Sayangi Air Fryer Anda dengan Tidak Melakukan Ini

Saat harga minyak goreng melambung tinggi, grup chat di handphone saya selalu ramai membahas seputar minyak goreng. Topiknya pun beraneka ragam, seperti “di mana beli minyak goreng murah?”, cerita pengalaman ditipu saat membeli minyak secara online, cara menghemat minyak goreng, dan pembahasan menarik lainnya.

Baca juga: 4 Cara Menyiasati Minyak Goreng Langka Ala Hemat.id

Hingga salah satu teman ada yang bercerita mengenai Air Fryer yang dianggap sebagai salah satu solusi ampuh dalam menyiasati harga minyak yang sedang melambung tinggi. Air Fyer sebenarnya sudah mulai tren digunakan sebelum harga minyak goreng melambung. Awalnya Air Fryer dianggap sebagai solusi untuk makan lebih sehat karena dapat memasak dengan menggunakan minim minyak goreng.

Air Fyer memiliki harga yang lumayan tinggi karena termasuk produk elektronik yang mewah, mulai dari Rp600.000-an sampai dengan Rp4.000.000-an tergantung merek, kapasitas dan spesifikasi yang dimilikinya. Jadi selain menggunakan Air Fryer sesuai dengan buku petunjuknya, kita juga harus mengetahui hal-hal apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan agar Air Fryer memiliki umur yang lebih panjang.

Kesalahan dalam menggunakan Air Fryer

Semua kelebihan yang dimiliki Air Fryer bisa tidak Anda nikmati secara utuh jika Anda tidak menggunakannya sesuai dengan panduannya. Tergantung cara menggunakannya, apakah akan memberikan hasil yang baik atau malah cepat rusak dan merugikan. Untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan Air Fryer tidak maksimal dan rusak, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

Sumber gambar: line.com

Memasukkan bahan makanan terlalu banyak

Jangan memasukkan makanan terlalu banyak, agar makanan dapat matang secara merata dan sempurna. Memasukkan bahan makanan yang terlalu banyak dapat membuat makanan menjadi lembek dan merusak cita rasa dari makanan itu sendiri.

Masukkan bahan makanan sesuai dengan kapasitas dari Air Fryer. Air Fryer membutuhkan ruangan yang cukup agar perputaran panasnya dapat merata. Berikan jarak sekitar 12.5 cm pada setiap pinggirannya untuk memastikan makanan tergoreng dengan sempurna.

Perawatan yang tidak rutin

Sebaiknya bersihkan Air Fryer setiap kali Anda selesai menggunakannya, dan melakukan deep cleaning setidaknya seminggu sekali untuk membersihkan lemak bekas memasak dan sisa masakan. Jika terdapat sisa-sisa bekas masakan sebelumnya, dikhawatirkan saat akan menggunakannya, Air Fryer dapat mengeluarkan asap atau bahkan dapat mengubah aroma dari masakan Anda. Namun, sebelum melakukan deep cleaning, lebih baik ketahui dahulu bagian-bagian mana yang aman terkena air atau tidak untuk menghindari kerusakan pada Air Fryer Anda.

Tidak menggunakan minyak goreng sama sekali

Walaupun kelebihan utama dari Air Fyer adalah dapat menghemat penggunaan minyak goreng, namun sedikit minyak goreng tetap diperlukan. Penggunaan minyak goreng walau hanya sedikit pada masakan dapat memberikan tekstur renyah dan memberikan warna kuning keemasan pada makanan. Gunakan tempat minyak bentuk spray, supaya minyak goreng dapat di-spray secara merata dan tidak keluar terlalu banyak.

Tidak menghangatkan Air Fryer sebelum digunakan

Untuk mendapatkan masakan dengan hasil yang terbaik, sebaiknya Anda memanaskan Air Fryer sebelum digunakan untuk memasak, memanggang atau untuk memanaskan makanan. Hal ini dilakukan untuk menghindari makanan yang berminyak dan lembek.

Panaskan Air Fryer cukup 10 menit saja, Air Fryer yang sudah panas membuat proses memasak jauh lebih efektif dan efisien. Permukaan makanan akan berwarna coklat keemasan dan renyah, sedangkan bagian dalamnya matang sempurna.

Tidak memeriksa makanan saat dimasak

Salah satu penyebab makanan tidak masak secara merata adalah tidak melakukan pengecekan sama sekali pada makanan yang sedang dimasak. Anda harus melihat kondisi masakan yang sedang dimasak. Jika Anda melihat makanan yang terlihat berubah warna terlalu cepat, maka Anda perlu mengecilkan temperaturnya dan lakukan sebaliknya jika panas dari Air Fyer terlalu kecil. Menggoyangkan makanan sesekali juga dapat membantu makanan matang secara merata terutama jika Anda sedang memasak nugget atau kentang goreng.

Anda sedang mencari Air Fryer? Anda bisa cek promo harga air fryer terbaru di hemat.id. Kalau untuk mendapatkan harga minyak goreng yang sedang promo, saya tidak pernah pusing ya. Saya sudah berlangganan newsletter hemat.id dan setia memantau di promo harga minyak goreng, jadi saya selalu mendapatkan update untuk kebutuhan sehari-hari dengan harga promo.

Sumber :
https://www.healthline.com/nutrition/healthiest-oil-for-deep-frying
https://hmpg.che.itb.ac.id/index.php/2021/09/15/artifacts-air-fryer/