Salad Roll Cantik dan Lengkap Nutrisi

Bingung dengan menu masakan yang itu-itu saja? Sahabat hemat bisa mencoba resep salad roll yang cantik dan lengkap nutrisi ini. Sejarah salad roll berasal dari China. Namun masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Vietnam Spring Roll. Nama ini disematkan karena salad roll di bungkus dengan rice paper yang merupakan makanan khas Vietnam serta diisi dengan sayuran musim semi yang banyak digunakan di Vietnam. 

Salad roll merupakan salah satu makanan favorit saya karena cantik, lengkap nutrisinya dan enak. Salad roll berisi protein, serat, vitamin dan karbohidrat dari rice papernya. Salad roll bisa kita kombinasikan dengan berbagai jenis sayuran segar dan berbagai jenis protein. Saya biasa menggunakan wortel, kol ungu, selada iceberg, timun kyuri dan paprika. dipadukan dengan potongan daging ayam, sapi atau udang yang sudah direbus atau di grill. Sahabat hemat bisa memasukkan bahan apapun yang ada dikulkas seperti edamame, daun bawang, atau bahan lainnya, tidak harus terpaku pada resep.

Untuk dressing, sahabat hemat bisa menggunakan dressing apapun yang disukai. Seperti mayonaise, roasted sesame, caesar, spicy tomato, thousand island, italian dressing, atau Thai dressing. Saya pribadi paling suka dressing yang saya buat sendiri dengan mencampur Thai dressing dengan beberapa bahan lainnya dengan resep yang saya racik sendiri karena saya termasuk orang yang concern dengan gluten free. Saya punya alergi gluten jadi harus hati-hati dengan makanan bergluten.

Untuk sayuran jangan lupa dicuci bersih ya sahabat hemat. Mendengar begitu banyak info soal pemakaian pestisida saat proses menanam sayur, saya sering khawatir saat akan mengolah sayur dan buah kecuali saya membeli sayur organik dari orang yang saya percaya. Tips saya, selain dicuci bersih dengan air mengalir, saya mencuci sayur dan buah dengan campuran air + apple cider vinegar atau lemon + pure bakingsoda atau garam. Biarpun tidak sepenuhnya bisa menghilangkan pestisida, ini usaha saya dalam menangani bahan makanan didapur agar disajikan dengan aman dan sehat.

Cek promo sayuran segarnya disini

Yuk nggak usah panjang lebar, kita bahas resep salad roll yang sederhana dan lengkap nutrisi ini.

Bahan Dressing

  • 4 sdm Thai dressing (saya biasa pakai merk Mae Ploy)
  • 1 sdm selai kacang
  • 1/3 sdm bubuk cabe

Bahan Salad

  • Rice paper. Saya biasa pakai merk Banh Trang dengan diameter 22cm
  • Wortel diserut panjang
  • Timun kyuri dipotong panjang
  • Paprika kuning atau merah dipotong panjang
  • Kol ungu diiris tipis
  • Selada iceberg diiris tipis atau dijadikan cover kedua setelah rice paper
  • Protein (udang grill atau dada ayam rebus)

Cek promo daging ayam segar disini

Cara Membuat

  1. Dressing : campurkan semua bahan dressing dengan mixer. Sebenarnya bisa diaduk tangan, tapi agak susah tercampur meratanya. Jadi saya prefer pakai mixer saja.
  2. Masukkan air di piring sesuai diameter rice paper. Celupkan rice paper hingga agak lembek, letakkan di talenan atau alas yang rata. Jangan mencelupkan sampai terlalu lembek karena akan menyulitkan saat proses menggulung salad.
  3. Susun sayuran yang sudah dipotong sesuai panjang diameter rice paper dan protein dengan rapi di pinggir rice paper, lalu gulung.
  4. Potong bagian tengah salad agar susunan sayur terlihat, lalu siap disantap.
  5. Porsi yang dibuat bisa di sesuaikan dengan kebutuhan. Saya biasanya membuat salad dengan jumlah banyak lalu disimpan di kontainer tertutup dan dimasukkan ke kulkas agar mudah saat ingin di makan lagi. Salad roll awet disimpan hingga seminggu tergantung kondisi kulkas dan kebersihan saat membuatnya.  Saat ingin dikonsumsi kembali, saya keluarkan dari kulkas lalu dimasukkan ke rice cooker dengan kondisi warm. Cukup lima menit saja untuk menghangatkan rice paper yang mengering karena dingin lalu salad roll siap disantap.
Sumber : dokumentasi pribadi

Bagaimana sahabat hemat? Mudah sekali bukan proses membuatnya. Tampilannya cantik, lengkap nutrisi dan enak. Jika makan satu porsi salad roll, saya bisa melewatkan jam makan siang dengan aman dan kenyang. Yuk coba dirumah, bahan isinya bisa dipilih dari aplikasi Kliptalog untuk dipesan online atau dibuat shopping list sebelum pergi berbelanja. Atau bisa langsung cek hemat.id untuk info promo lainnya. Semangat sehat, berbelanja hemat, sahabat hemat.

Referensi :

  1. www.scmp.com
  2. hipwee.com
  3. repository.wima.ac.id

 

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!