Cara Mencuci Sayur dan Buah dengan Benar dan Aman

Sayur dan buah wajib dicuci sebelum diolah menjadi hidangan ataupun disantap mentah-mentah. Makanan sehat ini dapat menjadi jahat jika tidak dicuci dengan benar yang memungkinkan terkontaminasi dengan kuman.

Mungkin masih terdapat sisa pestisida atau bakteri yang menempel pada sayur dan buah yang dijual di supermarket atau pasar. Hal tersebut dapat memicu gejala keracunan untuk sistem kekebalan tubuh yang lemah jika sayur dan buah tidak segera dibersihkan.

Lihat juga harga promo sayuran dari berbagai supermarket!

Pemilihan sayur dan buah saat berbelanja juga penting untuk diperhatikan. Pastikan Anda periksa tanggal kedaluwarsa dan pilihlah produk yang diletakan di alat pendingin. Setelah Anda sampai di rumah, segeralah cuci sayur dan buah yang baru saja Anda beli dengan cara seperti berikut ini:

Mencuci Tangan.jpg
Photo Source: pexels.com

1. Cuci tangan Anda

Bakteri yang melekat pada tangan dapat mengontaminasi sayuran atau buah. Oleh karena itu sebelum memegang sayuran atau buah, hendaknya Anda cuci tangan terlebih dahulu. Lakukan juga hal ini setelah Anda membersihkan sayuran atau buah.

Potong Sayur.jpg
Photo Source: pexels.com

2. Potong bagian yang rusak

Pisahkan sayur atau buah dari bagian yang rusak, seperti bagian yang berwarna gelap, lembek, atau semacamnya. Hal ini berguna untuk mengantisipasi jika terdapat ulat atau organisme lainnya.

Aliran Air.jpg
Photo Source: freepik.com

3. Gunakan air yang mengalir

Sangat dianjurkan untuk mencuci sayur atau buah di bawah air yang mengalir. Anda dapat menggunakan produk sabun pembersih atau bahan alami seperti cuka ataupun lemon untuk membersihkan jenis sayuran tertentu seperti brokoli dan kembang kol.

Lihat juga harga promo sabun cuci piring dari berbagai supermarket!

Bagian Yang Kotor.jpg
Photo Source: freepik.com

4. Bersihkan bagian yang kotor serta permukaannya

Bersihkan sayur atau buah secara menyeluruh, terutama bagian yang kotor dan permukaannya. Jika memiliki tekstur permukaan yang lembut, bersihkan dengan tangan dan pastikan tidak merobek kulit atau semacamnya. Jika terdapat kotoran yang keras, Anda dapat menggosoknya dengan sikat secara halus.

Keringkan Sayur.jpg
Photo Source: pexels.com

5. Bilas dan keringkan

Pastikan sayur atau buah sudah bersih dari kotoran, lalu bilas dan keringkan dengan handuk bersih atau tisu. Setelah kering, simpan dalam wadah yang bersih lalu masukan ke dalam lemari pendingin untuk menjaga kesegaran dan keamanannya. Jangan letakan terlalu dekat dengan daging atau makanan laut untuk menghindari kontaminasi. Begitu juga dengan pengolahannya, pilih peralatan memasak khusus sayur atau cuci hingga bersih peralatan memasak bekas makanan lainnya sebelum dipakai untuk sayur.

Baca juga Buah dan Sayur yang Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas.

Mencuci sayur atau buah seperti di atas lumayan memakan waktu, namun demi kesehatan, kenapa tidak? Yuk, hidup sehat dengan mencuci dan mengolah sayur atau buah dengan benar dan aman sehingga terhindar dari kuman maupun bakteri!