Ayam Lada Hitam Kesukaan Anak-Anak

Karena masih memiliki anak-anak usia di bawah 11 tahun, saat masak saya harus benar-benar memperhatikan setidaknya dua atau tiga menu makanan kesukaan anak-anak yang harus ada dalam daftar menu seminggu.

Hal ini sudah rutin saya lakukan agar mereka semangat makan, jadi setiap kali saya selesai menyusun menu saya akan membacakan menu nya kepada mereka agar mereka tahu ada makanan kesukaaan mereka yang akan saya sajikan. 

Anak-anak suka sekali dengan sajian berbahan ayam, sepertinya tidak ada anak yang tidak suka dengan ayam bukan? mungkin bagian tertentu dari ayam yang mereka tidak suka, misalnya si kakak yang tidak suka dengan kepala ayam atau si adik yang tidak suka dengan bagian sayap ayam.

Untuk menu ayam goreng kriuk pasti mereka suka dan biasanya mereka akan memilih bagian paha bawah, tapi sekarang saya lebih mengarahkan anak-anak untuk lebih menyukai ayam bagian dada yang di fillet, karena bagian ini jauh lebih sehat. 

Dalam 100 gram ayam mengandung 239 gram kalori, lemak 14 gram, kolestrol 88 mg, natriun 82 mg, kalium 223 mg, dan protein 27 gram. Daging ayam ternyata memiliki gizi yang cukup tinggi ya, jadi sangat baik di konsumsi anak-anak.

Bosan dengan ayam yang hanya di goreng kriuk jadi saya sering menambahkan saus, dan kali ini saya menambahkan saus lada hitam untuk sajian ayam ke anak-anak. Berikut resep lengkapnya :

Sumber : Dokumentasi pribadi

Bahan :

1/2 kg ayam atau dada ayam fillet

1 buah jeruk nipis

garam secukupnya

1/2 buah bawang bombay, potong kotak

1 batang daun bawang, potong-potong serong

1 buah tomat (optional), potong-potong

1/2 buah paprika hijau, potong kotak-kotak

3 – 4 sendok makan bumbu instant lada hitam

75 gram tepung bumbu instan ayam kriuk

Cara Buat :

  1. Ambil ayam lalu lumuri dengan jeruk nipis dan garam, diamkan sebentar lalu cuci bersih, sisihkan.
  2. Buat dua macam adonan untuk ayam kriuk, adonan kering dan adonan basah. Dengan cara memasukkan tepung bumbu instan ayam kriuk kedalam mangkok yang akan menjadi adonan kering dan siapkan mangkok kedua untuk adonan basah, cara membuat adonan basah ambil tepung bumbu sebanyak tiga sendok makan tepung masukkan ke mangkok lalu beri air es sebanyak enam sendok makan, aduk rata. 
  3. Panaskan deep wok atau wajan biasa dengan minyak goreng yang cukup untuk menggoreng hingga terendam.
  4. Masukkan potongan daging ke adonan basah lalu ke adonan kering, tepuk-tepuk potongan ayam lalu goreng. Goreng semua potongan ayam sampai habis, sisihkan.
  5. Tumis bawang bombay, tomat, paprika, dan daun bawang masak sebentar, lalu masukkan bumbu instan lada hitam aduk rata setelah rata masukkan ayam.
  6. Aduk terus sampai semua ayam terbalur rata dengan saus lada hitamnya. Setelah saus sudah meresap ke ayam, angkat dan sajikan.  

Resepnya cukup mudah kan? selain di buat menjadi ayam kriuk, anda bisa hanya menggoreng saja ayamnya. Dan jangan lupa untuk tidak menambahkan air lagi karena bisa membuat kulit ayamnya menjadi lembek, pastikan untuk selalu menyajikan sayuran yang mendampingi ayam lada hitam ini ya agar lebih lengkap nutrisi nya. 

Biasanya anak-anak akan makan sayuran apapun jika sudah ada makanan kesukaan mereka, jadi saya pasti memanfaatkan kesempatan untuk mengenalkan sayuran yang baru ke mereka, entah sayuran yang memiliki rasa pahit atau agak pedas. Apakah anda sudah pernah mencoba membuat resep ini? yuk bagikan cerita di kolom komentar di bawah ini ya.

Dapatkan bahan-bahan lengkapnya dengan membuat daftar belanja di Aplikasi Kliptalog dan hemat.id serta dapatkan kemudahan dan informasi yang akurat tentang harga promo yang sedang berlangsung di supermarket kesayangan anda dan keluarga.

Sumber :

  1. //id.wikipedia.org/
  2. //www.healthline.com/

 

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!