Tips Membeli Furniture Untuk Pasangan Baru Menikah

Bagi pasangan baru menikah, berbelanja furniture untuk mengisi rumah baru bersama merupakan hal yang menarik dan menyenangkan pasti ya. Memilih furniture bersama pasti akan meninggalkan memori tersendiri bersama pasangan. Pasangan baru menikah pasti inginnya melakukan segala sesuatu bersama bukan? Saya pun dulu begitu, hehe.

Tapi karena masih baru mulai membangun keluarga kecil, biasanya terjadi beberapa kesalahan dalam memilih furniture untuk mengisi rumah. Entah dari segi fungsi, ukuran, model, warna dan sebagainya. Kalau dipikir kembali, beberapa barang yang saya beli di awal pernikahan terasa tidak terlalu penting dan bermanfaat sekarang. Memang waktu akan mendewasakan kita dalam memilih dan memutuskan sesuatu ya Sahabat Hemat. Selain itu selera kita untuk menata rumah pasti berubah seiring berjalannya waktu. Karena itu saya ingin berbagi pengalaman saya tentang do and don’t saat memilih dan membeli furniture untuk mengisi rumah baru. Semoga bermanfaat sebagai pertimbangan Sahabat Hemat yang sedang berencana membeli furniture baru.

A. Lokasi Rumah

Lokasi rumah bisa menjadi pertimbangan saat Anda membeli furniture mengingat umumnya furniture berukuran besar. Misalnya Anda tinggal di daerah yang akses ke toko furniture agak jauh karena suami bekerja di daerah tersebut, pilihan online shop bisa menjadi jalan keluarnya. Tanpa perlu pergi jauh keluar rumah, Anda bisa berbelanja hanya lewat handphone dan menunggu pesanan tiba. Pilihan barang juga banyak karena bisa mengakses berbagai jenis toko.

Jika akses ke toko mudah, membeli furniture secara langsung juga hal yang menyenangkan. Memilih dan melihat detail barang bersama pasangan bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, bahkan jika beruntung Anda bisa meminta potongan harga langsung kepada pemilik toko. Tapi pilihan pasti terbatas di toko yang anda datangi saja. Jadi semua itu balik lagi ke pilihan masing – masing Sahabat Hemat. Anda bisa melakukan survey barang dan harga lebih dulu di website hemat.id, mencari promo yang sedang berjalan, membuat wishlist di aplikasi kliptalog lalu berbelanja ke toko sesuai daftar yang Anda buat bisa mempermudah Sahabat Hemat dalam memetakan kebutuhan dan merencanakan proses hunting furniture.

Perbandingan berbelanja online dan offline
Klik pada gambar untuk memperbesar

B. Ukuran Rumah

Terlepas rumah Anda merupakan rumah pribadi, apartemen, atau rumah sewa, ukuran rumah harus dipertimbangkan sebelum memilih furniture agar ukuran furniture sesuai. Sebaiknya membeli furniture yang tidak terlalu besar sehingga rumah tidak terasa sempit dan penuh, tapi tetap bisa mengakomodasi kebutuhan pemilik rumah. Jika Anda tinggal di apartemen, pastikan furniture yang anda beli memiliki akses untuk dibawa kerumah anda. Jika aksesnya sulit dan furniture anda terlalu besar, bisa dipertimbangkan opsi untuk memilih furniture model knocdown sehingga furniture bisa dibongkar dan dirakit kembali sehingga mudah untuk dipindahkan. Tapi pastikan anda membeli furniture knockdown ke ahlinya atau toko yang terpercaya. Sehingga saat Anda harus memasangnya sendiri prosesnya tidak sulit. Selain itu furniture knockdown harus dibuat dengan teliti oleh orang yang memang ahli agar nyaman saat digunakan karena jika sambungan antar bagian furniture tidak pas, maka furniture tidak akan nyaman digunakan. 

C. Konsep Design Interior Rumah

Jaman sekarang ada banyak sekali konsep design interiror rumah yang bisa dipilih. Tidak seperti jaman Ayah – Ibu Saya dulu yang mengisi rumah dengan barang – barang yang diperlukan namun bercampur model dan warnanya. Jaman sekarang orang –  orang biasanya memiliki konsep rumah yang lebih jelas dan tertata. Untuk rumah saya sendiri sebenarnya tidak memiliki konsep yang terlalu pakem, tapi intinya adalah minimalis. Saya berusaha menerapkan nuasa berwarna putih untuk hampir semua barang baru yang saya beli dan meminimalkan jumlah barang yang ada dirumah. Konsep ini sebenarnya baru saya terapkan di tahun keempat pernikahan saya, sehingga banyak juga barang yang tidak sesuai warna dan fungsinya dengan konsep ini. Saya akan tetap menggunakan barang yang ada jika secara fungsi masih terpakai, lalu mengganti sisanya dengan yang lebih fungsional dan sesuai dengan konsep yang saya pakai dirumah saya sekarang. 

Ada banyak sekali konsep design interior rumah yang bisa Sahabat Hemat gunakan untuk menata rumah Anda. Berbagai design ini bisa disesuaikan dengan selera anda dan pasangan. Beberapa konsep design interior yang populer adalah skandinavia, modern, vintage, shabby chic, bohemian, kontemporer, industrial, minimalis, rustic dan lain sebagainya. Saya berencana perlahan mendekorasi rumah dengan konsep skandinavia yang memiliki kesan clean, hangat dan elegan. Biasanya konsep ini memakai perabotan berwarna putih dengan kombinasi warna earth tone. Salah satu contoh furniture yang bisa anda gunakan jika ingin mengisi rumah dengan konsep ini adalah Jade Dining Set. Meja makan dengan perpaduan warna putih dan kayu oak ini akan memberikan kesan bersih dan hangat untuk rumah anda.

Meja Makan Minimalis Jade Dining Set
Cek Jade Dining Set Disini

Pesan Jade Dining Set disini

Beli Jade Dining Set di Courts BTM

Beli Jade Dining Set di Courts Bintaro

Beli Jade Dining Set di Courts Ciledug

Beli Jade Dining Set di Courts Megastore KHI

Beli Jade Dining Set di Courts MBH

D. Budgeting

Wah ini bagian yang sangat penting ya Sahabat Hemat, budgeting. Menentukan barang apa yang paling primer untuk mengisi rumah baru. Karena kebutuhan setiap pasangan pasti berbeda – beda, jadi saya tidak bisa menyarankan apa yang harus dibeli lebih dulu, semua kembali pada urgensi masing – masing. Dengan budgeting Anda bisa membuat list prioritas, lalu menentukan waktu kapan harus berbelanja, mencari promo sesuai barang yang dibutuhkan. Untuk saya pribadi, mendapatkan barang promo adalah kebahagian tersendiri karena sisa budget yang ada bisa dipakai untuk pos rekreasi atau dialihkan ke list belanja berikutnya atau ditabung.

Saling mengingatkan dengan pasangan juga sangat penting, karena mengisi rumah baru pastinya ada excitement tersendiri sehingga maunya langsung beli ini itu untuk mengisi rumah baru. Hal ini bisa menjadi masalah di kemudian hari saat Anda menemukan barang yang lebih baik dari yang sudah Anda beli dengan terburu –  buru. Saya dulu sering seperti ini, hehe hiks.

E. Multifungsi

Ini salah satu kriteria saya saat membeli barang akhir-akhir ini. Saya memiliki luas rumah yang terbatas dan saya tidak suka saat rumah saya terlihat penuh dengan barang. Jadi opsi yang paling tepat adalah membeli barang yang multifungsi sehingga saya bisa memiliki sedikit barang dengan banyak fungsi. Salah satu furniture multifungsi yang bisa Anda pilih adalah sofa bed. Yup, tidak hanya sofa, tapi bisa berfungsi sebagai tempat tidur. Entah untuk tempat bermain bayi ada saat masih kecil nanti, bisa juga menjadi tempat tidur saat ada tamu yang bermalam dirumah. Salah satu sofa bed yang bisa anda lirik adalah Moonie Sofa Bed. Sofa Bed ini dilapisi bahan kain berwarna grey yang elegan dan berkualitas dengan kaki dari kayu solid yang kuat dan kokoh dan dilengkapi Fitur Arm Rest ditengah untuk menambah kenyamanannya. 

Sofa bed kain warna abu minimalis
Cek Moonie Sofa Bed Disini

Pesan Moonie Sofa Bed disini

Beli Moonie Sofa Bed di Courts BTM

Beli Moonie Sofa Bed di Courts Bintaro

Beli Moonie Sofa Bed di Courts Ciledug

Beli Moonie Sofa Bed di Courts Megastore KHI

Beli Moonie Sofa Bed di Courts MBH

F. Manfaatkan Kado

Ini salah satu trik jitu sebelum membeli furniture baru untuk rumah Anda, memanfaatkan kado. Kado pernikahan yang sudah Anda terima bisa dimanfaatkan untuk mendekor rumah Anda sehingga bisa bermanfaat dengan baik. Biarpun kadang kado yang kita terima tidak sesuai dengan taste dan barang yang kita butuhkan. Karena itu saya pribadi kadang memilih bertanya kepada calon pengantin kira – kira barang apa yang mereka butuhkan sebagai hadiah. Jika ada pertanyaan seperti ini jangan malu atau sungkan menyatakan pendapat Anda agar kado yang Anda terima bisa bermanfaat dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dari pengalaman saya yang sungkan menyatakan pendapat, saya menerima kado dengan senang tapi juga bingung karena tidak sesuai dengan selera dan fungsi yang saya butuhkan. Jadi tidak masalah untuk jujur, karena orang yang bertanya juga pasti dengan tulus memang ingin memberikan kado terbaik sesuai yang anda butuhkan.

Menggunakan barang – barang yang sudah Anda miliki sebelum menikah juga bisa menjadi pilihan bagus. Dulu karena sebelum menikah saya tinggal dikosan sendiri, jadi perabotan saya lumayan banyak dan hampir semua terpakai setelah menikah. Jadi budget untuk belanja furniture di awal pernikahan jauh berkurang. Memakai barang yang ada sampai rusak juga bentuk tanggungjawab kita dalam mengurangi sampah dengan memperpanjang umur pakai barang tersebut.

G. Design Compact

Tips ini berdasarkan preferensi pribadi, setiap orang pasti memiliki tipe design furniture yang berbeda sesuai selera. Design compact ini akan memudahkan Anda menata furniture dan membuat rumah lebih rapi. Misalnya tempat tidur dengan laci dibagian bawah sehingga semua bagian tempat tidur bisa dimanfaatkan. Atau seperti Cazedis Dining Set yang jika disusun membentuk lingkaran Dining Set yang rapi namun tetap elegan. Warnanya pun netral sehingga mudah dipadupadankan.

Dining set minimalis dari kayu yang elegan
Cek Cazedis Dining Set Disini

Pesan Cazedis Dining Set disini

Beli Cazedis Dining Set di Courts BTM

Beli Cazedis Dining Set di Courts Bintaro

Beli Cazedis Dining Set di Courts Ciledug

Beli Cazedis Dining Set di Courts Megastore KHI

Beli Cazedis Dining Set di Courts MBH

H. Warna Netral dan Berkualitas

Tips ini mungkin tidak berlaku untuk orang yang memang menyukai warna spesifik seperti pink dan sebagainya. Jika Anda memang sudah memiliki warna utama untuk design rumah Anda, mungkin tips ini kurang bermanfaat. Tapi jika tidak memiliki warna spesifik yang disukai, memilih warna netral adalah jalan terbaik. Furniture dengan warna netral akan sangat mudah dikombinasikan dengan perabotan lain. Saya pribadi menyukai furniture berwarna putih karena membuat ruangan terlihat luas dan terang.

Pilih juga furniture yang berkualitas agar berkualitas agar umur pakainya panjang. Furniture yang berkualitas biasanya juga akan membuat proses perawatannya lebih mudah, detail yang rapi dan fungsi yang optimal.

Bagaimana Sahabat Hemat sudah memiliki gambaran untuk berbelanja furniture rumah baru Anda? Saya berharap tips diatas bisa bermanfaat ya dalam prosesnya sehingga rumah nyaman dan keren yang Anda harapkan bisa terwujud. Jangan lupa manfaatkan promo yang bisa Anda observasi di hemat.id dan buat list belanja Anda dengan mudah di aplikasi Kliptalog. Selamat berbelanja furniture baru.

Referensi

  1. Rumah.com
  2. dekoruma.com
  3. Courts.co.id

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!