Toko Baju Muslim di Little Bangkok Tanah Abang

Selain dikenal sebagai pusat tekstil di Jakarta, awal tahun 2024 ini pasar Tanah Abang menjadi viral kembali di media sosial karena menghadirkan inovasi kawasan komersil baru yaitu ‘Little Bangkok’. Saya sendiripun penasaran ada apa saja ya di Little Bangkok Tanah Abang? Yuk langsung saja disimak artikelnya.

Apa itu Little Bangkok Tanah Abang?

Little Bangkok adalah kawasan terbaru di pasar Tanah Abang tepatnya di blok PGMTA lantai 1 (Pusat Grosir Metro Tanah Abang). Little Bangkok baru diresmikan bulan Januari 2024. Di sini, Anda bisa merasakan sensasi belanja produk fashion modern dengan konsep seperti belanja di pasar dan mall di Bangkok. Jadi, Anda gak perlu repot-repot lagi ya terbang jauh ke Thailand, karena di Indonesia sudah ada versi lokalnya. Beberapa fakta unik tentang Little Bangkok yang membuat masyarakat penasaran adalah :

  • Little Bangkok buka setiap hari Senin-Sabtu jam 07:00 WIB sampai jam 16:00.
  • Di Little Bangkok, Anda bebas foto dan video produk untuk di jual kembali.
  • Di Little Bangkok bisa belanja sambil ‘live’ sehingga Anda bisa menjadi jastip-ers alias menjadi jasa titip beli barang lewat akun media sosial Anda.
  • Rata-rata produk di Little Bangkok berasal dari produk lokal, serta import dari Thailand dan China.
  • Beberapa toko di Little Bangkok menjual produk yang bisa dibeli dengan jumlah satuan atau semi grosir.
  • Ada free wifi untuk Anda yang ingin menjual kembali barang-barang di Little Bangkok secara langsung via media sosial.
  • Tersedia pemesanan dengan jasa kirim, jadi bagi Anda yang belanja banyak bisa menggunakan ekspedisi agar lebih mudah.

Cara ke Little Bangkok Tanah Abang

Sebagai pusat tekstil terbesar se Asia Tenggara, pasar Tanah Abang memang dikenal sangat luas dan besar. Saat pertama kali ke Tanah Abang, saya sendiri juga sempat kebingungan karena banyaknya toko dan gedung. Kini, akses ke tanah abang sudah jauh lebih mudah karena konsep yang lebih rapi dan tertata. Banyak petugas keamanan yang selalu siap dan sigap memberikan arahan untuk memberi petunjuk lokasi toko dan blok di sana. Jadi buat Sahabat Hemat yang mau ke Little Bangkok Tanah Abang, gak perlu khawatir ya. Di sini saya sajikan tutorial ke Little Bangkok Tanah Abang :

  • Naik KRL (Kereta Commuter Line) : Jika Anda dari Bogor/Depok/Pasar Minggu/Tebet dll maka naik kereta tujuan Stasiun Kota, turun di stasiun Manggarai, lalu transit pindah peron cari KRL tujuan Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, turun di stasiun Tanah Abang.
  • Dari stasiun Tanah Abang cari pintu keluar, lalu bisa naik kendaraan umum atau ojek online ke gedung Metro atau PGMTA.
  • Bisa juga jalan kaki dari pintu keluar stasiun Tanah Abang sekitar 30 menit.
  • Jika Anda turun stasiun lewat jembatan arah gedung CTA (Central Tanah Abang) bisa juga, tapi lumayan rumit karena melewati beberapa gedung dan kios, lebih baik jalan kaki lewat luar gedung tinggal lurus saja dari gedung CTA.
Gedung Metro Lokasi PGMTA dan Little Bangkok Tanah Abang (dokumentasi pribadi)
  • Setelah ketemu gedung Metro, cari lobby Fahrudin yang ada spanduk Little Bangkok, naik tangga manual lalu naik eskalator 1 lantai.
Pintu masuk Little Bangkok Tanah Abang di JMTA PGMTA (dokumentasi pribadi)
  • Dari situ sudah keliatan kawasan Little Bangkok yang tepatnya berada di jembatan PGMTA.

Ada apa saja di Little Bangkok Tanah Abang?

Suasana Little Bangkok (Dokumentasi Pribadi)

Di Little Bangkok Tanah Abang terdapat sekitar 150 tenan. Selain produk fashion dewasa, ada juga fashion anak-anak. Berbeda dengan tampilan kios lainnya, tenan di Little Bangkok menyajikan banyak display produk seperti di mall. Tenan kios di Little Bangkok juga memiliki desain yang unik dan tematik, seperti butik.

Kondisi Keramaian Little Bangkok (Dokumentasi Pribadi).
Kondisi keramaian di Little Bangkok (Dokumentasi Pribadi)

Meskipun tampilannya terkesan eksklusif, mayoritas produk dijual dengan harga yang lebih terjangkau daripada di mall. Range harga produk fashion di Little Bangkok mulai dari Rp55ribuan hingga Rp300ribuan. Beberapa tenan fashion yang sempat saya kunjungi di Little Bangkok :

1. Baju Gamis di Sundaely

Sundaely Little Bangkok (Dokumentasi Pribadi)

Produsen fashion muslim tangan pertama di Little Bangkok, menjual pakaian wanita modern yang hijab friendly. Sundaely membuat produk yang didesain dan produksinya diproses sendiri.

Sundaely Little Bangkok Tanah Abang

Banyak tunik, blouse dan gamis-gamis yang desainnya hanya mereka yang punya. Jadi Sahabat Hemat gak khawatir model bajunya bakal jadi ‘pasaran’ yaa. Tersedia pembelian secara eceran untuk pemakaian pribadi dan bisa beli semi grosir atau satu seri minimal 6pcs untuk dijual lagi.

2. Atasan Modern di Coconuts Premium

Coconuts Premium di Little Bangkok (Dokumentasi Pribadi)

Coconuts Premium menjual pakaian casual wanita seperti kaos, blouse, tunik, kemeja, oneset, sweater dan lain-lain. Beberapa pakaian ini cocok untuk bepergian santai dan juga acara resmi. Menariknya, produk Coconuts Premium menjual produk lokal. Di online storenya Coconuts Premium mem-bandrol harga mulai dari Rp45ribuan!

produk Coconuts Premium di Little Bangkok by coconutsofficial.idn

3. Vintage Dress di Shalia Amora

Shalia Amora Tanah Abang (Dokumentasi Pribadi)

Toko Shalia Amora di Little Bangkok juga punya ‘sister brand’ yaitu Toko Ami dan Mirabell Store. Ketiga Toko ini menjual berbagai pakaian wanita yang cantik dan vintage ala Jepang dan Korean style. Salah satu yang menjadi daya tarik saya di toko ini adalah menjual baju bahan linen yang terkesan netral dan simpel namun gak pasaran. Di Toko Shalia Amora bisa beli produk jumlah eceran dan grosir.

contoh produk Toko Ami di PGMTA Tanah Abang by ig @toko_ami_pgmta

4. Baju Casual di GoSipfashion

Go.sipfashion Little Bangkok Tanah Abang by ig @Go.sipfashion

Saat di Little Bangkok, toko GoSip ini juga cukup menarik perhatian. Menjual produk pakaian wanita casual yang cocok untuk daily. Ada kaos, blouse, cardigan, sweater, dress dan lain-lain. Model dan gaya baju yang simpel namun bahan bajunya gak kaleng-kaleng alias bahan bajunya lebih premium. Dari yang saya amati di akun resmi instagram @Go.sipfashion, ownernya langsung yang handle dan berbelanja langsung di China.

5. Style Modern di Lavenka

Lavenka Little Bangkok (Dokumentasi Pribadi)
Lavenka Little Bangkok (Dokumentasi Pribadi)

Salah satu toko fashion yang sempat viral ini menjual beberapa produk pakaian style modern dan casual. Cocok untuk pakaian semi resmi untuk ke kantor. Toko Lavenka ini juga merupakan supplier white label, jadi bagi Anda yang mau jual bajunya lagi bisa bikin brand sendiri lho! Anda bisa beli produk Lavenka minimal semi grosir 3pcs bisa mix model.

produk baju Lavenka by ig @lavenka_pgmta