Tidak Perlu Minum Obat, 7 Makanan Ini Bisa Meredakan Flu

Saat flu datang, hal yang wajib dilakukan adalah beristirahat dalam waktu yang cukup. Kita cenderung cepat tidak tahan dengan gejala yang dirasakan sehingga buru-buru meminum obat. Memang, tidak ada makanan atau minuman yang dapat menyembuhkan flu dalam hitungan detik dengan ajaib. Namun, mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi serta menjaga tubuh tetap hidrasi dapat mengurangi rasa tidak enak akibat gejala flu dan mampu mengembalikan stamina tubuh dengan lebih cepat.

Sayangnya, flu membuat nafsu makan menjadi berkurang. Rasanya tidak ingin makan makanan berat dan banyak. Oleh karena itu, berikut 7 makanan atau minuman ringan yang dapat dikonsumsi dengan mudah dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh :

1. Minuman yang kaya elektrolit

Menjaga tubuh tetap hidrasi dengan mengonsumsi banyak air putih ternyata tidak cukup, lho. Tubuh memerlukan asupan yang mengandung elektrolit, seperti air kelapa, sehingga dapat mengganti sodium dan potasium yang hilang akibat gejala flu. Konsumsi minuman elektrolit secukupnya untuk memastikan tubuh tidak kekurangan maupun kelebihan sodium atau potasium.

Photo Source: pixabay.com

2. Sup ayam

Selain dapat meredakan rasa mampet, sup ayam yang hangat lengkap dengan sayuran dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan flu. Kaldu pada sup ayam membantu tubuh tetap hidrasi dan mengisi kebutuhan sodium dalam tubuh. Serta, tubuh dapat dengan mudah memperoleh protein yang berasal dari daging ayam dan vitamin serta mineral yang tersedia dari sayuran.

Lihat harga promo daging ayam dari berbagai supermarket!

ChickenSoup Tidak Perlu Minum Obat, 7 Makanan Ini Bisa Meredakan Flu.jpg
Photo Source: pixabay.com

3. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Antioksidan membangkitkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan zat radikal bebas perusak sel-sel tubuh. Minuman ini lebih nikmat dikonsumsi saat panas untuk membantu membuka saluran pernapasan sehingga meredakan hidung mampet serta melegakan tenggorokan. Namun, perlu dicatat bahwa minuman teh juga mengandung kafein, sehingga disarankan untuk tidak meminum teh terlalu banyak saat sedang sakit.

TehHijau Tidak Perlu Minum Obat, 7 Makanan Ini Bisa Meredakan Flu.jpg
Photo Source: pexels.com

4. Daging tanpa lemak

Nutrisi penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh saat sedang sakit adalah zat besi. Zat besi dapat memperlancar metabolisme tubuh serta meningkatkan sistem imun. Tentu ini membantu tubuh untuk melawan kuman. Konsumsi secukupnya makanan yang mengandung zat besi seperti daging tanpa lemak (daging merah, daging unggas, ikan atau kerang).

DagingIkan Tidak Perlu Minum Obat, 7 Makanan Ini Bisa Meredakan Flu.jpg
Photo Source: pexels.com

5. Buah dengan kandungan vitamin C

Beberapa penelitian menyatakan bahwa buah seperti jeruk, tomat, stroberi, dan berbagai buah atau sayuran lainnya yang mengandung vitamin C dapat membantu meringankan sakit flu dan mempercepat penyembuhan. Namun, disarankan untuk tidak mengonsumsi vitamin C terlalu banyak dalam sehari karena tubuh tidak dapat menyimpan vitamin C. Oleh karena itu, konsumsi setiap harinya dengan takaran secukupnya.

VitaminC Tidak Perlu Minum Obat, 7 Makanan Ini Bisa Meredakan Flu.jpg
Photo Source: pexels.com

6. Madu

Rasanya yang legit dan manis tidak kalah dengan kasiat yang terkandung dalam madu. Madu dapat melegakan tenggorokan dengan melapisinya serta menyembuhkan iritasi. Berikan tubuh sesendok madu jika gejala flu yang dialami diikuti dengan batuk, madu terbukti mampu meringankan frekuensi batuk hingga 50%. Kandungan antioksidan juga terdapat dalam madu, sehingga dapat membantu menjaga sel tubuh dari kerusakan.

Lihat harga promo madu dari berbagai supermarket!

Madu Tidak Perlu Minum Obat, 7 Makanan Ini Bisa Meredakan Flu.jpg
Photo Source: pixabay.com

7. Yogurt

Kandungan pada yogurt cukup istimewa sehingga dipercaya dapat meredakan gejala flu. Yogurt mengandung probiotik yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menekan tumbuhnya bakteri jahat. Zinc juga terdapat pada yogurt sehingga dapat memenuhi kebutuhan zinc dalam tubuh. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi yogurt, tubuh memperoleh tambahan energi yang berasal dari kandungan karbohidrat pada yogurt.

Lihat harga promo yogurt dari berbagai supermarket!

Yogurt Tidak Perlu Minum Obat, 7 Makanan Ini Bisa Meredakan Flu.jpg
Photo Source: pixabay.com

Nah, 7 makanan atau minuman di atas cukup untuk dikonsumsi sebagai alternatif obat sakit flu. Perlu diingat, konsumsi makanan tersebut dengan secukupnya, tidak dianjurkan untuk berlebihan. Yang terpenting, kebutuhan nutrisi yang hilang akibat gejala flu dapat cepat terpenuhi.

Jika pembaca sedang sakit, semoga lekas sembuhnya. Apakah Anda punya saran makanan atau minuman lainnya sebagai pereda flu? Beri tahu kami pada kolom komentar di bawah ini, ya.

Mari ber-hemat.id.

Referensi:
alodokter.com
health.com
health.detik.com
lifestlye.kompas.com