Tips Packing Untuk Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman

Perjalanan mudik Lebaran sudah di depan mata, dan pertama kali yang terlintas dibenak para moms adalah packing. Dari packing baju untuk suami sampai anak-anak, dari perlengkapan toilet, perlengkapan mom sendiri, sampai makan apa yang akan di bawa untuk makan di jalan dan oleh-oleh….OMG bikin mumet sekali, tapi jangan khawatir dengan rencana dan persiapan yang matang tentunya packing akan jadi lebih mudah.

Pastikan terlebih dahulu apa saja yang anda akan bawa dan butuhkan selama di perjalanan dan selama anda menginap, jangan sampai anda lupa membawa barang yang penting seperti obat-obatan yang harus dimakan rutin.

Rencanakan

Tips Packing Untuk Mudik Lebaran
Sumber : pinterest.com

Rencanakan pakaian seperti apa yang ingin anda bawa. Tanyakan juga pakaian apa saja yang suami dan anak-anak ingin bawa dan beri batasan berapa baju yang boleh dibawa.

Pasang-pasangkan pakaian anda agar bisa dipakai untuk berbagai gaya dan acara tapi menghemat tempat. Mix and match pakaian anda dan keluarga agar mereka tetap bisa bergaya tapi tidak membawa terlalu banyak baju.

Jadi anda tidak hanya bergantung pada berapa lama anda akan menginap, misal untuk satu minggu anda bisa membawa 7 potong pakaian (sudah termasuk pakaian tidur) yang pastikan bisa di mix dan match. Dan pertimbangkan untuk mencuci di tempat tujuan anda nanti.

Cara Packing

Ketahui beberapa cara dalam smart packing, seperti :

Pakaian

Tips Packing Untuk Mudik Lebaran
Sumber : Ciricara

1. Menggulung baju-baju. Baju seperti kaos lebih cocok untuk cara ini.

2. Memasukkan kaos kaki atau celana dalam kedalam zip plastic bag lalu selipkan di dalam sepatu anda, lalu masukkan sepatu di tempat tersendiri di dalam atau di luar tas.

3.Tempatkan sepatu atau sandal anda di dust bag agar pakaian tidak kotor atau jika perlu tempatkan sepatu atau sandal anda di bagian lain dari tas yang tidak tercampur dengan pakaian.

4. Penuhi semua tempat kosong di tas anda dengan gulungan baju yang lebih kecil, seperti kaos atau jilbab anda.

5. Rebahkan gamis, celana jeans, dan jaket, dengan dilipat menjadi dua terlebih dahulu lalu tumpuk satu persatu pakaian-pakaian tersebut. Lipat ketengah pakaian-pakaian tersebut satu-persatu, dan ingat buatlah lipatan yang membentuk tas anda agar pakaian tidak jadi hanya tebal di tengah saja tapi rata di semua tas.

Perlengkapan lainnya

Tips Packing Untuk Mudik Lebaran
Sumber : Google Image

– Gunakan botol ukuran travel agar menghemat ruang penyimpanan, dan untuk menghindari isi botol tumpah atau bocor selipkan plastik yang dipotong segiempat sebelum menutup botol dengan tutupnya.

– Gunakan botol bekas obat untuk dijadikan tempat penyimpanan cotton bud

– Bekas tempat kotak lens bisa anda gunakan untuk menyimpan perlengkapan make up anda, seperti untuk bb cream atau foundation atau menyimpan peniti kecil

– Tentukan aksesoris apa yang ingin anda pakai, lalu untuk perhiasan seperti kalung ada beberapa cara yang bisa di lakukan :

1. Dengan menggunakan sedotan, potong-potong sedotan lalu selipkan kalung anda di dalam sedotan untuk menghindari rantai kalung menjadi kusut.

2. Dengan menggungkan wrapping plastic, potong plastik besarnya tergantung berapa kalung yang anda ingin bawa. Lalu rebahkan pastik, susun kalung di atas plastik dan beri jarak lalu tutup dengan wrapping plastik lagi dan ratakan plastik agar kedua plastik menjadi satu dan lipat. Setelah di lipat atau digulung simpan di tempat yang aman.

3. Untuk anting, anda bisa gunakan kancing baju yang tidak terpakai, untuk menghindari kehilangan dan kerusakan pada anting kesayangan anda.

Perlengkapan elektronik

Tips Packing Untuk Mudik Lebaran
Sumber : thewirecutter.com

Setiap gadget pasti mempunyai charger tersendiri, jadi jika anda mempunyai 4 gadget maka bersiap membawa 4 charger. Pertama-tama untuk membuat charger anda terlihat lebih rapi gunakan karet elastis, kawat yang biasanya kita dapatkan saat membeli barang elektronik untuk kabel charger anda dan jangan lupa lilitkan kembali ke kabel chargeran anda agar anda tidak menghilangkannya. Lalu masukkan di tas khusus, seperti pouch bening agar anda bisa melihat isinya.

Jangan lupa juga untuk memasukkan barang-barang yang sering di pakai di dalam carry on bag, seperti Hp, tissue basah, power bank, dompet, tiket serta kebutuhan lain yang pasti akan sering digunakan.

Pilih dan carilah metode packing seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga, agar perjalanan jadi menyenangkan tanpa ada yang tertinggal dan malah membuat anda susah. Manfaatkan saja pouch-pouch yang sudah ada di rumah, atau jika anda mempunyai waktu luang anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Yang terpenting dalam mempacking barang adalah bawa barang yang memang di anda butuhkan, jangan membawa barang yang anda pikir mungkin anda butuhkan. Karena bisa jadi pada akhirnya barang yang anda bawa jadi tidak terpakai dan hanya menjadi beban berat di koper anda, dan jika memang bisa dibeli di tempat tujuan anda lebih baik anda tidak membawa dari rumah untuk menghemat ruang dan meringankan beban anda.

Jangan lupa memberikan komentar anda di kolom komentar di bawah, bagikan cara anda dalam mem-packing barang bawaan anda saat anda dan keluarga akan mudik lebaran di tahun ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.