4 Tips Maksimalkan Ruang Tamu Minimalis

Ruang tamu menjadi pusat ruangan yang keberadaannya cukup penting bagi setiap rumah. Membuat tamu merasa nyaman, menjadi hal yang diidam-idamkan tuan rumah karena artinya siapa saja yang berkunjung merasa senang. Namun, bagaimana ya bila rumah yang kita miliki tidak terlalu luas? Bagaimana pula jika ruang tamu yang menjadi ruangan utama bagi kerabat berkunjung namun memiliki ruangan yang sangat terbatas?

Ruang tamu minimalis Anda dapat dibuat menjadi ruang yang fungsional dan menawan bila disiasati dengan tepat. Berikut ini beberapa inspirasi dekorasi ruang tamu sederhana tanpa memerlukan budget besar yang bisa Anda terapkan di rumah.

1. Percantik Ruang dengan Built In Cabinet

Built In Cabinet merupakan rak penyimpanan dimana pemasangannya dapat disesuaikan dan terintegrasi dengan bentuk ruangan. Dalam bentuk ruang tamu yang kecil, rak ini dapat dipasang dari dasar lantai hingga ke ujung langit-langit sehingga dapat menampung barang lebih banyak tanpa harus memakan banyak ruang. Built in Cabinet menjadi rak multifungsi yang bisa digunakan sebagai tempat memajang perabotan hingga televisi.

Sumber : mhbdk.info    

2. Gunakan Cermin Untuk Membuat Kesan Luas Ruangan

Buat kesan luas ruang tamu Anda yang berukuran kecil dengan cermin. Letakkan cermin secara berseberangan dengan jendela yang ada pada ruang tamu. Selain memberikan kesan mewah, penggunaan cermin dengan posisi seperti ini dapat merefleksikan cahaya sehingga dapat membuat ruangan menjadi lebih terang dan memperluas ruangan secara visual.

Inspirasi Dekorasi Rumah Bertema Valentine

Sumber : policyexpert.co.uk

3. Gunakan Furnitur Serbaguna

Furnitur multifungsi dapat digunakan untuk meminimalisir komponen-komponen yang ada di ruang tamu, sehingga dapat membuat ruang tamu terkesan lebih luas. Kursi ottoman menjadi salah satu rekomendasi furniture yang bisa digunakan untuk ruangan yang tidak terlalu luas. Selain menjadi kursi, meja atau sandaran kaki, kursi ottoman bisa juga digunakan sebagai tempat penyimpanan yang fungsional.

Sumber : Pottery Barn

4. Lesehan

Ingin agar ruang tamu menggunakan sedikit furniture namun tetap tampil cantik dan nyaman? Maka lesehan pun dapat menjadi alternatif dekorasi ruang tamu Anda. Lesehan memungkinkan ruangan dapat didekor tanpa kursi dan meja tamu. Gunakan karpet atau permadani yang lembut, bantal duduk atau cushion yang empuk sebagai pelengkapnya. Warna cerah seperti merah, biru laut, hijau lemon dapat dipilih untuk dapat menghidupkan suasana ruang tamu menjadi lebih menarik. Lesehan dapat membuat aktivitas di ruang tamu menjadi lebih nyaman dan leluasa.

Memilih Barang Yang Sudah Seharusnya Dibuang, Ini Tipsnya

Sumber : bazaar-group.uk

Itu tadi beberapa inspirasi dekorasi ruang tamu minimalis yang dapat Anda aplikasikan di rumah. Namun perlu diingat, besar atau kecil ukuran ruang tamu Anda harus dibarengi dengan kerapihan ruangan yang tetap terjaga, sehingga ruang tamu minimalis Anda akan semakin keren maksimal. Selamat mencoba!

Referensi :

  1. //marthastewart.com/small-space-living-room-decorating-ideas