Susu Formula Terbaik untuk Anak 1-3 Tahun Kelas Harga Premium

Setelah masa menyusui usai, Ibu sering bingung mana susu lanjutan setelah ASI yang terbaik untuk anak Anda. Tentunya eksplorasi satu persatu di internet memerlukan waktu lama. Apalagi jika tanya SPG susu di supermarket, tentunya tidak objektif karena dia pasti ingin promosikan merek susunya. Kami ingin membantu ibu untuk merangkum spesifikasi, keunggulan, dan kekurangan 7 susu premium yang ada di pasaran sehingga Ibu dapat memutuskan dengan tepat mana susu yang cocok untuk si buah hati. Jika ada kekurangan atau punya pengalaman tentang susu yang diulas di artikel ini, yuk diskusikan di kolom diskusi di bawah artikel ini.

Anak merupakan anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan. Oleh karena itu, setiap orang tua pasti ingin memberikan nutrisi yang paling baik dan seimbang untuk anaknya buah hatinya. Semakin lengkap nutrisi yang didapatkan anak maka pertumbuhan dan kesehatannya akan terjamin.

Lalu dari mana para ibu dapat memenuhi kebutuhan anak akan nutrisi? Seperti slogan yang sering kali kita dengar, “makan 4 sehat 5 sempurna”. Makan 4 sehat yang dimaksud adalah suatu porsi makanan yang berisi karbohidrat, sayuran, lauk pauk, dan buah-buahan. Jika ditambah dengan mengkonsumsi susu, maka akan menjadi 5 sempurna.

Susu adalah pelengkap nutrisi bagi tubuh, karena kandungan zat yang ada pada susu belum tentu ada di makanan lain. Seperti asam linoleat dan asam linolenat yang berperan penting untuk nutrisi otak, kulit dan pertumbuhan rambut, kepadatan tulang, produksi energi dan kesehatan reproduksi. Dan juga susu sangat penting dalam membantu tumbuh kembang anak, seperti:

1. Memperkuat tulang, kalsium yang terkandung dalam susu memiliki peran yang penting dalam menjaga kualitas tulang anak.

2. Mengurangi risiko osteoporosis saat usia lanjut, menurut Theresa A Nicklas, Dr.P.H., salah satu peneliti di bidang pediatri di USDA/ARS Children’s Nutrition dalam Journal of the American College of Nutrition, osteoporosis berkaitan dengan kurangnya asupan kalsium dan merupakan “pediatric disease with geriatric consequences”, penyakit balita yang konsekuensinya diderita pada usia tua.

3. Membantu proses pertumbuhan, seperti yang disebutkan dalam Nutrition Journal 2007 terbitan BioMed Central, nutrisi dan faktor bioaktif dalam susu dapat meningkatkan kadar hormon somatotropik (salah satu hormon pertumbuhan) pada masa pra pubertas.

4. Membantu meningkatkan kecerdasan anak, minum susu dapat meningkatkan memori jangka pendek pada anak secara signifikan.

5. Sumber utama vitamin D, vitamin D tidak hanya penting untuk penyerapan kalsium, tetapi juga memperbaiki sistem kekebalan, mengurangi risiko beberapa penyakit kanker, diabetes, dan multiple sclerosis, dan menjamin tekanan darah yang lebih baik.

6. Membantu membentuk dan menguatkan otot, secangkir susu mengandung 16 persen asupan harian untuk protein, yang berfungsi membangun dan memperbaiki jaringan otot.

Persaingan antar perusahaan untuk membuat susu pertumbuhan terbaik terus berlangsung, dengan menawarkan asupan nutrisi terbaik, dan rasa yang lebih enak. Sayangnya hal ini mengakibatkan harga susu pertumbuhan premium semakin mahal, mengikuti banyaknya nutrisi yang diberikannya. Bagi Bunda yang sedang mencari susu pertumbuhan premium terbaik, Hemat.id telah merangkum 7 susu pertumbuhan premium terbaik untuk anak usia 1-3 tahun yang dapat Bunda beli di pasaran.

1. S-26 Procal Gold

Sumber: www.wyethnutrition.co.id
sumber: www.wyethnutrition.co.id

Wyeth dengan susu pertumbuhan S-26 Procal Gold sampai saat artikel ini ditulis masih menjadi market leader di kategori susu pertumbuhan kelas premium untuk anak usia 1-3 tahun. Susu S-26 Procal Gold mengandung DHA, AA, kolin, zat besi, dan vitamin A untuk mendukung fungsi pengelihatan dan perkembangan otak anak. Protein, alfa laktalbumin, kalsium, vitamin D dan fosfor sebagai komponen esensial yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan buah hati. Dan juga susu S-26 Procal Gold mengandung 5 nukleotida, prebiotik, vitamin c, vitamin e dan vitamin b kompleks untuk mendukung sistem imunitas anak, daya tahan tubuh dan mengurangi kemungkinan terjadinya sulit buang air besar.

Namun, susu S-26 Procal Gold memiliki harga yang tergolong paling mahal di kelasnya. Perbedaan harga yang terpaut cukup jauh dengan rival-rivalnya menjadikan susu ini belum tentu bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Tapi jika Bunda tidak bermasalah dengan harga, maka susu S-26 Procal Gold ini merupakan susu pertumbuhan terbaik yang dapat Bunda beli di pasaran.

Kelebihan: Sangat mudah ditemukan dimana saja, kandungan nutrisi sangat lengkap.

Kekurangan: Harga tergolong paling mahal dikelasnya, hanya terdapat satu varian rasa.

Katalog Harga Susu S-26 Procal Gold

2. Chil-Kid Platinum MoriCare+

sumber: morinagaplatinum.com
sumber: morinagaplatinum.com

Morinaga Chil-Kid Platinum MoriCare+ merupakan rival terberat bagi S-26 Procal Gold. Dengan harga sedikit dibawah S-26 Procal Gold, dan nutrisi yang dikandung hampir sama lengkapnya, susu Morinaga Chil-Kid Platinum adalah sebuah pilihan yang lebih terjangkau.

Terdiri dari 2 rasa yaitu vanili dan madu, menjadikan susu Morinaga Chil-Kid Platinum memiliki lebih banyak varian rasa dibanding rival-rivalnya. Selain itu Morinaga Chil-Kid Platinum juga tersedia varian khusus, seperti Chil-Kid P-HP untuk anak yang mempunyai penyakit alergi keturunan dan Chil-Kid Soya untuk anak yang alergi dengan susu sapi.

Kelebihan: Mudah ditemukan dimana saja, tersedia varian khusus.

Katalog Harga Susu Chil-Kid Platinum MoriCare+

3. Enfagrow A+

sumber: enfa.co.id
sumber: enfa.co.id

Susu pertumbuhan Enfagrow A+ mengandungan DHA yang sesuai dengan rentang asupan DHA harian yang direkomendasikan oleh FAO/WHO. Untuk membantu mengoptimalkan konsentrasi, memori dan cara berfikir anak.

Susu Enfagrow A+ memang telah diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mengoptimalkan perkembangan anak. Selain itu, susu formula ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas dan menyebabkan pertumbuhan otak yang lebih cepat. Susu Enfagrow A+  ini bahkan telah mengklaim produknya sebagai susu formula yang paling lengkap kandungan gizinya.

Sama seperti susu Morinaga Chil-Kid Platinum, susu Enfagrow A+ juga mempunyai dua varian rasa yang sama yaitu vanili dan madu. Sehingga Bunda tidak perlu pusing jika buah hati Bunda tidak suka rasa vanili karena ada pilihan rasa madu.

Kelebihan: Ada pilihan rasa, tersedia berbagai ukuran kemasan hingga 1800gr.

Katalog Harga Susu Enfagrow A+

4. Anmum Essential

sumber: anmum.co.id
sumber: anmum.co.id

Anmum Essential  yang di formulasikan untuk anak 1-3 tahun mengandung gangliosida yang membantu perkembangan koneksi sel otak yang merupakan dasar dari kecepatan anak mempelajari berbagai hal. Lebih dari itu, Anmum Essential juga mengandung DHA, yang memainkan peranan penting dalam perkembangan mental anak. Anmum Essential juga memiliki segala kebaikan nutrisi, vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak untuk tumbuh dan berkembang.

Susu pertumbuhan Anmum Essential merupakan satu-satunya susu pertumbuhan di Indonesia yang tidak mengandung gula tambahan. Rasa manis yang terdapat dalam susu Anmum Essential merupakan rasa manis asli dari susu.

Kelebihan: Tanpa gula tambahan, mudah didapatkan di minimarket hingga supermarket.

Katalog Harga Susu Anmum Essential

5. Friso Gold

sumber: friso.co.id
sumber: friso.co.id

Susu pertumbuhan Friso Gold adalah salah satu susu pertumbuhan yang memiliki desain kemasan yang menarik. Di dalam segel penutup kaleng terdapat sedikit ruang yang memang sudah dipersiapkan untuk tempat sendok takar susu. Sehingga sendok takar susunya pun akan selalu bersih, dan kita juga bisa menjaga kehigienisan susu karena kita tidak perlu lagi menyentuh susu bubuknya saat ingin mengambil sendok takar.

Friso Gold diformulasikan dengan Frisoshield™, berisi prebiotik (FOS), probiotik (L. reuteri), nucleotida, selenium and vitamin A, vitamin C. Susu Friso Gold juga mengandung DHA, AA dan SA untuk mendukung perkembangan fisik buah hati Bunda. Selain itu ada juga ALA/LA YANG merupakan asam lemak penting bagi perkembangan sel-sel tubuh.

Kelebihan: Desain kemasan menarik, ada tempat penyimpanan sendok.

Kekurangan: Agak sulit ditemukan di luar kota, hanya tersedia di supermarket besar.

Katalog Harga Susu Friso Gold

6. Similac Gain Plus

sumber: abbottfamily.co.id
sumber: abbottfamily.co.id

Susu pertumbuhan Similac Gain Plus merupakan susu pertumbuhan keluaran Abbott Family, yang masih sekeluarga dengan susu Pediasure dan susu Isomil. Susu Similac Gain Plus memiliki kandungan nutrisi yang baik dan seimbang. Similac Gain Plus dilengkapi dengan zat besi yang merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Mengandung 12 vitamin & 9 mineral. Tinggi Kalsium, yang berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang & gigi. Dan susu Similac Gain Plus juga memiliki campuran minyak nabati (minyak bunga matahari tinggi oleat, minyak kelapa, dan minyak kedelai).

Tidak seperti rival-rivalnya yang memiliki varian rasa lain seperti madu, susu Similac Gain Plus hanya tersedia dalam satu varian rasa yaitu rasa vanili. Dan juga kurangnya penyebaran produk menjadikan susu Similac Gain Plus sangat jarang ditemukan di minimarket-minimarket. Hanya terdapat di supermarket di kota-kota besar saja.

Kelebihan: Nutrisi lengkap dengan harga yang lebih terjangkau.

Kekurangan: Ketersediaan produk sangat jarang, sulit ditemukan di luar kota, hanya tersedia dalam satu varian rasa.

Katalog Harga Susu Similac Gain Plus

7. Nutrilon Royal Pronutra+

sumber: nutriclub.co.id
sumber: nutriclub.co.id

Susu pertumbuhan Nutrilon Royal Pronutra+ diformulasikan untuk memberikan asupan energi, protein, dan laktosa sebagai sumber karbohidrat yang disesuaikan untuk setiap tahapan usia. Susu Nutrilon Royal Pronutra+ dapat membantu pertumbuhan, kekuatan, dan semangat belajar sang buah hati untuk memulai kehidupan dengan awal yang lebih baik. Karena awal yang baik sangat penting bagi kesehatan jangka panjangnya dan sukses di masa depan.

Susu Nutrilon Royal Pronutra juga dilengkapi dengan Omega 6 dan zat besi untuk membantu merangsang kemampuang berfikir anak. FOS, GOS, vitamin E dan vitamin C untuk mendukung sistem daya tahan tubuh. Dan kalsium, protein, vitamin D, zinc untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Terdapat dua varian rasa yaitu rasa vanili dan madu, sehingga Bunda tidak perlu khawatir jika anak Bunda tidak suka rasa susu vanili.

Kelebihan: Harga yang paling terjangkau di kelasnya, memiliki varian rasa.

Katalog Harga Susu Nutrilon Royal Pronutra+

Nah, pemberian susu sapi pada anak adalah hal yang sangat penting. Terutama bagi anak-anak yang jarang mengonsumsi daging, maka susu menjadi salah satu sumber protein penting yang dibutuhkan. Susu juga dapat menaikkan kadar kalsium dan vitamin D, baik yang diperlukan saat kondisi kritis maupun untuk pencegahan berbagai penyakit. Selain itu, susu juga dapat menstimulasi pertumbuhan anak, serta memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak Bunda sebagaimana dijelaskan di atas.

Namun semua itu kembali lagi kepada pilihan Bunda. Jika Bunda menginginkan asupan nutrisi terbaik dan seimbang bisa memilih S-26 Procal Gold. Jika menginginkan varian rasa lain bisa mencoba Morinaga Chil-Kid Platinum atau Enfagrow A+. Jika Bunda lebih menginginkan susu tanpa gula tambahan, Bunda bisa memilih susu Anmum Essential. Dan untuk pilihan dengan harga yang lebih terjangkau, Bunda bisa memilih Nutrilon Royal Pronutra+.

Berikut adalah 7 susu pertumbuhan kelas premium versi kami. Di lain waktu kami akan membahas tentang susu pertumbuhan kelas menengah dan ekonomis. Jadi, apa susu pertumbuhan pilihan Bunda? Yuk silakan diskusikan pengalaman Anda di kolom diskusi di bawah artikel ini.

Summary

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!