Yuk, Menyusun Menu Sahur Keluarga untuk Sebulan

Masak saat sahur membutuhkan manajemen waktu yang tertata dengan baik, marinasi daging ayam, memotong-motong sayur, bahkan menghaluskan bumbu di malam sebelumnya. Hal ini akan sangat membantu kelancaran lalu lintas di dapur.

Idealnya jam 02.20 WIB Anda sudah bisa mulai masak, agar jam 03.30 Anda dan keluarga sudah mulai makan dan menyelesaikan makan sahur 10-20 menit sebelum subuh. Agar waktu persiapan sahur kita lebih terorganisir maka Sahabat Hemat perlu untuk menyusun menu sahur sebulan.

Yang perlu dikonsumsi saat sahur

Menu sahur yang disajikan harus mengandung gizi seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin dan mineral. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang saat sahur dapat memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas selama berpuasa.

Berikut jenis makanan dan minuman yang dianjurkan dikonsumsi saat sahur :

  • Air putih,
  • Buah-buahan segar,
  • Sup sayur,
  • Makanan berprotein tinggi, seperti : susu, telur, daging, ikan, daging ayam, dan daging sapi,
  • Karbohidrat kompleks, seperti : oatmeal, gandum utuh, nasi merah, dan ubi jalar,
  • Lemak sehat, seperti : buah alpukat, ikan, yogurt, minyak zaitun, dan kacang-kacangan,
  • Kacang-kacangan.

Persiapan sebelum ramadan

Sahabat Hemat mungkin sudah pernah membaca artikel yang pernah saya tulis beberapa tahun lalu dengan judul Yuk, Menyusun Menu Makan Keluarga Untuk Sebulan, kali ini saya akan membahas cara yang efektif dan praktis dalam menyusun menu sahur untuk sebulan.

Kenapa perlu membahas hanya menu sahur? karena menentukan makanan yang akan di sajikan saat sahur perlu memikirkan makanan apa saja yang cocok, nutrisi mencukupi dan tentu membuat seluruh keluarga berselera. 

Selain itu, perhatikan juga perkiraan cuaca per-minggunya, apakah akan panas atau akan hujan terus menerus. Jika panas mungkin Anda perlu menyediakan buah-buahan yang banyak mengandung air atau memasak sayur yang berkuah agar anak-anak tidak kekurangan cairan sepanjang hari.

Langkah pertama: menentukan menu

Rembukan dengan seluruh anggota keluarga akan meringankan pekerjaan Anda dalam menyusun menu, karena Anda bisa mengetahui makanan seperti apa yang mereka inginkan saat sahur dan makanan jenis apa yang mereka kurang setuju untuk disajikan saat sahur.

Langkah kedua: budget

Dan jangan “Ngoyo” dalam menentukan menu, menu bisa berubah sesuai dengan kondisi harga atau ada “request” dadakan. Tapi tetap masih masuk dalam budget, jangan sampai menu yang disusun melebihi budget yang dimiliki. Hal ini akan memberikan efek tidak baik untuk budget belanja pada minggu-minggu berikutnya.

Langkah ketiga: pajang menu

Setelah membuat draft menu, ketik kembali menu tersebut dengan memberikan quote penyemangat, gambar atau penggalan ayat seperti contoh berikut:

Quote: Take Suhur as there is a blessing in it

Baca juga Yuk, Menyusun Menu Makan Keluarga Untuk Sebulan

Menu sahur selama sebulan

Sahabat Hemat berikut menu saya buat per minggu untuk mempermudah saat dibaca oleh semua anggota keluarga, saya sertakan dengan perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk set menu sahur dan untuk 4 porsi (harga bisa berbeda tergantung area Anda tinggal).

Menu sahur minggu pertama

Daftar menu sahur minggu pertama

Menu sahur minggu kedua

Daftar menu sahur minggu kedua

Menu sahur minggu ketiga

Daftar menu sahur minggu ketiga

Menu sahur minggu keempat

Daftar menu sahur minggu keempat

Tips sukses persiapan menyusun menu sahur

Agar persiapan sampai ke penyajian dapat dilakukan dengan lancar, maka ada beberapa tips yang coba saya bagikan sesuai dengan pengalaman pribadi saya khusus saya bagikan untuk Sahabat Hemat.

Buat daftar belanja

Sebelum berbelanja selalu membawa daftar belanja dan catat dengan tepat jumlah dan merek yang biasa digunakan untuk menjaga rasa. Teguhkan hati untuk tidak tergiur dengan bahan makanan atau barang-barang harga murah tapi tidak ada dalam daftar belanja.

Lalu tetapkan waktu belanja, misal hanya 3 jam untuk membatasi waktu Anda di pasar agar tidak terlalu lama di pasar. Dan sebagai alarm tambahan, biasanya saya membawa suami sebagai rem dan sekalian membantu untuk angkat-angkat belanjaan.

Lakukan meal preparation

Meal preparation sangatlah penting jika Anda ingin sukses dalam mempersiapkan menu sahur, selain dapat mempersingkat waktu persiapan masak tapi juga menghemat tenaga yang dikeluarkan saat mempersiapkan menu sahur. 

Apa saja yang dilakukan saat meal preparation? Ada banyak versi, jadi sesuaikan dengan rytme dan cara kerja Anda di dapur. Ada yang suka dengan bawang diiris saat akan masak, tapi ada juga yang suka dengan bawang yang sudah dicincang dan dibekukan, dan ada yang mencampurkan bumbu dasar menjadi bumbu putih, bumbu merah, bumbu kuning dan merah.  

Salah satu kelebihan dari meal preparation lainnya adalah saat ada menu lauk yang akan dimarinasi, bumbu akan lebih meresap ke daging dan rasanya jauh lebih enak karena dimarinasi lama. Bagaimana apakah Anda sudah semangat untuk meal prep?

Atur urutan memasak

Susun bahan masakan sesuai urutan waktu masak dan dalam satu grup, jadi saat akan dieksekusi Anda tidak perlu membuka tutup container. Jika tidak menggunakan gas alam, maka pastikan gas aman dan bumbu-bumbu lengkap malam sebelumnya.

Kesimpulan

Menu sahur sebulan ini adalah referensi dengan menu-menu yang sederhana agar waktu persiapan dapat lebih singkat, lakukan modifikasi yang diperlukan. Lakukan apa yang membuat Anda nyaman, agar pekerjaan yang Anda lakukan menghasilkan output yang baik juga. 

Referensi:

  1. https://mirror.mui.or.id/mui-provinsi/52122/waktu-terbaik-untuk-sahur/
  2. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/menu-sahur-sehat