Tips Hemat Untuk Yang Suka Jajan

Siapa yang tidak suka jajan? Mungkin sebagian besar dari kita akan mengacungkan tangan. Siapa yang tidak suka membeli camilan seperti pisang nugget yang diberi topping strawberry dan keju atau membeli ubi bola-bola, yang harganya bisa dibilang tidak terlalu mahal.

Dari kisaran harga Rp 10.000 – Rp 20.000, kita sudah bisa memakan cemilan yang rasanya enak. Jika dibeli seminggu sekali, mungkin pengeluaran untuk camilan ini tidak akan terasa tapi jika dilakukan seminggu bisa 2-3 kali maka akan menjadi masalah bocor halus dalam keuangan keluarga Anda.

Berikut beberapa tips yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda agar tetap bisa jajan tapi tidak membahayakan keuangan keluarga Anda :

1. Membuat sendiri dirumah

Sumber : kokienom.blogspot.com

Dengan membuat sendiri dirumah pastinya Anda bisa membuat lebih banyak dan lebih menghemat pengeluaran, apalagi Anda bisa menggunakan sisa bahan yang sudah di gunakan untuk membuat camilan lain.

Anda pun bisa berkreasi dengan membuat camilan dari bahan makanan sisa, seperti nasi dan mengubahnya menjadi cireng.

2. Membatasi diri

Sumber : Google Image

Membatasi pengeluaran untuk camilan adalah cara paling ampuh untuk mengendalikan bocor halus, tentunya dengan dukungan dari keluarga. Tetapkan bahwa kita hanya mengeluarkan budget untuk camilan misalnya sebesar Rp. 50.000 seminggu dan beri pengertian pada anggota keluarga Anda yang lain untuk mengikuti aturan ini agar kita tidak mengalami krisis keuangan di akhir bulan.

3. Sedia payung sebelum hujan

Sumber : Pinterest

Jika Anda sudah tahu jika anggota keluarga sering merasa lapar di tengah hari, Anda perlu mempersiapkan camilan yang sudah Anda beli jauh-jauh hari. Misalnya seperti roti tawar, crackers, atau makanan kering lainnya, hal ini bisa menghindari pengeluaran yang lebih banyak saat Anda harus keluar rumah dan membeli camilan tapi karena dalam keadaan lapar pasti Anda atau anggota keluarga ingin membeli lebih banyak.

4. Camilan yang membuat kenyang lebih lama

Sumber : Aladokter

Selain dari segi keuangan kita juga perhatikan dari segi makanannya, kita bisa berikan camilan yang membuat kita merasa kenyang lebih lama seperti buah-buahan. Buah alpukat baik yang sudah di jadikan jus atau di makan langsung bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Anda juga bisa mencoba camilan seperti snack bar dan susu sereal, banyak sekali pilihan yang bisa Anda pilih dan dengan harga yang ramah di kantong. Anda bisa melihatnya di hemat.id, dimana Anda akan ditampilkan berbagai macam jenis camilan dan buah dengan harga yang sedang promo atau sedang diskon.

Anda bisa mendapatkan camilan yang sesuai dengan keinginan Anda sekaligus menghemat pengeluaran Anda untuk camilan.

5. Membuat camilan dengan resep yang sedikit

Sumber : Majalah Holiday

Sudah banyak sekali resep cemilan yang bisa Anda tiru baik Anda bisa melihatnya di youtube maupun di mencari nya di google, misalnya kue cheese cake dengan bahan-bahan yang mudah di dapat dan harganya murah atau kue coklat dengan 3 bahan saja.

6. Membawa makanan sendiri dari rumah

Sumber : http://www.cbc.ca/parents/

Cara lain agar pengeluaran untuk jajan lebih hemat adalah dengan membawa camilan sendiri dari rumah, baik camilan yang di buat sendiri dari rumah atau membeli camilan dari warung yang biasanya lebih murah. Dan jangan lupa juga membawa air minum yang cukup, untuk anak-anak lebih baik Anda selalu menyediakan mereka air putih saja karena air putih lebih baik dari pada Anda menyediakan air teh atau air yang manis lainnya.

Jadi saat Anda mengajak anak Anda untuk bermain di taman bermain atau jalan-jalan yang pastinya akan banyak sekali tempat untuk jajan, Anda bisa mengeluarkan camilan yang sudah Anda siapkan dan Anda bisa membelikan mereka ice cream saat akan pulang.

Apa cara Anda dalam menyiasati keinginan Anda dan keluarga untuk jajan tapi keuangan tetap aman? Jajan memang menyenangkan, tapi jika tidak di rencanakan dengan baik kebiasaan jajan ini bisa membawa krisis keuangan di tanggal tua dan bisa membawa Anda terpaksa berhutang.

Jika direncanakan dengan sebaik mungkin Anda bisa tetap bisa jajan dan keuangan keluarga Anda tetap aman, hal ini akan lebih menyenangkan dari pada “bersenang-senang dahulu baru sakit kemudian”

Semoga bermanfaat dan terima kasih.