Tips Memilih Keramik Lantai Teras yang Bagus

Salah satu komponen penting yang ada di teras adalah jenis keramik pada lantai teras. Warna dan jenis keramik menjadi faktor visual nomor satu untuk mendukung tampilan teras Anda. Tekstur keramik juga tidak kalah penting karena jika salah memilihnya bisa mengurangi nilai dan fungsi teras. Bagaimana kriteria jenis warna dan tekstur keramik yang cocok untuk lantai teras? Yuk disimak artikelnya.

Kesalahan dalam memilih keramik teras

Tidak semua jenis keramik dapat dipasang di teras, karena area teras memerlukan keramik yang memiliki daya tahan yang kuat dari panas matahari, hujan, maupun debu.

Jenis keramik yang kurang cocok untuk teras yaitu keramik glossy. Keramik ini lebih cocok dipasang di lantai area tertutup atau di dalam rumah. Sedangkan untuk area yang rawan basah dan sering terkena matahari seperti teras, lebih cocok menggunakan keramik dengan tekstur yang lebih kasar.

Salah dalam memilih warna dan motif juga dapat menyebabkan tampilan teras jadi terlihat sempit, terlalu mencolok, atau seperti area yang tidak menyatu dengan keseluruhan konsep rumah.

Tips memilih keramik teras

Berikut tips yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum menjatuhkan pilihan pada keramik untuk teras:

Jenis keramik

Keramik porselen merupakan salah satu jenis keramik yang aman digunakan di luar ruangan karena daya tahan dan kekuatannya sudah teruji, keramik jenis ini juga mudah untuk di pasang, mudah dalam perawatannya dan mudah untuk di bersihkan.

Ukuran keramik

Berikut panduan memilih ukuran keramik lantai secara umum dan ruangan yang cocok untuk dipasangkan :

Ukuran Keramik Cocok untuk Ruang
  • 20 x 20cm
  • 20 x 25cm
  • 20 x 40cm
  • 25 x 25cm
  • 25 x 40cm
  • 25 x 50cm
dinding dan lantai kamar mandi
  • 30 x 30cm
  • 30 x 60cm
cocok untuk berbagai ruangan, baik indoor maupun outdoor ruangan
  • 40 x 40cm
ruang tamu, dapur dengan konsep terbuka, dan hampir semua ruangan dengan ukuran sedang
  • 50 x 50cm
  • 60 x 60cm
teras, kamar, ruang tamu, dan hampir semua bagian rumah baik di dalam maupun luar ruangan

Pola keramik

Memilih pola atau motif keramik untuk lantai Anda bisa berpengaruh dengan tampilan ukuran ruangan juga lho.

a. Keramik pola hexagonal

keramik hexagonal by Ambiente European Tile Design

Ingin menonjolkan kesan minimalis tapi tetap ingin terlihat unik pada teras rumah Anda? Maka Anda dapat memilih keramik dengan pola hexagonal ini, keramik ini tahan terhadap goresan dengan tingkat penyerapan air yang rendah. Sehingga sangat cocok untuk area luar rumah, saat tergenang air pun lantai ini tidak akan licin.

b. Keramik industrial

keramik industrial by pinterest

Keramik jenis ini akan memberikan kesan tegas dan maskulin saat tertangkap mata orang yang melihat, keramik seperti ini cocok dipadu dengan material dinding ekspos seperti batu bata atau semen agar teras jadi lebih “eye catching”.

c. Keramik pola bunga

keramik motif bunga by china eyes

Keramik dengan pola jenis ini akan memberikan visual yang indah di pandang mata dan memberi kesan nyaman pada teras.

d. Keramik pola kayu

Sumber : id.pinterest

Untuk Anda yang menyukai suasana alami seperti di perdesaan, maka pemilihan ubin dengan efek kayu cocok untuk di terapkan pada teras rumah Anda. Kesan hangat akan langsung menyambut siapa pun yang mampir ke teras rumah, apalagi jika dipadukan dengan keramik dinding dengan motif tanaman di salah satu dinding teras. Lalu dipercantik dengan dua atau tiga tanaman yang di letakkan di pot tanaman berwarna gelap dan berukuran sedang, kemudian di tata di sudut teras.

e. Keramik dengan pola batu

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Keramik jenis ini sangat aman di gunakan di area outdoor, karena teksturnya yang kasar jadi tidak akan licin saat hari hujan dan  memiliki daya tahan yang cukup tinggi sehingga aman dari goresan. Keramik dengan pola ini juga cocok untuk dipadukan dengan dinding dengan motif batu alam dengan warna gelap.

Warna keramik yang tepat

Perhatikan pemilihan warna keramik teras yang tepat agar matching dengan konsep rumah. Berikut tips yang mungkin bisa membantu Anda dalam memutuskan pilihan warna apa yang sesuai :

  1. Agar mendapatkan pasangan warna yang serasi, sebaiknya Anda pilih warna dingin dan cerah untuk di kombinasikan. Misalnya warna yang mengombinasikan warna-warna hangat dan kalem.
  2. Anda bisa mengambil inspirasi warna dari lingkungan sekitar area rumah Anda, bisa dari batu, rumput, ubin di bagian rumah Anda yang lain.
  3. Atau jika Anda sudah memiliki referensi set meja dan kursi teras yang Anda sukai, mungkin bisa memilih warna dan jenis pola yang serasi.
  4. Apa saja yang akan Anda letakkan di teras, dapat mempengaruhi warna yang dapat dipilih agar semua dekorasi ini jadi satu kesatuan. Misalnya permadani, cushion, kotak tanaman, atau bahkan lukisan.

Kesimpulan

Masing-masing orang memiliki selera dan kesukaan. Jadi pada dasarnya tidak ada aturan baku dalam mencampurkan warna atau batasan berapa banyak warna yang ingin Anda gunakan secara bersamaan dan pilihan pola keramik di teras Anda.

Cari inspirasi keramik teras dengan pola unik di internet jika ingin memiliki pola keramik yang lain dari pada yang lain. Anda bisa memadukan keramik motif hexagonal dengan motif kayu atau keramik motif bunga yang dipadukan dengan motif industrial.

Selagi suasana yang Anda ciptakan di sukai oleh Anda dan keluarga, maka sah-sah saja. Tapi rumah akan lebih menyatu dan cantik untuk dilihat jika teras serasi dengan konsep rumah pada keseluruhannya.

Referensi