Cara Meeting Zoom, Google Meet & Ms Teams, Apps Mana yang Terbaik?

Penggunaan video conference menjadi alternatif solutif untuk menunjang work from home, presentasi bisnis kepada klien, online training, kegiatan belajar mengajar (KBM) anak sekolah hingga bersilaturahmi. Sebelum Anda menggunakannya, kenali dulu perangkat yang dibutuhkan hingga masing-masing kelebihan dan kekurangan dari setiap aplikasi agar sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk mengetahui tujuan dalam penggunaan teknologi video conference ini. Beberapa fitur pada masing-masing apps meeting online memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri yang sangat bermanfaat agar proses video conference berjalan dengan lancar dan efektif.

Pada artikel ini kami akan bahas lengkap mengenai peralatan yang dibutuhkan untuk Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams, serta perbandingan, keunggulan, dan kekurangan masing-masing aplikasi, dan pada bagian akhir dibahas cara menggunakannya baik di handphone, laptop, maupun koneksinya ke TV.

Perangkat yang Dibutuhkan

1. Handphone

Untuk pengalaman terbaik dalam penggunaan aplikasi meeting online, akan terasa lebih nyaman apabila menggunakan perangkat laptop atau komputer. Namun, jika Anda menggunakan perangkat mobile seperti smartphone Android atau Apple, agar video conference berjalan tanpa hambatan maka perangkat harus memiliki standar minimum tertentu.

Ukuran aplikasi meeting online setidaknya dibutuhkan Android versi 5.0 ke atas dan Apple versi iOS 8.0 ke atas. Kapasitas platform ini sangat penting untuk disesuaikan dengan masing-masing perangkat yang digunakan, agar meeting dapat berjalan dengan lancar dan tidak lemot saat sedang berlangsung.

Meeting online dengan smartphone menjadi pilihan terbaik untuk bisa digunakan semua kalangan. Terlebih jika digunakan sebagai sarana silaturahmi, anak muda hingga orang tua lebih memungkinkan untuk menggunakan handphone untuk conference dibandingkan dengan perangkat lainnya.

Salah satu rekomendasi gadget dengan spesifikasi yang dapat mendukung video conference yaitu smartphone keluaran Oppo yaitu Oppo A92. Performa Oppo A92 didukung dengan sistem operasi Android 10 sehingga meeting online lewat smartphone minim risiko untuk lelet. Dapatkan promo hemat smartphone Oppo A92 periode Juni 2020 yang bisa Anda temukan di Courts seluruh Indonesia.

2. Laptop

Laptop menjadi perangkat yang paling direkomendasikan untuk meeting online. Sistem operasi pada komputer seperti Microsoft Windows maupun Apple MacOS pada versi terbaru memungkinkan Anda untuk melakukan video conference berjalan dengan baik. Untuk Zoom, perangkat PC (personal computer) dengan sistem operasi Linux berdasarkan pengalaman kami berjalan kurang stabil.

Meeting online via laptop cocok digunakan sebagai proses pembelajaran daring yang efektif bagi pelajar maupun mahasiswa. Bagi para pekerja work from home, laptop juga menjadi perangkat pilihan yang efektif digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas kantor.

Baca Juga : Promo Laptop Hemat! Penuhi Kebutuhan Work From Home

3. Televisi

Jika mata terasa lelah untuk menggunakan smartphone atau layar komputer untuk meeting online, maka meeting menggunakan layar TV bisa jadi solusi cerdas. Beberapa perangkat smartphone ataupun laptop yang kini sudah dimutakhirkan dan dapat dikoneksikan dengan Televisi berbasis Android.

Apabila Anda ingin mengoneksi gadget ke televisi, pastikan smartphone Android Anda memiliki  pengaturan untuk terkoneksi ke Televisi dengan fitur wireless display. Download aplikasi khusus yang sesuai dengan perangkat wireless display yang digunakan. Begitu juga dengan laptop, Anda bisa menggunakan fitur wireless display untuk screen mirroring ataupun menggunakan kabel HDMI. Menurut pengalaman kami, menggunakan kabel HDMI untuk mengoneksikan laptop ke TV atau infocus jauh lebih cepat performanya saat proses conference.

TV berbasis Android sudah mempunyai fitur bawaan untuk bisa langsung terkoneksi ke smartphone Android tanpa bantuan alat eksternal. Smart TV ada yang sudah mempunyai fitur bawaan koneksi wireless display, namun ada juga yang belum. Jika TV Anda tidak mendukung wireless display, Anda perlu membeli perangkat eksternal pendukung Miracast. Perangkat Miracast bentuknya adalah dongle (perangkat hardware berbentuk USB) yang ditancapkan ke port HDMI TV Anda. Perangkat Miracast yang murah seperti merek Anycast kami sudah coba dan bisa berfungsi. Namun jika Anda menghendaki resolusi yang lebih tinggi dan sambungan yang lebih lancar Anda dapat membeli Chromecast yang asli buatan Google.

Perangkat eksternal Miracast
Sumber : Gearbuffets.com

Koneksi video conference ke Televisi bisa menjadi alternatif untuk presentasi bisnis perusahaan kepada klien hingga prosesi ibadah secara jarak jauh. Tertarik dengan Televisi Android? Ada promo spesial SHARP seri 2T-C42BG1i Full HD Android TV 42 inch yang bisa Anda dapatkan di Courts periode hingga 30 Juni 2020.

4. Koneksi Internet

Tidak kalah pentingnya dengan perangkat, akses internet yang lancar tentu menjadi bagian terpenting dalam proses berjalannya meeting online, baik pada perangkat smartphone maupun laptop. Sebelum memulai panggilan video, sebaiknya cek terlebih dulu kecepatan koneksi internet. Anda bisa menggunakan website Fast.com atau Speedtest.net untuk mengeceknya. Selain itu, agar proses meeting online pada aplikasi tidak tersendat, sebaiknya tidak terlalu banyak membuka aplikasi lainnya pada perangkat di waktu bersamaan.

Bagi Anda yang ingin membeli kebutuhan perangkat meeting online, mitra kami Courts memberikan layanan belanja Home Delivery via WhatsApp. Hubungi kontak cabang Courts yang terlampir di bawah ini.

Beli di Courts BTM

Beli di Courts Bintaro

Beli di Courts Ciledug

Beli di Courts Megastore KHI

Baca Selengkapnya : Courts Home Delivery, Belanja Furnitur Elektronik Dari Rumah Saja.

Perbandingan Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams

Tim Hemat.id turut bekerja secara remote dan mengandalkan teknologi virtual untuk saling berkolaborasi, meeting hingga berbagi ide. Aplikasi meeting online menjadi sarana yang sangat mendukung kelancaran proses kerja kami. Dari berbagai pilihan apps yang ada, kami merangkum Top 3 aplikasi video conference teratas yaitu Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams. Tiga aplikasi meeting online ini bisa dikatakan cukup unggul dari segi fitur dan penggunaannya dibandingkan kompetitor aplikasi meeting online lainnya. Aplikasi-aplikasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda agar tetap terkoneksi dengan rekan kerja, keluarga dan kerabat meski terpisah oleh jarak.

Perbandingan Fitur Meeting Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams

Perbandingan Fitur Host Control Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams

Perbandingan System Requirement Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams

Perbandingan Fitur Chat Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams

Perbandingan Fitur Keamanan dan Privasi Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams

Perbandingan Paid Plans Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams

1. Zoom

Zoom Meeting
Sumber : Zoom

Zoom  memungkinkan partisipan dapat terlibat sampai 100 pengguna dengan durasi meeting yang bisa digunakan terbatas hingga 40 menit (free plans). Share Screen mengizinkan pengguna saling berbagi layar untuk berkolaborasi sehingga meeting dapat berjalan dengan interaktif.

Disamping itu, Record Meeting bisa dimanfaatkan pengguna untuk merekam proses berjalannya meeting. Host bisa mengatur kapan video dimulai dan diakhiri untuk direkam sepanjang proses meeting. Video rekaman dapat langsung tersimpan ke dalam komputer. Pengguna juga dapat mengubah virtual background secara custom.

Kelebihan :
1. Sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat karena fiturnya yang user friendly.
2. Tidak harus memiliki akun Zoom untuk ikut bergabung meeting. Pengguna bisa menjadi partisipan hanya dengan menerima invitation melalui email atau join invitation link.
3. Polling dan Q&A menjadi fitur unggul lain yang hanya ada pada Zoom, sehingga bisa digunakan untuk diskusi yang interaktif.

Kekurangan :
1. Durasi conference terbatas hanya 40 menit (bisa lebih dari itu namun dibutuhkan tambahan biaya).

2. Google Meet

Google Meet
Sumber : Google Meet

Salah satu aplikasi bawaan dari Google ini dapat menampung maksimum hingga 100 partisipan dalam satu proses meeting. Host atau meeting organizer harus menggunakan Google Account untuk sign in agar dapat mengatur pelaksanaan meeting melalui Google Meet. Dari segi size, dibanding dua aplikasi lainnya, Google Meet memiliki ukuran yang cenderung lebih ringan sekitar 11.52 MB untuk digunakan di perangkat Android atau 73.6 pada iOS.

Fitur Screen Sharing Google Meet
Sumber : Dokumentasi Tim Hemat.id

Kelebihan :
1. Dapat berjalan melalui browser sehingga Anda tidak perlu menginstall aplikasinya.

Kekurangan :
1. Fitur chat terbatas digunakan hanya pada saat berlangsung meeting.
2. Tidak tersedia fitur lock meeting dari pengguna anonim.

3. Microsoft Teams

Microsoft Teams
Sumber : Microsoft Teams

Microsoft Teams merupakan aplikasi video conference yang memungkinkan penggunanya dapat saling terkoneksi dengan kualitas audio, video, screen sharing hingga keamanan yang cukup mumpuni. Tim Hemat.id telah mencoba penggunaan Teams beserta fiturnya yang sangat interaktif apabila digunakan untuk kebutuhan presentasi. Salah satunya, partisipan dapat meminta control atau kendali screen sharing kepada host meeting. Fitur chat yang ada juga sangat berguna untuk berkolaborasi jangka panjang selain sekadar meeting online bagi bisnis kecil atau menengah.

Kelebihan :
1. Fitur-fiturnya cocok digunakan untuk kolaborasi kerja perusahaan kecil, start-up hingga enterprise besar. Microsoft Teams menjadi aplikasi yang tangguh untuk digunakan dalam komunikasi internal perusahaan. Fitur chat memungkinkan pesan tersimpan di cloud dan bisa dicari dengan cepat sehingga tidak perlu khawatir akan hilang.
2. Durasi panggilan tidak terbatas (unlimited).

Kekurangan :
1. Microsoft Teams masih kalah populer dibandingkan dengan Zoom dan Google Meet. Jadi jika Anda mengajak prospek klien, teman atau keluarga hanya untuk meeting sesekali waktu, kemungkinan besar mereka akan merasa asing dan enggan untuk install aplikasinya.

Panduan Penggunaan Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams

Zoom Meeting

Cara Menggunakan Zoom Meeting di Smartphone

Cara Menggunakan Zoom Meeting di Smartphone
Sumber : Infografis oleh Hemat.id (Klik gambar untuk melihat versi asli)
  1. Buka Zoom di Google Play dan install aplikasi.
  2. Gabung dalam Meeting tanpa sign in atau bisa juga bergabung dengan sign in akun Zoom terlebih dulu.
  3. Masukkan Meeting ID untuk bergabung dalam meeting atau atur jadwal meeting Anda sesuai kebutuhan.

Cara Menggunakan Zoom Meeting di Laptop

Cara Menggunakan Zoom Meeting di Laptop
Sumber : Infografis oleh Hemat.id (Klik gambar untuk melihat versi asli)
  1. Buka Zoom melalui browser zoom.us atau install Aplikasi Zoom.
  2. Sama seperti penggunaan pada smartphone, Anda dapat bergabung dalam Meeting tanpa sign in atau bisa juga bergabung dengan sign in akun Zoom terlebih dulu.
  3. Anda bisa menjadwalkan meeting dan mengatur secara kustom mulai dari topik, waktu, dan izin akses siapa saja yang bisa terlibat dalam meeting.
  4. Selanjutnya Anda bisa membagikan meeting ID atau share link meeting invitation kepada pengguna lain yang akan bergabung dalam meeting.
  5. Jika Anda sebagai guest, Anda bisa langsung menuju link meeting invitation atau masukkan Meeting ID dan nama display.
  6. Pilih koneksi audio dan/atau video dan klik Join.

Google Meet

Cara Menggunakan Google Meet di Smartphone

Cara Menggunakan Google Meet di Smartphone
Sumber : Infografis oleh Hemat.id (Klik gambar untuk melihat versi asli)
  1. Buka Google Meet di Play Store atau Google Meet di App Store dan install aplikasi.
  2. Klik start “new meeting” atau masukkan “meeting code“.
  3. Pilih akun Google yang akan digunakan.
  4. Klik “join meeting“. Anda bisa mengatur untuk menambah orang lain ke dalam meeting tersebut dengan membagikan link invitation.

Cara Menggunakan Google Meet di Laptop

Cara Menggunakan Google Meet di Laptop
Sumber : Infografis oleh Hemat.id (Klik gambar untuk melihat versi asli)
  1. Buka meet.google.com melalui browser, bisa juga melalui apps di iOS atau Android dan membuat penjadwalan di Google Calendar.
  2. Klik start “new meeting” atau masukkan “meeting code“.
  3. Pilih akun Google yang akan digunakan.
  4. Klik “join meeting“. Anda juga bisa mengatur untuk menambah orang lain ke dalam meeting tersebut.

Microsoft Teams

Cara Menggunakan Microsoft Teams di Smartphone

Cara Menggunakan Microsoft Teams di Smartphone
Sumber : Infografis oleh Hemat.id (Klik gambar untuk melihat versi asli)
  1. Buka Microsoft Teams di Google Play atau Microsoft Teams di App Store dan install aplikasi.
  2. Sign in dengan akun pengguna Microsoft.
  3. Pilih organisasi Teams yang aktif lalu atur jadwal meeting atau langsung bergabung dengan room meeting yang sedang berjalan.

Cara Menggunakan Microsoft Teams di Laptop

Cara Menggunakan Microsoft Teams di Laptop
Sumber : Infografis oleh Hemat.id (Klik gambar untuk melihat versi asli)
  1. Download Aplikasi Microsoft Teams yang bisa di akses di website official Microsoft Teams pada perangkat komputer atau smartphone.
  2. Sign up untuk membuat akun secara gratis atau Sign in dengan menggunakan akun pengguna Microsoft yang sudah ada.
  3. Pilih organisasi Teams yang aktif dan saluran yang akan diadakan untuk meeting. Pengguna bisa membuat tim baru atau langsung bergabung dengan tim yang sudah dibuat sebelumnya.
  4. Buat jadwal meeting atau join dengan room meeting yang sudah ada.

Cara Mengoneksikan Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams dari Smartphone ke TV

  1. Koneksikan adapter Miracast ke HDMI yang ada pada TV.
  2. Khusus pada Android TV, buka Wireless Display pada menu “Setting” di perangkat smartphone Android dan “Turn On Screen Sharing”.
  3. Pilih adapter Miracast dari daftar yang ada dan ikuti instruksi untuk mengatur proses pemasangan (pengaturan berbeda-beda tergantung pada merk Smartphone).

Baca Selengkapnya : Promo Hemat Elektronik & Furnitur Minggu Ini

Cara Mengoneksikan Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams dari Laptop ke TV

Untuk memakai Zoom, Microsoft Teams atau Google meet di TV, ada dua metode mengoneksikan laptop Anda ke TV. Pertama dengan memakai kabel HDMI dan yang kedua adalah dengan cara nirkabel yaitu memakai fitur wireless display. Kelebihan menggunakan kabel adalah koneksi lebih cepat dan TV yang bukan Android TV atau Smart TV pun bisa digunakan asalkan ada port HDMI-nya.

Koneksi Wireless Display ke TV Melalui Smartphone dan Komputer

Cara mengoneksikan dengan kabel HDMI sebagai berikut.

  1. Tancapkan kedua ujung kabel HDMI ke port laptop dan TV.
  2. Atur INPUT di televisi Anda untuk menampilkan INPUT dari port HDMI.
  3. Pada laptop Anda, tekan tombol Fn + [key yang ada gambar layar] untuk mengatur screen mirror atau extend.
  4. Cek tampilan gambar dan suara yang sudah terlihat di TV
  5. Mulai jalankan aplikasi meeting online Zoom, Teams atau Google Meet.

Cara mengoneksikan dengan nirkabel sebagai berikut.

  1. Aktifkan menu Connect yang bisa Anda temukan di menu Action Centre Windows (pojok kanan bawah)
  2. Pilih perangkat TV yang akan dipilih
  3. Selanjutnya pilih “Allow input..” untuk mengizinkan sistem kontrol perangkat PC yang disambungkan ke TV.
  4. Pilih menu Change Projection Mode untuk memilih mode proyeksi (Duplicate, Extend, Second Screen Only).
  5. Mulai jalankan aplikasi meeting online Zoom, Teams atau Google Meet.

Berdasarkan pengalaman Tim Hemat.id, Zoom mendukung audio yang cukup jelas saat proses video conference berlangsung. Untuk screen sharing presentasi, Google Meet jauh lebih ringan dan lancar dibanding 2 aplikasi lainnya. Meskipun secara audio suara yang dihasilkan cukup lantang namun cenderung ada noise berupa dengungan. Lain halnya dengan Microsoft Teams yang dapat menyesuaikan volume suara paritisipan, apabila antar lawan bicara saling berbicara secara bersamaan maka suara akan sama-sama mengecil.

Meeting Online
Sumber : Dokumentasi Pribadi Hemat.id

Fitur chat juga terdapat di ketiga Aplikasi ini, dimana Anda bisa memilih apakah akan digunakan secara personal (one-on-one) atau secara group.  Dalam hal kontrol pengguna, ketiga Aplikasi ini hampir memiliki fitur yang sama. Zoom, Meet dan Teams sama-sama bisa menyesuaikan peserta meeting yang dapat bergabung, menghapus hingga mengatur mode senyap partisipan.

Hal penting lainnya yang patut jadi pertimbangan adalah mengenai fitur privasi dan keamanan. Baik Zoom, Meet atau Teams, masing-masing data terenkripsi atau terjaga keamanannya. Meski pada beberapa waktu terakhir sempat beredar issue mengenai penggunaan Zoom Meeting yang dapat diretas hacker. Untuk menghindari hal tersebut, apabila Anda menggunakan Zoom, Anda dapat tetap aman dalam penggunaannya dengan mengatur fitur keamanan didalamnya. Fitur waiting room pada Zoom harus diaktifkan saat berjalan meeting. Selain itu Anda perlu mengatur partisipan yang dapat hadir hanya yang diberikan akses.

Zoom menjadi aplikasi yang lebih universal dibandingkan Google Meet dan Microsoft Teams, sehingga bisa digunakan dengan baik untuk kebutuhan pekerjaan atau bersosialisasi. Google Meet bisa menjadi pilihan yang baik sebagai sarana belajar bagi mahasiswa atau anak sekolah. Sedangkan untuk Microsoft Teams dapat direkomendasikan untuk digunakan pada skala organisasi atau perusahaan. Gunakan aplikasi beserta perangkat pendukung yang memenuhi standar minimumnya agar proses meeting online dapat berjalan efektif dan bebas hambatan.

Temukan promo handphone, laptop hingga televisi untuk kebutuhan video conference Anda hanya di hemat.id dan aplikasi Kliptalog. Bagikan pengalaman Anda saat menggunakan aplikasi meeting online dalam memenuhi kebutuhan Anda dalam bersosialisasi dan bekerja.

Referensi :

  1. Zoom
  2. Microsoft Teams
  3. Google Meet
  4. //screenbeam.com/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!