Resep Pempek Tunu atau Pempek Panggang Khas Palembang

Kali ini saya akan membagikan salah satu resep makanan favorite saya (sepertinya semua makanan Palembang itu makanan favorite saya..hehehe). Dijamin sekali anda mencoba membuat sendiri anda akan sering membuatnya di rumah, karena kalau bikin sendiri kita bisa dapat banyak, kenyang dan puas. Bahan-bahannya pun mudah dicari dan karena makanan ini ada ikannya jadi bagus dimakan sama anak-anak.

Di Palembang sendiri seringnya disebut pempek panggang dibanding disebut pempek tunu, mungkin lebih gampang untuk diingat. Pempek panggang ini paling enak disajikan sore hari dan saat turun hujan, disajikan hangat dan pedas…super enaknya. Apalagi tinggal makan….tambah enak makannya

Dulu waktu SD saya sering sekali makan pempek panggang ini, bisa dibilang hampir setiap hari. Jaman SD dulu harga satu pempeknya masih Rp. 25 perak, wew..keliatan banget tua nya. Berikut resepnya :

Bahan :

500 gram ikan Tenggiri/kakap/sarden/gabus yang sudah di giling

3 ½  sdt Garam

4 sdt gula pasir

1 sdm minyak goreng

2 buah putih telur

225 gram tepung sagu

 

Bahan Isian :

100 gram ebi yang sudah disangrai dan dihaluskan

100 gram cabai rawit hijau yang sudah dihaluskan

100 gram kecap manis

 

Cara Buat :

  1. Masukkan ikan tenggiri, garam, gula pasir, air, putih telur, minyak goreng dan tepung sagu di satu wadah. Aduk dengan sendok kayu sampai adonan rata.
  2. Setelah rata ambil adonan bentuk menjadi bulat lalu pipihkan. Besarnya tergantung selera tapi disarankan jangan terlalu tebal. Agar proses memasaknya bisa cepat.
  3. Siapkan panggangan, lalu panggang sambil di bolak-balik. Lama pemanggangan pun tergantung selera, ada yang suka setengah matang tapi ada juga yang suka pempek matang sempurna.

Tips :

– Jika menggunakan oven  sebaiknya pakai api bawah saja, dan tetap di bolak balik.

– Jika memakai panggangan yang diletakkan di kompor sebaiknya pakai api kecil saja.

– Jika menggunakan teflon, panaskan teflon terlebih dahulu, gunakan api kecil saja. Panggang pempek tunu hingga semua permukaan masak dan jangan lupa di bolak-balik.

  1. Setelah pempek tunu matang, ambil satu pempek lalu belah tengahnya tapi jangan sampai putus. Setelah itu masukkan isian ebi, cabe dan kecap ditengahnya.

Tips : ada juga yang suka makan pempek tunu ini dengan cuka, ditambah dengan irisan timun dan taburi dengan ebi. Saya pribadi lebih suka dengan ebi, tapi berhubung tidak ada ebi yang ada cuka ya udah makan dengan cuka pun tetap enak. Semua tergantung selera.

Pempek Tunu
Pempek Tunu

Bagaimana gampang bukan, tidak banyak bahan dan pembuatannya juga relatif cepat.  Untuk shared masakan dan saran silahkan tulis di komen bawah ya…Selamat Mencoba.