Ruang Tamu Cantik Tanpa Sofa

Ruang tamu selalu identik dengan adanya furnitur sofa. Namun ada beberapa alasan umum yang membuat penghuni rumah tidak menggunakan sofa untuk mengisi sudut ruang tamu. Alasan pertama adalah karena ruang tamu memiliki ukuran yang tidak terlalu luas dan dengan layout yang tidak biasa, misalnya apartemen atau rumah yang berukuran kecil. Alasan yang kedua tentunya karena ingin berhemat. Seperti yang sudah diketahui, bahwa sofa umumnya dibandrol dengan harga yang tidak murah. Lalu alasan ketiganya adalah tuan rumah memang lebih suka dengan ruang tamu yang tidak memiliki sofa, mungkin karena alasan budaya atau kebiasaan.

Tapi sebenarnya, tanpa memiliki sofa pun ruang tamu Anda bisa tetap cantik dan menarik lho. Simak beberapa alternatif dan inspirasi ruang tamu tanpa sofa yang bisa Anda tiru berikut ini :

1. Kursi Cafe

Kursi
Sumber : Courts

Jika Anda merupakan tipe tuan rumah yang tidak terlalu sering menerima banyak tamu, kursi kecil dengan gaya seperti di kafe ini cocok untuk Anda letakkan di area ruang tamu yang kecil. Apalagi jika Anda menata kursi dengan bentuk seperti sayap atau the wingback. Lalu kursi diposisikan di depan kaca besar atau backdrop yang mencolok. Tampilan ruang tamu Anda akan terkesan lebih luas dan menjadi lebih instagramable.

2. Kursi dengan Sandaran Tangan

Kursi
Sumber : Pinterest

Anda bisa meletakkan kursi dengan sandaran tangan di kanan dan kirinya yang dipadukan dengan meja berukuran besar yang materinya di dominasi dengan kaca. Hal ini dilakukan agar ruangan terlihat penuh tapi tidak terlihat sesak karena dengan adanya kaca akan memberikan keseimbangan ruang secara visual.

Kursi jenis ini masuk ke dalam kategori kursi tunggal, cocok untuk digunakan sebagai kursi santai, kursi kerja, dan kursi untuk membaca tamu, kursi ini juga cocok untuk diletakkan di ruang tamu untuk mengisi kekosongan akibat absennya sofa. Memiliki sandaran pada tangan membuat kursi ini nyaman untuk diduduki sambil ngobrol santai dengan tamu.

3. Ruang Tamu = Ruang Makan

Meja makan
Sumber : Hemat.id

Anda bisa menggabungkan ruang makan sekaligus menjadi ruang tamu. Dengan menjadikan ruang makan sebagai pusat ruangan untuk berkumpul dan bercengkrama. Selain menarik, ide ini akan menciptakan atmosfir yang akrab dan nyaman bagi Anda dan tamu Anda sendiri. Karena Anda bisa menjamu mereka dengan makanan ringan dan kopi atau teh sambil ngobrol-ngobrol santai di meja makan. Berlaku juga jika posisi dapur Anda berada paling dekat dengan pintu masuk, seperti layout pada studio apartemen. Untuk mempercantik ruang tamu plus ruang makan ini, jangan lupa meletakkan buah-buahan yang ditata di mangkuk untuk membuat ruangan Anda lebih fresh dan menarik di mata.

Courts Cazedis Stronje Dining Set ini bisa menjadi contoh meja makan cantik yang dapat menyempurnakan tampilan ruang makan yang multifungsi sebagai ruang tamu. Hadir dengan dua pilihan warna natural seperti abu-abu dan juga oak, sehingga cocok untuk ruangan dengan tema apapun. Desainnya yang minimalis membuat meja makan ini tampak elegan dan juga modern. Dimensi satu set furnitur ini 124 x 74 x 56 cm, dilengkapi dengan 1 meja dan 4 kursi. Dengan material kaki meja metal frame dan alas meja berupa kaca tebal.

Beli di Courts BTM

Beli di Courts Bintaro

Beli di Courts Ciledug

Beli di Courts Megastore KHI

Beli di Courts MBH

4. Custom Made Window Seat

window seat
Sumber : Pinterest

Anda bisa memesan secara custom tempat duduk nyaman dan multifungsi. Selain untuk duduk bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan ekstra untuk menyimpan selimut, bantal dan pernak-pernik lainnya. Di samping itu, furnitur jenis ini dapat menghemat ruang pada rumah, plus dapat menawarkan pemandangan yang indah dan nyaman bagi Anda dan tamu Anda untuk mengobrol lebih lama. Anda tinggal menambahkan beberapa bantal kursi dengan warna dan corak yang senada dengan tema ruangan.

5. Bean Bag

Bean bag
Sumber : Courts

Ide ini cocok untuk keluarga muda atau orang-orang yang ingin menciptakan ruang tamu yang santai dan mengundang. Pilihlah bean bag dengan bahan velvet yang berkualitas untuk menciptakan kesan mahal. Bean bag mudah untuk dipindah-pindahkan karena sangat ringan. Anda bisa memindahkannya ke teras rumah saat cuaca sedang bagus atau jika Anda ingin suasana ruangan yang berbeda dengan mencoba-coba tata letak baru.

6. Bantal Lantai

Kenapa tidak mencoba menciptakan ruang tamu dengan nuansa tradisional yang kental, dengan menambahkan bantal lantai sebagai pengganti sofa. Anda bisa menggunakan bantal dengan corak-corak etnik dan dominasi warna natural.

Tambahkan ornamen meja samping dan meja tamu yang rendah dengan bahan kayu. Anda bisa menambahkan berbagai aksesoris-aksesoris khas tradisional di ruang tamu Anda. Jangan lupa gunakan permadani atau karpet dengan pola dan warna senada untuk menyempurnakan tema ruang tamu Anda.

ruang tamu
Sumber : property24.com

Courts Gill Zoy home coffee table merupakan coffee table serbaguna yang cocok dengan bantal lantai dan diletakkan di ruang tamu. Selain itu bisa juga digunakan untuk meletakkan buku, minuman, cemilan untuk para tamu, majalah dan barang-barang yang lainnya. Meja kopi ini dirancang menggunakan material kayu dilapis PVC yang tahan panas dan air dengan ukuran 88.1 x 82.5 x 12.7 cm. Anda juga bisa menambahkan hiasan alternatif berupa artificial plant untuk semakin mempercantik ruang tamu Anda. Dengan dimensi 15 x 26 x 20 cm, jadi sangat pas untuk dipajang di atas coffee table atau meja sudut pada ruang tamu Anda.

Beli di Courts BTM

Beli di Courts Bintaro

Beli di Courts Ciledug

Beli di Courts Megastore KHI

Beli di Courts MBH

7. Lesehan

Untuk tata letak ruang tamu, kembali lagi kepada selera masing-masing penghuni rumah. Ada yang suka dengan penataan furnitur lengkap berupa sofa dan meja tamu, ada juga yang lebih suka dengan ruangan yang hanya dilengkapi dengan karpet hingga lemari buku.

Penataan ruang tamu seperti ini tentunya lebih ramah di kantong, lebih sederhana dan mudah dalam perawatannya. Ketahui cara perawatan karpet agar lebih awet dan tetap nyaman digunakan pada artikel hemat.id “6 Cara Ini Bisa Membuat Karpet Jadi Lebih Awet”.

Pilihlah karpet yang memiliki permukaan lembut dan nyaman agar tamu dan keluarga betah untuk mengobrol berlama-lama atau untuk menonton televisi bersama. Walau memberikan kesan sederhana, desain ruang tamu seperti ini masih cocok untuk diterapkan di ruang tamu yang berukuran besar dengan menambahkan beberapa bantal. Kemudian pilihlah warna dan corak karpet yang senada dengan cat tembok atau wallpaper. Penambahan tanaman juga akan makin mempercantik ruang tamu Anda.

Jangan lupa, untuk tidak meletakkan hiasan dinding seperti lukisan atau foto dengan posisi yang terlalu tinggi. Sesuaikan hiasan dinding dengan alas kursi apa yang Anda gunakan agar tetap proporsional. Jika alas yang Anda gunakan adalah alas lesehan, maka setidaknya gantunglah hiasan dinding atau stiker dinding berada di antara 50-70 cm dari lantai. 

8. Kursi Gantung

ruang tamu
Sumber : Pinterest

Kursi gantung atau hammock chair tidak hanya bisa digunakan luar ruangan, Anda bisa menggantung kursi Anda dimana saja di dalam rumah anda. Nah, kenapa Anda tidak mencoba untuk meletakkan kursi gantung ini di ruang tamu untuk tampilan yang lebih santai dan juga unik. Karena di Indonesia masih terlihat jarang penghuni rumah yang berani menggunakan kursi jenis seperti ini untuk indoor.

Tentukan sudut dan jarak terbaik sebelum Anda menentukan lokasi untuk menggantung kursi Anda. Perhatikan jarak depan dan belakang kursi gantung, lalu perhatikan ketinggian yang umumnya digunakan untuk standar indonesia. Pastikan untuk tempat Anda akan menggantung kursi ini, terdapat tiang pengait pada langit-langit ruang.

Tips lainnya adalah hindari penggunaan lemari atau kabinet yang terlalu bulky dan tinggi, agar saat Anda dan tamu anda duduk tidak tenggelam di antara perabotan yang memberi kesan berat. 

Itulah beberapa ide yang bisa Anda jadikan inspirasi ruang tamu tanpa sofa. Anda bisa membuka hemat.id atau Aplikasi Kliptalog yang akan membantu Anda memilih berbagai furnitur dengan harga promo terhemat, untuk melengkapi tampilan ruang tamu tetap cantik meski tanpa sofa.

Bagaimana desain ruang tamu yang Anda sukai, dengan sofa, tanpa sofa atau menggabungkan ruang tamu dengan meja makan? Bagikan cerita Anda, pengalaman atau tips yang mungkin bisa menginspirasi Sahabat Hemat lainnya untuk menata ruang tamu.

Sumber :

  1. //industrystandarddesign.com/
  2. //houzz.com.sg/
  3. //architecturaldigest.com/
  4. //brickunderground.com/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!