Tips Membawa Anak-Anak Berkendaraan Jauh Ke Luar Kota

Liburan, mudik atau kunjungan kerumah kerabat yang lokasi nya lumayan jauh adalah saat yang menyenangkan, bertemu orang tua dan kerabat yang mungkin sudah lama tidak berjumpa. Tapi perjalanan jauh dengan membawa anak-anak (dalam hal ini 4 dan 7 tahun), mungkin akan jadi menantang jika anda tidak tahu trik nya dan tidak melakukan persiapan yang matang. Apalagi sampai tidak membawa perlengkapan yang tepat, karena perjalanan yang jauh dapat membuat lelah buat semua orang. Anak-anak yang merengek dan anak akan merasa cepat bosan. Saya membagikan pengalaman pribadi dan beberapa rangkuman tips dan trik untuk membuat suasana menyenangkan dengan persiapan yang matang tanpa anak menjadi rewel di jalan :

Persiapkan Kendaraan pada Kondisi Prima

Persiapan pertama adalah mempersiapkan kondisi kendaraan. Cek seluruh kesiapan dan perlengkapan wajib dalam kendaraan seperti segitiga pengaman, dongkrak, senter, tanda segitiga jika kita harus menepi dipinggir jalan pada malam hari hingga ban cadangan. Jangan lupa ganti oli mesin agar nyaman di jalan.

 

Packing

Siapkan satu tas kecil yang berisi : Baju ganti anak : 1 stel Pampers plastik 4-5 buah (untuk pampers yang sudah dipakai atau untuk baju kotor) tissue basah perlengkapan mandi anak : sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, hand body, bedak, handuk kecil. Dengan menyiapkan tas khusus seperti ini, akan lebih mudah untuk diraih daripada harus membongkar tas besar. Sesuaikan barang bawaan dengan berapa hari kita berencana berlibur dan kondisi tempat kita akan berlibur.

Membuat Tempat Tidur di Mobil

Jika anda belum punya budget untuk membeli kasur angin yang harga nya diatas Rp. 500.000-an anda bisa membuatnya sendiri dari tumpulan koper-koper dan beberapa bantal. Buatlah tumpukkannya rata dengan kursi agar anak bisa tidur dan ada ruang gerak untuk anak, tapi bersihkan berkala setiap kali anda berhenti. Agar selalu nyaman untuk di tiduri, dan tempat tidurnya bisa dipakai ayah untuk istirahat juga. diluar negeri hal ini sangat tidak di sarankan karena pada dasarnya tidak aman, tapi di sebagian kita pada umumnya merasa membeli car seat itu lumayan mahal dan kebanyakan anak-anak yang  tidak terbiasa duduk diam akan menolak untuk di dudukkan di car seat dan di pasangi sefty belt. contoh anak-anak saya yang lebih memilih tiduran seperti di kasur, jadi kita sebagai co-driver lah yang harus aktif mengurusi driver dan anak-anak. Selalu cek kebutuhan mereka juga secara berkala.

Jangan lupa bawa snack dan minuman.

Makan membuat anda ada kerjaan,ada berbagai macam snack yang bisa dipilih. atau anda bisa membuat sendiri seperti membuat donat. Jangan lupa juga membawa air mineral 1 orang 1 botol minuman, tidak hanya air mineral ada banyak pilihan minuman yang bisa anda bawa seperti :

  • Minuman kopi
  • Jus kotak
  • Minuman yogurt
  • minuman energi untuk ayah
  • Minuman teh
  • Atau mungkin minuman menyegarkan lainnya

Sediakan Musik atau Film yang Mereka Sukai,

Ini sangat ampuh untuk mengalihkan perhatian anak dari perjalanan yang jauh. Bawa juga barang favorit anak, mis. selimut, mainan, atau persiapkan aktivitas menarik untuk anak anda lakukan di dalam mobil.

 

Jadwalkan Waktu Berangkat

Suami saya lebih suka kami memulai perjalanan di waktu malam atau subuh. Karena itu jam anak-anak tidur minimal dari tangerang kami akan sampai di merak pada pagi hari pas dengan jam anak-anak bangun.

Perhatikan waktu Buang Air

Jika anak sudah tidak menggunakan pampers ada baiknya anak selalu ditanya apakah mereka mau ke kamar mandi atau tidak, karena anak saya yang berumur 6 tahun suka menahan untuk buang air kecil (entah kenapa). Saat sudah kebelet baru ngomong….itu akan sangat merepotkan, apalagi jika rest area masih jauh dan kita berada di daerah yang sepi. Jika ada bawa potty portabel atau yang biasa, pengalaman saya saat anak ingin buang air besar biasanya saya melapisi potty dengan plastik di atasnya agar anak bisa pup dan potty tetap bersih. Jangan lupa juga membawa air keran untuk cuci tangan dan membersihkan anak setelah mereka buang air.

Aktifkan Child Lock

Aktifkan child lock baik untuk jendela maupun pintu belakang agar anak-anak tidak bisa membuka dan memainkannya. Pastikan semua beroperasi dengan sempurna sebelum memulai perjalanan.

Tirai Khusus Mobil

Untuk melindungi anak-anak atau penumpang di kursi belakang dari sinar matahari, tidak ada salahnya mobil anda dilengkapi dengan tirai khusus mobil. Tirai ini berguna untuk menghindari anak-anak dari paparan sinar matahari secara langsung. Jangan menggunakan kain yang diselipkan di kaca mobil. Selain berbahaya juga terlihat kurang estetis. Akan lebih baik lagi jika mobil sudah dilengkapi dengan kaca film anti UV

Obat-Obatan dan P3K

membawa obat-obatan dan yang dibutuhkan, seperti antimo anak dan dewasa, obat masuk angin, P3K, dan obat yang butuh di minum secara rutin oleh salah satu anggota keluarga

Berhati Hati dan Persiapan Matang

persiapan yang matang sekali pun jika musibah datang kita tidak akan tahu. jadi hal yang terbaik adalah setelah persiapan matang adalah berdoa dan drive save. Semoga bermanfaat..

Itulah persiapan yang biasa saya lakukan, adakah yang sama atau mungkin ada beberapa pengalaman unik saat mudik atau dalam perjalanan jauh bersama anak-anak atau keluarga…silahkan shared dikolom komentar. Semoga perjalanannya menyenangkan dan selamat sampai tujuan