Selain Membuat Kita Tetap Terjaga, Berikut Manfaat Kopi Lainnya

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Sekarang kopi tidak hanya di gemari oleh kaum pria saja, para mommy pun mulai beralih ke kopi untuk menemani sebelum memulai rutinitas pagi dan salah satunya adalah saya?.

Awal saya kenal kopi adalah saat masih berkuliah dan makin menjadi saat saya mengerjakan skripsi. Tapi buat saya minum kopi lebih ke comfort drink atau minuman untuk menenangkan dan tidak untuk membuat saat terjaga.

Selama ini saya dan mungkin beberapa dari anda yang belum mengetahui apa sebenarnya manfaat kopi untuk kesehatan tubuh, berikut manfaatnya :

1. Kopi dapat mencegah depresi

Manfaat Kopi Dan Tips Sehat Minum Kopi
Sumber : Reader’s Digest

Manfaat kopi untuk mencegah depresi memang saya rasakan, karena kafein dalam kopi berperan sebagai stimulus aktif yang meningkatkan semangat, suasana hati, respon aktif, dan energi.

2. Kopi dapat mengurangi potensi terkena diabetes

Manfaat Kopi Dan Tips Sehat Minum Kopi
Sumber : SuperFoodsRx

Dengan mengingkatkan konsumsi kopi selama 4 tahun dapat mengurangi potensi terkena diabetes tipe dua sampai 11% di banding orang yang tidak mengingkatkan konsumsi kopi selama 4 tahun, menurut penelitian yang dilakukan Harvard School Of Public Healt (HSPH).

3. Kopi dapat membantu sistem tubuh

Manfaat Kopi Dan Tips Sehat Minum Kopi
Sumber : nhgd.net

Dengan mengkonsumsi kopi secara teratur anda sudah membantu sistem tubuh anda tetap bersih melalui proses yang alami. Karena kafein dalam kopi memang di sebut sebagai zat diuretik, yaitu zat yang membuat ginjal mengeluarkan cairan lebih banyak. Yang artinya selama anda meminum kopi anda akan sering mengeluarkan racun dan bakteri yang tersimpan di dalam tubuh dengan buang air kecil.

Tapi disarankan untuk tetap mengkonsumsi air putih agar tidak mengalami dehidrasi ringan.

4. Kopi dapat membantu membakar lemak

Manfaat Kopi Dan Tips Sehat Minum Kopi
Sumber : Benefit.co.id

Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat mengingkatkan metanolic rate sebanyak 3-11%, tapi ada beberapa kasus tertentu yang membuat efek dari kafein ini menjadi tidak efektif, yaitu untuk orang yang sudah mengalami obesitas, faktor usia, dan untuk orang yang sudah lama mengkonsumsi kopi.

Disarankan untuk memilih kopi dengan kadar gula dan krim yang rendah, karena gula dan krim mampu menaikkan kadar lemak di dalam tubuh kita.

5. Kopi dapat mempertajam daya ingat

Sumber : BBC.com
Studi yang dilakukan peneliti dari Johns Hopkins University, Amerika Serikat, menunjukkan kafein bisa mempertajam memori. Dengan 200 miligram kafein dapat mempertajam daya ingat, tapi jumlah 200 miligram ini mungkin tidak berefek untuk orang yang biasa mengkonsumsi kafein secara reguler.
Ketika Anda minum secangkir kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah dan menempuh perjalanan ke otak. Setelah tiba di otak, kafein memblok inhibitory neurotransmitter yang disebut adenosin, sehingga memungkinkan peningkatan neurotransmiter lain yang membantu neuron meningkatkan kewaspadaan dan memori.
Saat ini banyak sekali pilihan kopi, baik dari kopi hitam dan kopi instan dengan berbagai variasi rasa. Di hemat.id anda akan di sajikan dengan pilihan kopi dan juga pilihan harga promo terhemat di semua supermarket, hypermart dan juga minimarket.

Itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi kopi, tapi tetap batasi konsumsi kopi jika anda sudah memiliki riwayat diabetes dan tidak minum kopi lebih dari 3 cangkir dalam sehari. Bagikan cerita anda mengenai jenis kopi apa yang sering anda minum dan kenapa? dan apakah anda merasakan salah satu manfaat dari kopi seperti yang sudah saya sebutkan di atas?

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Kopi

2. https://meetdoctor.com/article/5-manfaat-minum-kopi

3. https://www.healthline.com/nutrition/top-13-evidence-based-health-benefits-of-coffee