Tips Menghindari Rasa Bosan Anak Selama Belajar #DiRumahAja

Dampak dari pandemi Covid-19 selama beberapa bulan terakhir tentu mengubah tatanan kehidupan bermasyarakat, tidak terkecuali pada dunia pendidikan. Kegiatan belajar mengajar kini masih diterapkan secara jarak jauh, dari rumah dengan memanfaatkan internet atau melalui sistem daring. Pada kenyataannya, kegiatan belajar dari rumah yang awalnya terasa gembira bagi anak, nyatanya menyisakan rasa rindu untuk dapat kembali belajar di sekolah dan berkumpul bersama teman-teman lainnya.

Sebagai orangtua harus pintar-pintar mengakali agar anak tidak dilanda rasa bosan dengan sistem belajar online seperti ini. Anda bisa memanfaatkan tips di bawah ini untuk membuat kegiatan belajar anak tetap menyenangkan.

Meja dan Kursi Belajar

Sumber : Courts

Di sekolah, anak-anak belajar menggunakan meja dan kursi yang standar digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Anda disarankan meniru konsep ini juga di rumah. Sediakan meja dan kursi untuk anak dalam space atau area yang sudah ditetapkan menjadi miliknya. Pastikan agar meja dan kursi belajar yang digunakan sesuai dengan usia anak. Produk meja belajar dari Super Furnitur ini bisa jadi salah satu pilihan. Jika anak suka untuk belajar dengan duduk lesehan, Meja Laptop Courts ini juga bisa jadi pilihan. Multifungsi untuk digunakan tidak hanya untuk anak, orang tua yang WFH (work from home) juga bisa memanfaatkan fiturnya. 

Baca Selengkapnya : Tips Memilih Meja Belajar Untuk Si Kecil Di Rumah

Jajanan Anak

Aktivitas anak ketika di sekolah salah satunya diisi dengan jajan ke kantin. Anda bisa menerapkan sistem kantin kecil pada satu area rumah. Anak bisa belanja dengan menukarkan uang-uangan kertas yang bisa ditukar dengan makanan-makanan ringan. Berikan saldo tertentu pada anak, agar anak dapat mengatur pengeluaran saat memberi jajanan tersebut. Hal ini bisa mengobati kerinduan anak akan jajanan sekolah, sekaligus belajar berhemat bersama orang tua. Selain itu, membantu pekerjaan rumah seperti menyiram bunga atau menyapu halaman bisa dijadikan sumber penghasilan anak. Lengkapi kebutuhan cemilan-cemilan hingga minuman ringan dengan harga terhemat yang bisa Anda temukan di hemat.id.

Lemari Pakaian

Jika tidak diharuskan memakai seragam sekolah saat belajar dari rumah, lakukan kesepakatan dengan anak pada saat weekend untuk menentukan baju yang akan dipakai untuk belajar sekolah atau mengikuti kursus secara daring. Biarkan anak memilih pakaian kesukaan dan nyaman saat digunakan. Buat juga aktivitas untuk merapikan lemari bersama-sama dan membuat pilihan-pilihan pakaian berdasarkan harinya yang akan digunakan saat proses belajar. 

Media Belajar

Belajar dari rumah tentu harus didukung alat belajar yang memadai. Misalnya koneksi internet yang stabil, lancar dan laptop atau tablet dengan ketahanan baterai yang cukup. Manfaatkan loudspeaker jika anak tidak terlalu nyaman dengan penggunaan head set. Gunakan headset bila perlu, untuk menghindari gangguan suara bising di sekitar rumah. Tidak perlu peralatan belajar daring yang mahal, yang terpenting dapat berfungsi dengan baik. 

Baca di Sini : Cara Meeting Zoom, Google Meet & Ms Teams, Apps Mana yang Terbaik?

Anda bisa menempelkan sticker kartun atau karakter kesukaan anak pada peralatan belajarnya selama #dirumahaja. Selain sebagai penanda sebagai kepemilikan masing-masing anak, hal ini akan membuat mereka semakin bersemangat dalam belajar.

Bagikan cerita Anda di kolom komentar di bawah ini ya! Apa saja yang sudah Anda dan anak-anak lakukan di rumah dalam berkreasi untuk membuat kegiatan belajar daring terasa menyenangkan selama #dirumahaja.

#HematID #TipsHemat #BelajarOnline #BelajarDaring #Anak #dirumahaja

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!