Tips Liburan Naik Pesawat Terbang Dengan Balita

Sekarang kebanyakan dari orang tua yang akan mengajak anaknya untuk berlibur lebih memilih untuk menaiki pesawat, hal ini di karenakan harganya yang sekarang terjangkau, nyaman dan yang pasti lebih cepat. Apalagi orang tua yang bekerja, mereka pasti hanya memiliki waktu yang terbatas, jadi menaiki pesawat adalah satu-satunya solusi agar liburan berjalan sesuai dengan rencana. Tapi jika anda baru pertama kali mengajak balita menaiki pesawat ada beberapa tips yang harus anda tahu agar perjalanan anda tidak berubah jadi bencana :

  1. Jadwalkan waktu penerbangan di jam mereka tidur. Waktu saya terbang bertiga saja dengan 2 balita (1 tahun dan 3 tahun) saya ambil waktu terbang paling pagi. Mungkin ini cocok untuk penerbangan yang hanya memakan waktu sekitar 30 menitan, dengan rute dari Jakarta ke Palembang. Jadi mereka akan tidur di sepanjang perjalanan.
14012014002.jpg
Kegiatan Anak di Ruang Tunggu

2. Walau anda sudah memesan waktu di jam mereka tidur, terkadang si kakak terbangun dan penasaran dengan keadaan sekitar. Jadi tugas anda memberikan hiburan kepada si kakak, dengan membawa mainan kesukaannya seperti ipad (bawa mainan yang tidak bersuara keras) atau memberikan mainan yang baru anda beli jadi anak akan sibuk dengan mainan.

Snack untuk anak

3. Bawa makanan atau snack yang cukup untuk anak. Waktu itu saya membawa makanan yang banyak antisipasi anak rewel saat take off dan landing, tapi ternyata anak jadi tidak terlalu tertarik dengan banyaknya makanan yang saya bawa. Makanan yang tidak di makan jadi tambahan beban bawaan saya dan cukup merepotkan.

Tips : Ajak anak memilih makanan yang dia mau dan berukuran kecil.

4. Jangan menutup kuping anak, ada baiknya saat akan take off dan landing berikan makanan atau berikan susu agar anak tidak menjadi rewel.

5. Jangan bawa terlalu banyak barang yang akan dibawa ke kabin pesawat, jika anda terlalu sibuk dengan bawaan anda. Anda akan kerepotan memegang si kakak (pastikan adik di gendongan kangguru, jadi anda lebih leluasa) anda tidak mau kehilangan atau jangan sampai si kakak berlari kesana kemari dan anda sulit untuk mengawasinya. berikut barang yang wajib ada :

  • Tas Pribadi anda yang pasti isinya tiket, dompet, hp, dll
  • Tas anak-anak yang isinya : Tissue basah, tissue kering, susu anak, snack, baju ganti satu anak satu stell baju ganti, diapers dan mainan

Tips : Disarankan memakai gendongan Haanaro, nyaman dipundak ibu dan bayinya pun nyaman dan hangat

Pakaian Nyaman untuk Balita
Contoh pakaian yang nyaman untuk balita

6. Bawa jaket buat semuanya. Jangan sampai anak sudah hangat dengan jaketnya mamanya kedinginan karena lupa dengan jaketnya, hal ini pun akan membuat anda jadi lupa dengan anak karena sibuk memikirkan dinginnya di dalam pesawat dan kenapa sampai lupa membawa jaket. Berikan anak pakaian yang nyaman, dan tertutup. Tambahkan juga topi agar anak tetap hangat.

Stroller Lipat
Stroller Lipat

8. Jika perlu bawa stroller untuk kakak, waktu itu saya mempunyai pengalaman yang kurang menyenangkan. Ayu anak ku yang pertama tidur, sedang saya pun masih ada tas yang di bawa. Sedangkan saya sendirian, jadi mau ga mau saya harus membangunkan anak saya dan menyuruhnya berjalan. Dengan mata yang masih mengantuk dan sedikit merengek kakak harus berjalan, lumayan jauh. Jadi sekarang jika saya pergi hanya bertiga dengan anak, saya akan membawa stroller. Biasanya stroller akan dititip ke bagasi atau diletakkan di kabin jadi saat kita keluar stroller akan di bawa turun pesawat untuk bisa kita gunakan untuk membawa si kakak. Kalaupun kita harus naik bis lagi, banyak petugas disana. Mintalah tolong pada mereka untuk menaikkan strollernya ke bis.

Itulah beberapa tips berdasarkan pengalaman pribadi saya dan berdasarkan pencarian saya di google, silahkan bagikan juga pengalaman anda saat berliburan dengan anak. Semoga bermanfaat dan terima kasih