah lemak dan lemak sehat.

Baca juga : Review Diabetasol: Makanan Tambahan Kaya Nutrisi Rendah Lemak Untuk Penderita Diabetes

Menurut saya pribadi pastinya susu low fat atau rendah lemak tidak saya berikan kepada anak saya karena si kecil masih membutuhkan banyak asupan lemak untuk perkembangan otaknya. Pilihan susu rendah lemak biasanya saya konsumsi untuk saya yang senang minum kopi homemade dengan tambahan susu segar. Demi menjaga berat badan, biasanya saya memilih susu segar rendah lemak untuk campuran kopi saya. Bagaimana dengan Anda Sahabat Hemat? Semoga artikel ini membantu ya untuk menemukan pilihan susu rendah lemak terbaik versi Anda.

Sumber : 

  1. dispertan.semarangkota.go.id
  2. webmd.com
  3. www.neliti.com
  4. ners.unair.ac.id
  5. www.ncbi.nlm.nih.gov
  6. www.cghjournal.org
  7. promkes.kemkes.go.id