Tips Dan Trik Mengolah Daging

Sehubungan dengan Iduladha atau Hari Raya Kurban yang dirayakan oleh setiap muslim, ini adalah saat yang tepat untuk membahas tips dan trik yang berhubungan dengan daging. Sebagian besar orang di berbagai kalangan sedang menikmati daging. Agar Anda tidak salah dalam mengolahnya lebih baik baca dulu tips dan triknya berikut ini  :

1. Daging dibersihkan

Sumber gambar: IDN Times

Daging yang Anda dapatkan dari pembagian hewan kurban tentu berbeda dengan daging-daging yang dijual di etalase toko. Dagingnya pasti dalam keadaan sedikit kotor. Untuk menghilangkan kotorannya, Anda bersihkan saja kotoran yang menempel pada daging tanpa dicuci, karena daging mentah yang dicuci dapat meningkatkan penyebaran bakteri di dapur. Dan pastikan mencuci tangan Anda dengan sabun cuci tangan yang mengandung anti bakteri sebelum dan setelah menyentuh daging mentah.

Gunakan talenan yang berbeda untuk daging mentah dan sayuran serta buah-buahan agar bakteri tidak ikut tersebar ke makanan lain.

2. Disimpan atau langsung diolah

Sumber gambar: br.depositphotos.com

Jika daging akan disimpan, lebih baik daging dibagi ke dalam beberapa bagian dan sudah dipotong dengan ukuran yang sesuai dengan masakan yang akan menggunakan daging tersebut. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mengolahnya nanti.

Simpan potongan-potongan daging dalam zipper bag yang diletakkan di atas tray atau nampan untuk menampung darah yang masih tersisa di daging. Hal ini dilakukan agar daging tidak mencemari isi kulkas dan membuat kulkas bau.

Jangan lupa untuk menamai atau memberi tanda pada setiap kantong-kantong daging tersebut, misalnya diberi keterangan jenis daging tersebut dan akan diolah menjadi apa pada bagian depan zipper bag.

3. Saat akan diolah

Sumber gambar: belitung.tribunnews.com

Saat akan mengolah daging yang disimpan dalam freezer, pindahkan daging di kulkas bawah atau chiller beberapa jam sebelum Anda mengolahnya. Menggunakan microwave atau merendam daging dalam air dapat menyebabkan kualitas daging berkurang serta jika dilihat dari kebersihannya juga jadi kurang baik karena ditakutkan daging tercemar bakteri.

Menikmati daging tidak harus selalu menunggu Idulfitri atau Iduladha karena di hemat.id Anda dapat memperoleh info harga promo yang pastinya tidak membuat kantong bolong. Pada situs hemat.id menampilkan harga promo dari berbagai supermarket dan hypermarket di daerah Anda. Jadi tunggu apa lagi jangan sampai Anda ketinggalan harga promonya.

Lihat harga promo daging terhemat dari berbagai supermarket di hemat.id!

Daging memang nikmat untuk disantap, baik dibakar, di olah menjadi gulai ataupun sop. Tapi jika tidak dengan takaran yang benar, frekuensi makan yang terlalu sering, ataupun cara pengolahan yang salah, maka apa yang Anda makan dapat berubah menjadi penyakit.

Mengonsumsi daging dapat memberikan beberapa manfaat bagi tubuh Anda, yaitu memperoleh protein yang tinggi, antidepresan alami, mencegah keroposnya tulang, baik untuk jantung, kaya akan fosfor, mengandung selenium, meningkatkan kerja sistem metabolisme tubuh dan kaya akan niasin. Jadi, dapatkan manfaatnya dengan mengonsumsi daging sewajarnya.

Bagikan cara Anda dalam mengolah daging atau Anda juga bisa membagikan rahasia dalam mengolah daging yang Anda dapatkan dari nenek atau orang tua Anda yang belum banyak diketahui orang. Tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Semoga Bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :
liputan6.com/health/read/2412766/mencuci-daging-dan-ayam-mentah-ternyata-berbahaya
vemale.com/tips-dapur/113247-agar-olahan-daging-rendang-empuk-sempurna-begini-tispnya.html
wanitaindonesia.co.id/index.php?view=viewarticle&id=17040229