Sedang Musim Rambutan, Begini Resep Asinan Rambutan

Lagi musim rambutan nih, siapa yang sudah bosan makan rambutan langsung begitu saja? Nah, kalau sudah mulai bosan makan langsung dan ingin makan yang segar-segar, kita bikin asinan dari rambutan saja yuk! Asinan rambutan merupakan salah satu kuliner khas Banjarmasin tapi sangat popular dimana-mana, karena rasanya yang segar, pedas, dan ada rasa manis yang berasal dari rambutan. 

Sebelum mulai membuat resep ini, ada baiknya Anda memilih rambutan yang manis untuk asinan. Salah satu tips untuk mendapatkan rambutan yang baik adalah dengan memilih rambutan yang berambut tidak kering dan pilihlah rambutan yang paling banyak dikerubungi semut asal benar-benar diperhatikan takutnya ada bagian yang terkelupas atau sudah busuk.

Selain harganya yang terjangkau dan rasanya yang manis, rambutan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti :

  • Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menambah energi  
  • Menurunkan berat badan
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menurunkan resiko munculnya kanker
  • Menjaga kesehatan tulang

Asinan buah adalah salah satu makanan asli Indonesia yang diminati hampir semua kalangan. Cara membuatnya mudah, cepat dan bahannya juga murah dan mudah untuk ditemukan. Berikut resep lengkapnya:

Sumber : https://robinasbell.com/

Bahan:

  • Rambutan secukupny (kupas, buang bijinya dan cuci bersih, sisihkan)
  • 300 ml air
  • 3 – 5 buah jeruk nipis ukuran sedang atau jeruk kunci
  • 1 buah cabe merah besar
  • 3 buah cabe rawit merah
  • 50 gram gula pasir atau sesuai selera

Cara buat:

  1. Siapkan sauce pan seperti TEFAL Essential sauce pan ukuran 16 cm dan sudah dilengkapi dengan tutup kaca, dengan lapisan titanium anti lengket jadi mudah untuk dibersihkan. Kemudian isi panci dengan air lalu didihkan air sebentar, setelah mendidih masukkan setengah atau sekitar 25 gram gula pasir. Setelah air kembali mendidih atau sampai gula pasirnya larut, angkat air gula dan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Potong-potong serong atau sesuai selera cabai merah besar dan cabai rawit merah, kemudian iris-iris jeruk nipis.
  3. Masukkan rambutan yang sudah diambil bijinya ke dalam mangkuk besar. Lalu campurkan dengan cabai dan jeruk nipis. Masukkan sisa gula pasir dan rebusan gula dan air yang kita masak tadi. 
  4. Masukkan campuran air dan gula selagi masih panas, agar asinannya menjadi lebih tahan lama.
  5. Aduk sampai rata atau bisa langsung dimasukkan ke dalam beberapa toples kaca ukuran sedang yang sudah disterilkan dengan cara direbus dengan air panas terlebih dahulu.
  6. Simpan di dalam lemari es, kurang lebih satu sampai dengan dua jam atau sampai asinan dingin. Karena asinan ini lebih sedap dinikmati dalam kondisi dingin. Jika disimpan dikulkas, asinan rambutan ini bisa tahan kurang lebih sampai satu minggu.

Rasanya manis dari rambutan, pedas dari potongan cabai dan segar karena disajikan dingin dijamin akan membuat Anda ketagihan. Sangat nikmat untuk dijadikan cemilan saat cuaca panas. Anda pun bisa menjadikan asinan rambutan menjadi hidangan untuk arisan atau saat ada acara keluarga.

Tapi sayangnya untuk beberapa orang, makan buah rambutan dapat memicu alergi. Salah satu gejalanya adalah gatal-gatal, sakit perut, bibir bengkang, mual atau muntah. Jika hal ini terjadi maka segera hentikan mengonsumsinya dan berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan jika diperlukan.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membuat asinan rambutan juga? Jangan lupa untuk membagikan resep andalan Anda pada kolom komentar di bawah. 

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Rambutan
https://www.webmd.com/diet/