Tips Menata Ruang Tamu Kecil dengan Sofa Ruang Tamu Minimalis

Apakah Anda memiliki ruang tamu yang kecil? Jangan khawatir! Anda bisa menciptakan ruang tamu kecil menjadi terasa luas dengan mudah.

Ruang tamu merupakan ruang utama yang paling sering dikunjungi baik bagi pemilik rumah maupun orang yang sedang bertamu di rumah Anda. Memiliki ruang tamu yang kecil bukan berarti ruangan Anda menjadi sumpek, tidak nyaman, pengap, dan sempit. Ruang tamu yang kecil jika ditata dengan interior yang tepat dapat memberikan kesan yang luas. Jika Anda bisa membuat ruang tamu menjadi terasa lebih luas, pastinya suasana ruangan akan terasa lebih nyaman.

Bagaimana cara menata ruang tamu yang kecil supaya lebih luas? Yuk disimak beberapa informasi di bawah ini.

Tips menata ruang tamu kecil menjadi terasa luas

Menata ruang tamu yang kecil agar terasa lebih luas bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu menata interior ruangan dengan beberapa furnitur sederhana dan praktis. Sebelum Anda memilih furnitur apa saja untuk ruang tamu, Anda dapat mempersiapkan desain interior ruang tamu dengan beberapa tips di bawah ini :

Cat dinding dengan warna yang cerah

Sumber gambar: Freepik

Jika ruangan dicat dengan warna yang gelap, maka akan memberikan kesan sempit dan monoton. Sebaliknya, ruangan dengan cat berwarna cerah, dapat memberikan kesan lebih luas meskipun sebenarnya adalah ruangan kecil. Hal ini dikarenakan warna cerah dapat memantulkan cahaya, sehingga ruangan menjadi lebih terang. Warna cerah yang dapat memberikan kesan luas pada ruangan yang sempit adalah putih, biru laut, merah muda, krem, abu muda, dan warna pastel lainnya.

Perhatikan sirkulasi udara

Sumber gambar: Pinterest

Sirkulasi udara yang cukup dapat memberikan kenyamanan di ruang tamu yang kecil. Biasanya ruang tamu berada di bagian depan rumah, sehingga jendela pada ruang tamu menghadap ke luar. Jendela berfungsi untuk pertukaran udara dari dalam ke luar rumah. Jika Anda sering membuka jendela ruang tamu, tentunya pertukaran udara akan terjadi lebih sering. Selain itu ruangan yang kecil bisa menjadi lebih terang karena banyaknya cahaya yang masuk dari luar. Bukan hanya terasa lebih luas, ruang tamu yang kecilpun menjadi lebih sehat karena sirkulasi udara yang baik dan sumber cahaya yang cukup.

Gunakan furnitur minimalis

Beberapa furnitur di bawah ini dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk ditambahkan di ruang tamu Anda. Furnitur minimalis ini berfungsi untuk memberikan efek fisual pada ruang tamu yang kecil supaya terasa luas. Anda dapat mempersiapkan beberapa furnitur di bawah ini:

Cermin

Sumber gambar: Pinterest

Memasang cermin di dinding ruang tamu yang kecil dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Pastikan cermin yang dipasang tidak berlebihan agar ruangan tidak menjadi penuh dan sempit. Pasang cermin pada sisi yang dapat merefleksikan jendela, sehingga dapat memberikan kesan yang lebih alami.

Gorden peninggi ruangan

Sumber gambar: Freepik

Pilih gorden yang ukurannya bukan hanya sebatas jendela, namun yang panjangnya hingga ke lantai. Jika Anda memilih gorden yang panjang, maka akan memberi kesan ruangan yang lebih tinggi. Jangan lupa pilih warna gorden yang senada dengan warna cat dinding Anda.

Tanaman hias

Selain menata ruang tamu yang kecil menjadi lebih luas, Anda dapat memberikan kesan lebih alami dan asri jika menambahkan tanaman hias di dalamnya. Tanaman hias dalam pot kecil seperti kaktus, atau bahkan artificial flower juga dapat Anda jadikan sebagai hiasan di ruang tamu Anda. Tanaman hias ini dapat Anda taruh di atas meja kecil atau meja tamu Anda, digantung di dinding, atau di rak pembatas ruangan.

Coffee table

Meja tamu minimalis yang dapat mempercantik ruang tamu Anda atau biasa disebut coffee table. Meja tamu ini memiliki daya tarik tersendiri karena bentuk yang unik dan artistik. Coffee Table dapat ditata di ruang tamu kecil Anda sehingga dapat menyisakan ruang yang lebih luas.

Karpet

Sumber gambar: Shopback

Memasang karpet lantai tepat di bawah sofa, dapat membuat ruangan Anda terasa lebih luas. Anda dapat memilih warna karpet yang senada dengan warna lantai atau cat dinding.

Baca juga Rekomendasi Meja Makan Untuk Ruang Makan Minimalis

Gunakan funitur multifungsi

Di dalam ruang tamu yang kecil, tentunya kita tidak dapat menata barang atau furnitur yang terlalu banyak. Meskipun furnitur tersebut memiliki fungsi yang penting, namun jika hanya membuat ruang menjadi sempit sebaiknya tidak perlu ditata di ruang tamu.

Anda bisa memilih furnitur yang multifungsi sehingga dapat menghemat tempat pada ruang tamu. Furnitur multifungsi adalah benda atau barang yang memiliki fungsi ganda, sehingga bisa menghemat ruang, lebih ringkas dan praktis penggunaannya. Menata ruang tamu dengan furnitur multifungsi dapat menjadi solusi bagi ruang tamu yang kecil. Furnitur multifungsi dapat memberikan kesan ruang tamu yang kecil menjadi lebih luas, tentunya sangat bermanfaat tanpa mengurangi fungsi dari barang tersebut. Beberapa contoh furnitur multifungsi yaitu:

Sofa Bed

Furnitur yang satu ini sedang amat diminati oleh masyarakat. Sofa Bed adalah furnitur rumah tangga dengan model tempat duduk berlapis busa yang dilapisi kain, namun dapat dialihfungsikan menjadi tempat tidur kasur dengan merubah posisi dan bentuknya. Sofa bed memiliki dua fungsi yaitu sebagai tempat duduk di ruang tamu, dan dapat dijadikan tempat tidur dengan merubah posisi dari beberapa bagiannya. Anda dapat menata sofa bed di ruang tamu sehingga ruang tamu Anda bisa dijadikan tempat untuk bertamu ataupun ruang keluarga yang nyaman. Sofa Bed juga bisa dijadikan sebagai tempat tidur di ruang tamu Anda. Jika Anda tidak memiliki ruang atau kamar tambahan untuk tamu, Sofa Bed bisa digunakan saat tamu sedang menginap.

Pembatas ruang multifungsi

Memberikan pembatas ruang pada ruangan yang sempit tidak masalah. Hal ini bertujuan untuk membatasi ruang tamu Anda dengan ruangan yang lain supaya lebih privasi dan tertata. Pembatas ruang tidak harus yang menutupi dari atap hingga lantai sehingga menambah kesan yang lebih sempit. Pilih furnitur yang multifungsi seperti rak penyimpanan karena ukurannya tidak menutupi hingga satu sisi. Rak ini memiliki fungsi yang ganda, selain dapat menyimpan beberapa benda, furnitur ini dapat dijadikan sebagai pembatas ruang dan menjadikan ruang tamu Anda yang kecil lebih rapi. Salah satu rak yang bisa dijadikan rekomendasi untuk ruang tamu Anda adalah Firme Rak Serbaguna.

Meja dan kursi penyimpan barang

Bukan cuma lemari dan rak yang bisa menyimpan barang, meja multifungsi ini juga bisa untuk menyimpan barang lho. Olympic Tuffy Meja Serbaguna ini di desain menjadi tempat menyimpan barang sehingga lebih praktis dan menghemat ruang. Selain itu, meja ini bisa dijadikan bangku karena bagian atasnya rata dan bisa dilepas pasang. Furnitur ini bisa ditata di ruang tamu Anda yang kecil karena sangat ringkas dan serbaguna. Kisaran harganya Rp550ribu.

Meja TV serbaguna

Jika Anda ingin meletakkan televisi di ruang tamu, maka Anda tidak perlu khawatir ruangan menjadi penuh. Meja TV serbaguna ini amat praktis karena ukurannya tidak terlalu besar dan bisa di letakkan di sudut ruangan. Selain itu, meja ini bisa digunakan untuk meletakkan dan menyimpan barang. Selain TV, Anda bisa meletakkan barang lain di atas meja ini, untuk menghias ruang tamu Anda.

Baca juga Ide Design Dapur Minimalis Dan Dekorasinya – Artikel Tips Belanja Hemat

Gunakan sofa minimalis yang cocok untuk ruang tamu kecil

Sofa adalah furnitur rumah tangga yang berfungsi sebagai tempat duduk dan memiliki sandaran untuk tangan dan punggung. Biasanya terbuat dari busa berlapis kain. Furnitur ini termasuk wajib dimililki di ruang tamu, karena berfungsi untuk menjamu tamu agar bisa duduk dengan nyaman. Dahulu, sofa diproduksi dengan ukuran yang besar dan memakan banyak ruang. Namun saat ini, sofa sudah dimodifikasi dengan ukuran yang minimalis. Sofa minimalis adalah sofa dengan desain berukuran kecil, ringkas, praktis dan tetap nyaman untuk digunakan. Sofa minimalis sangat direkomendasikan untuk ruang tamu yang kecil, agar terasa lebih luas dan nyaman. Jenis sofa minimalis:

Sofa sudut

Sofa sudut atau yang biasa disebut Sofa L-Shape bisa menjadi rekomendasi untuk menata ruang tamu yang minimalis. Salah satunya adalah Eshan Home Renata L-Shape, sofa minimalis yang memiliki desain kekinian dan elegan. Sofa ini berukuran 180x95x75 cm, tentunya tidak akan memakan tempat dan cocok untuk ruang tamu yang kecil. Selain itu, Sofa Eshan Home Renata L-Shape terbuat dari bahan yang empuk dan lembut sehingga memberikan kenyamanan untuk duduk di ruang tamu. Kisaran harganya sekitar Rp 3 juta.

Sofa dudukan 2 dan 3

Memilih sofa minimalis tentunya harus mempertimbangkan ukuran ruangan terlebih dahulu. Anda dapat memilih sofa tipe dudukan 2 atau dudukan 3 agar sesuai dengan luas ruang tamu Anda. Contoh sofa dengan tipeĀ  dudukan 2 dan dudukan 3 adalah:

ESHAN HOME 3+2 SEATER MADRID

Jika Anda menginginkan sofa minimalis untuk kapasitas lima dudukan, maka Anda dapat memilih Eshan Home Seater 2+3 Madrid. Sofa ini terbagi menjadi dua dudukan dan tiga dudukan dengan ukuran 160 x 90 x 90 cm dan 195 x 90 x 90 cm. Memiliki desain yang modern dengan kaki sofa yang ramping tentunya dapat memberikan kesan lantai yang luas pada ruang tamu yang kecil. Kisaran harganya Rp 10 juta, dengan bahan dasar sofa yang lembut dan nyaman.

Eshan Home 2 Seater

Sofa dengan dua dudukan ini bisa menjadikan ruang tamu Anda lebih cantik karena designnya yang unik. Eshan Home 2 seater terbuat dari bahan fabric yang nyaman serta material yang kokoh. Ukuranya juga sangat ringkas hanya 140 x 90 x 70 cm sehingga cocok untuk ruang tamu yang tidak terlalu luas. Kisaran harga sofa ini Rp 4 juta, dengan berbagai pilihan warna yang kekinian.

Eshan Home 3 Seater London

Jenis sofa ini memiliki tiga dudukan dalam satu bidang. Terbuat dari material yang sama seperti dua sofa sebelumnya, dengan ukuran 205 x 90 x 90 cm. Eshan Home 3 Seater London ini dijual dengan kisaran harga Rp 6 juta. Sofa dengan design yang simpel ini bisa membuat ruang tamu Anda yang kecil menjadi lebih modern dan estetik.

Nah itulah beberapa tips dan rekomendasi dari penulis yang bisa diinformasikan lewat artikel ini. Anda bisa mendapatkan rekomendasi lainnya di situs hemat.id karena banyak sekali promo dan harga yang menarik. Selain itu, promonya selalu di update setiap hari sehingga Anda bisa mendapatkan harga furnitur yang terbaik.

Sumber:
https://www.google.co.id/books/edition/124_Tips_Membuat_Urusan_Rumah_Tangga_Jad/2I5eDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0&kptab=overview
https://www.google.co.id/books/edition/400_Solusi_Rumah_Mungil/gfK-CwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
https://www.google.co.id/books/edition/Furnitur_Multifungsi_untuk_Rumah_Tipe_22/WmITLIDtuU8C?hl=id&gbpv=0