Rencanakan Bulan Ramadhan Anda dengan Baik

Semua umat Islam menyambut dengan suka cita bulan Ramadhan yang sudah di depan mata dan mengharapkan Ramadhan kali ini akan jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satu cara untuk mengisi waktu selama di bulan Ramadhan agar tidak terbuang sia-sia yaitu dengan kegiatan yang lebih bermanfaat untuk diri sendiri dan juga keluarga. Berikut rencana yang saya terapkan untuk keluarga saya selama bulan Ramadhan tahun ini:

1. Membaca Kitab Suci Al-Qur’an

Sebagai umat Muslim, setiap hari setelah menyelesaikan sholat maghrib semua anggota keluarga saya akan berkumpul dan membaca Al-quran bersama. Saya dan keluarga terbiasa membaca kitab suci Al-Qur’an minimal 2-3 lembar per orang. Kami juga bisa berzikir setiap selesai mengerjakan sholat wajib dan tidak melanjutkan tidur kembali setelah sholat subuh.

2. Mengatur menu selama Ramadhan

Saya akan membuat menu untuk hanya 2-3 minggu saja, karena biasanya di tanggal-tanggal mendekati 20-an saya dan keluarga sudah mudik. Sebelum saya menyusun menu untuk berbuka dan juga sahur, saya akan mengumpulkan semua anggota keluarga untuk bertanya kira-kira makanan apa yang sedang ingin mereka makan atau makanan apa yang mereka sarankan. Saya akan memilih masakan yang simple, sederhana dan juga tidak memakan waktu lama. Walau ada makanan yang membutuhkan waktu lama, saya akan memasaknya lebih awal dan memastikan bisa untuk di makan untuk berbuka dan juga sahur.

Selain mengatur jadwal, saya juga harus hati-hati dalam mengatur waktu pembuatannya, agar jangan sampai saat berbuka tiba saya masih sibuk memasak. Setidaknya siapkan setengah jam sebelum berbuka agar makanan sudah selesai dipersiapkan. Menjelang berbuka puasa, akan lebih baik untuk kita berkumpul dan berdoa bersama keluarga.

3. Membuat jadwal mengikuti kajian islam (majelis ilmu)

Sumber : Alfityan.org

Mengikuti majelis ilmu adalah kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu di bulan Ramadhan. Carilah kajian yang mengadakan tidak jauh dari rumah atau setidaknya nyaman untuk membawa anak-anak. Jangan lupa untuk membawa note dan pena untuk mencatat hal-hal yang bisa kita baca-baca lagi nanti. Saya sendiri sudah menjalankan ini selama saya mengikuti kajian. Dalam catatan itu, saya akan jelas menulis judul kajian, penceramah, lokasi dan juga tanggalnya agar memudahkan saya saat mencarinya. Catatan-catatan ini sangat membantu saya dan menjadi referensi jika suatu hari saya menghadapi suatu masalah atau pertanyaan seputar pembahasan tersebut.

4. Waktu untuk berolahraga

Sumber : Global News

Selama puasa biasanya jadwal olahraga agak di kendur, apalagi untuk anak-anak. Walau berpuasa sudah tidak asing bagi anak pertama saya, namun kalau diajak jalan atau berolahraga sebentar pasti tidak mau dengan alasan nanti capek dan haus. Biasanya saya akan mengatur jadwal olahraga baik dengan hanya berjalan-jalan di sekitar rumah maupun bersepeda santai di pagi hari, sehingga udara masih cukup segar dan cuacanya tidak panas. Anak akan tetap mendapatkan pahala puasa dan juga tubuh tetap segar.

Jangan Lupa Baca Tips Berolahraga Selama Ramadan

5. Jadwalkan bersilahturahmi

SUmber : Suara.com

Di momen ini jangan lewatkan juga untuk merencanakan kumpul bersama keluarga dan juga teman-teman. Apabila terbiasa sibuk dengan kegiatan masing-masing, di momen puasa ini luangkan waktu untuk kembali mempererat tali silahturahmi bersama keluarga atau kerabat yang mungkin jarang untuk bertemu.

6. Mengisi kegiatan anak

Sumber : amaliah.com

Jika ada anak-anak di rumah jangan lupa juga untuk mengisi kegiatan mereka selama bulan puasa ini. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bisa dengan pesantren kilat, memberikan mereka buku aktivitas yang Islami dan melakukan aktivitas ringan di rumah atau di luar rumah.

Anda bisa baca ide-ide kegiatan untuk anak selama puasa disini

Wah, saya sangat bersemangat sekali menulis ini karena bulan Ramadan sudah “terpampang nyata” di depan mata. Saya sudah rindu sekali dengan suasana puasa dan alunan Al-Quran yang terdengar dari masjid-masjid dan juga dirumah, Subhanallah…sampai berkaca-kaca mata ini.

Jangan lupa untuk membuka hemat.id untuk mendapatkan promo-promo menarik bahan-bahan masakan, buah-buahan, ayam dan daging serta sayuran sebagai persiapan untuk berbuka dan sahur di semua Supermarket, Hypermarket dan juga minimarket di daerah Anda. Bagikan rencana apa yang Anda sudah buat untuk keluarga di bulan Ramadan kali ini? Tuliskan di kolom komentar di bawah ini.

Keluarga besar eDaun mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1440 H, semoga amal ibadah kita di tahun ini di terima Allah SWT…Aamiin.

Sumber :

  1. //www.wikihow.com/Pass-Time-While-Fasting-During-Ramadan
  2. Kajian Dhuha Di Al-fityan School Of Tangerang, Judul Ramadan Kareem, Penceramah Najmah Majituddin. Amd