Tips Menata Ruang Keluarga

Seiring sibuknya rutinitas, seringkali tanpa disadari waktu kebersamaan dengan orang terdekat sering terabaikan. Waktu yang bisa dihabiskan untuk dinikmati bersama hanya terbatas di akhir pekan. Namun semenjak pandemi melanda, waktu kita berada dan berkumpul di rumah menjadi lebih banyak ya Sahabat Hemat. Apa anda juga merasakan memiliki waktu lebih banyak di rumah sejak pandemi?

Diantara banyaknya cara untuk menikmati weekend bersama keluarga, selain diisi dengan aktivitas di luar rumah, aktivitas in house bisa dimasukkan ke dalam agenda akhir pekan. Berkumpul dan bersantai bersama keluarga tentu adalah hal yang menyenangkan. Ruang keluarga yang hangat dan nyaman pasti menjadi dambaan setiap keluarga, namun bagaimana cara untuk mewujudkannya? Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menata ruang keluarga. Simak penjelasan berikut ini yuk.

A. Menentukan Desain Ruang Keluarga

sumber : pexel.com

Umumnya, rumah memiliki bagian-bagian yang difungsikan sebagai ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar tidur maupun gudang. Ruang tamu dan ruang keluarga dapat dengan mudah diidentifikasi karena biasanya ada komponen sofa dan meja. 

Desain ruang keluarga juga terdiri atas banyak konsep. Baik yang dilengkapi dengan alat musik maupun dilengkapi TV dan peralatan lengkap pemutar film DVD. Seringkali dilengkapi dengan sofa yang empuk atau jenis sofa bed yang bisa difungsikan sebagai tempat untuk merebahkan badan. Ataupun sekadar beralaskan karpet bulu atau karpet karakter yang dipilih sesuai kesukaan anak.

Cek promo sofabed disini

Untuk modelnya sendiri, desain ruang keluarga bisa merupakan area berupa persegi panjang yang memanjang dan menimbulkan kesan luas. Atau berada dalam area berbentuk setengah lingkaran, atau justru hanya persegi dengan memanfaatkan penggunaan sofa minimalis.

Baca juga : Ruang Tamu Cantik Tanpa Sofa

B. Memilih Dekorasi Ruang Keluarga

Sumber : pexel.com

Seperti yang telah disebutkan bahwa desain ruang keluarga memiliki banyak konsep, dekorasinya sendiri hendaknya dipadu-padankan dengan warna dinding. Misalnya untuk ukuran ruang keluarga yang cenderung kecil dapat dipilih sofa minimalis. Jika memilih sofa dengan tipe memanjang, lalu area kosong di belakang sofa dimanfaatkan untuk meletakkan hiasan.

Baca juga : Model Sofa Ruang Keluarga Minimalis

Dekorasi lainnya bisa dilengkapi dengan menempelkan lukisan atau foto keluarga dan anggota keluarga. Anda bisa juga menggunakan sideboard minimalis di ruang keluarga untuk meletakkan buku hingga aksesoris pajangan lainnya. Ruangan bisa dipisahkan dengan penyekat berupa pintu lipat sehingga akan membuat aksen lebih luas. Area yang disekat bisa digunakan sebagai ruangan untuk beribadah hingga bermain musik.

Dekorasi lainnya adalah dengan menempatkan Televisi pada dinding atau menggunakan bracket. Tujuan adanya bracket ini adalah membuat TV Anda lebih aman dari aktivitas bermain anak-anak atau tumpahan makanan. Selain itu bisa menjadi cara untuk membuat rumah terlihat lebih luas karena TV tidak memakan tempat di area bawah.

C. Warna Cat Dinding yang Sesuai

Pengecatan dinding pada sebuah ruangan menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan untuk dipadupadankan dengan konsep rumah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal pemilihan warna dan aktivitas pengecatan dinding :

1. Memilih warna yang sesuai dengan konsep desain rumah

sumber: pexels.com

Pengecatan bisa dilakukan oleh tukang atau anda sendiri. Saya pribadi memilih mengecat rumah sendiri karena selain menghemat biaya, sebenarnya proses pengecatan itu menyenangkan dan mudah. Jika anda bingung banyak sekali tutorial proses mengecat di youtube yang bisa anda ikuti. Namun sebelum melakukan aplikasi pengecatan itu sendiri, tentunya diawali dengan pemilihan warna cat yang sesuai dengan warna furnitur yang sudah ada sebelumnya, apabila merupakan rumah yang sudah lama ditempati. Jika merupakan rumah atau apartemen yang baru, aktivitasnya dapat dikategorikan relatif lebih mudah karena tinggal menyesuaikan warna cat dengan furnitur yang akan dibeli.

Pemilihan warna ini bertujuan untuk membuat rumah lebih nyaman dan menyenangkan untuk dihuni. Tipsnya adalah memberi kebebasan berpendapat pada setiap anggota keluarga untuk mengemukakan ide dalam menentukan warna terbaik untuk diaplikasikan terutama untuk ruang pribadi seperti kamar. Warna yang menyejukkan pandangan Anda, jika dipadu-padankan dengan dekorasi yang apik akan menimbulkan kesan menyenangkan. Sehingga tiap anggota keluarga bahkan tamu yang datang akan betah untuk berlama-lama di rumah.

2. Proses re-colouring warna cat rumah

Sumber: pexels.com

Melakukan pengecatan ulang berkala untuk rumah akan menimbulkan rasa bahagia karena rumah selalu terasa segar dan terlihat rapi. Selain itu, melakukan pengecatan ulang untuk rumah otomatis akan meningkatkan kesan baru pada kondisi rumah itu sendiri. Sebenarnya tidak ada standar yang tepat untuk melakukan penggantian warna cat rumah, namun disarankan sekali dalam 2 tahun. Panas matahari beserta perubahan cuaca dan suhu yang tidak menentu, ditambah kondisi hujan, akan membuat cat dinding rumah Anda lebih mudah untuk terkelupas.

3. Perpaduan warna pada area pengaplikasian cat

Untuk bagian dalamnya sendiri, sebaiknya warna yang dipilih diselaraskan dengan warna di dinding luar. Jika Anda termasuk orang yang suka dengan eksperimen, Anda bisa melakukan pengecatan rumah dengan warna yang berbeda pada setiap kotak ruangan di rumah atau di setiap area apartemen jika tidak dipisahkan oleh dinding. Penggunaan partisi akan sangat membantu memperjelas batas antar ruang tanpa harus membangun tembok permanen atau memberi pembatas di antaranya.

Untuk ruang keluarga sendiri disarankan untuk memilih warna kategori pastel seperti untuk memberikan kesan lembut dan damai saat berada di dalamnya. Warna putih termasuk jenis warna yang paling sering digunakan di ruang keluarga. Warna putih bisa lebih mudah dikombinasikan secara otomatis dengan warna apapun baik dari frame foto maupun jenis furnitur lainnya.

Sumber: pexels.com

Jadi sudah mendapatkan ide untuk mendekorasi ruang keluarga anda sahabat hemat? Semoga artikel ini bisa membantu prosesnya ya. Jangan lupa untuk mencari promo barang yang anda butuhkan di hemat.id dan aplikasi kliptalog agar proses belanja anda lebih mudah, hemat dan efisien

Sumber:

  1. homify.co.id
  2. dekoruma.com