5 Aplikasi Smartphone Bermanfaat untuk Ibu Pintar

Saat ini, kita bergantung sekali dengan smartphone. Smartphone mungkin sudah bukan lagi barang keinginan, tapi sudah termasuk barang kebutuhan. Semua kegiatan sehari-hari, pasti melibatkan smartphone. Entah berhubungan dengan keluarga, klien, sekolah, berbelanja, dan masih banyak lagi.

Selain digunakan orang untuk bekerja atau anak-anak untuk sekolah dan kuliah, smartphone pun bisa menjadi alat yang bisa mendukung kegiatan sehari-hari ibu rumah tangga. Kali ini saya akan mengupas beberapa aplikasi yang bermanfaat untuk Ibu. Tidak hanya berguna untuk urusan rumah tangga, tapi juga memberikan manfaat positif bagi kejiwaan si ibu sendiri. Penasaran apa saja aplikasinya? Berikut beberapa aplikasi yang memiliki bintang tertinggi dan mendapatkan review bagus di Google Play Store dan sudah saya coba:

Sumber : Google Play Store

Bersih-bersih

Pernahkah Anda merasa waktu berjalan cukup cepat dan 24 jam terasa sangat kurang? Pernahkah merasa bingung untuk mencuci gorden-gorden? Kapan saya harus cuci gorden? Berapa kali perlu cuci gorden? Kalau Anda alami hal ini, Anda butuh menjadwalkan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan dalam harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan.

Tody – Smarter Cleaning, tampilannya menarik dengan nuansa biru dan hijau sehingga nyaman di mata. Walau hanya tersedia dalam bahasa inggris, tidak tersedia dalam bahasa Indonesia, Anda akan tetap bisa menggunakan aplikasi ini karena bahasanya sederhana dan mudah untuk dipahami.

Anda bisa memilih apa saja kegiatan bersih-bersih yang ingin dilakukan pada area-area tersebut dan dilengkapin dengan total berapa kali dalam sehari, seminggu atau sebulan. Aplikasi ini gratis untuk diunduh, tapi Anda bisa membayar untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih lengkap.

Sumber : Google Play Store

Keuangan rumah tangga

Baru pertengahan bulan, kenapa uang belanja sudah nggak cukup? Wah… Kalau sudah begitu, Anda pasti mulai kebingungan. Apalagi jika Anda tidak memiliki pemasukan sendiri, pasti tambah pusing ya. Nah, salah satu tujuan dari aplikasi keuangan rumah tangga adalah membantu kita menjaga keuangan untuk selalu berada dikoridornya dan aman sampai bulan berikutnya. Syukur-syukur bisa menabung.

Manajemen Keuangan – Pengeluaran dan Pemasukan, memiliki bintang 4.9 membuat saya tertarik untuk mengunduh aplikasi ini. Anda tinggal memasukkan berapa pemasukan, pengeluaran dan tanggal perhitungannya, kemudian aplikasi akan memberikan laporan jumlah pemasukan, pengeluaran dan sisa saldo Anda. Sayangnya ada banyak iklan yang seliweran yang cukup mengganggu, tapi dari segi penggunaannya mudah dan sangat bermanfaat.

Sumber : Google Play Store

Resep

Apakah Anda termasuk orang yang menentukan menu masakan secara dadakan setiap harinya? Atau menyusun menu untuk seminggu? Anda mungkin mengalami kehabisan ide menu sajian. Nah, ada aplikasi bernama Yummy yang mungkin bisa membantu Anda.

Saya sudah dua bulanan menggunakan aplikasi ini dan secara umum saya puas, karena menu-menu yang disajikan sangat bervariatif. Ada makanan lokal maupun internasional, serta ada tips dan trik dalam memasak atau cara memilih daging yang segar. Tapi yang membuat saya setia dengan aplikasi ini adalah karena ada fitur yang bisa membantu Anda memasak menu dari bahan yang Anda miliki, misal di rumah hanya ada terong dan telur.

Aplikasi ini bisa membantu mencarikan menu yang sesuai dengan bahan yang Anda miliki. Namun, daftar bahan masakannya masih belum terlalu lengkap, ada beberapa bahan masakan yang tidak ada. Bintangnya 4.7 dan termasuk 10 besar dalam kategori makanan & minuman.

Sumber : Google Play Store

Yoga dan Meditasi

Kenapa saya memilih untuk memasukkan yoga dan meditasi untuk aplikasi ibu pintar? Karena di masa pandemi seperti sekarang ini, orang yang paling stres adalah ibu. Selain lelah secara fisik, ibu pun lelah secara mental. Karena tidak bisa bebas keluar rumah untuk menyalurkan rasa penat selama di rumah, ditambah lagi semua anggota keluarga perlu berada di dalam rumah 24 jam sehari selama pandemi.

Yoga-Track Yoga, memiliki level yoga dan meditasi bagi pemula dan dapat dilakukan di rumah. Dilengkapi dengan langkah-langkah yang mudah untuk diikuti dan dipahami, terdapat pula pilihan kelas yoga apa yang ingin diikuti, misal stress relief, beginners mind, back pain relief, dan lain-lain.

Dari ulasan-ulasan yang saya baca semua pengguna merasa puas dengan aplikasi ini, hanya ada beberapa orang yang menginginkan aplikasi menyediakan bahasa Indonesia.

 

Sumber : Google Play Store

Belanja

Tugas penting lain yang tidak kalah penting adalah berbelanja kebutuhan sehari-hari. Di masa pandemi, kita diberikan posisi sulit. Pemasukan menyusut, kebutuhan sehari-hari tetap banyak. Untuk menekan pengeluaran saat belanja, perlu memakan waktu cukup lama di supermarket demi cari harga paling hemat. Padahal kita nggak boleh terlalu lama di luar. Untungnya, saya terbantu banget dengan aplikasi Hemat.id Kliptalog : Katalog Promo Harga Supermarket.

Bagaimana cara kerja aplikasi ini dalam membantu berbelanja? Sebelum saya berbelanja langsung ke supermarket, saya menggunakan aplikasi ini untuk mempersingkat waktu berbelanja. Dengan aplikasi Kliptalog, Anda bisa membuat daftar belanja yang sudah langsung tersambung ke katalog-katalog terupdate. Anda bisa merencanakan dulu kebutuhan mana saja yang mau dibeli, dengan tinggal klik promo yang ada di katalog, maka akan otomatis masuk ke dalam daftar belanja.

Selain itu Anda pun akan mendapatkan informasi promo lebih awal dari siapa pun karena promo dari aplikasi ini selalu up-to-date, dengan detail yang jelas dan pilihan supermarketnya yang lengkap. Ada juga lho versi websitenya, Anda bisa membuka hemat.id dan akan melihat berbagai artikel menarik dan promo-promo restoran terbaru favorit Anda.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa diunduh di smartphone yang dapat membantu meringankan pekerjaan ibu-ibu pintar di rumah. Apakah Anda pernah mencoba salah satu aplikasi yang ada di atas? Jangan lupa untuk membagikan cerita dan pengalaman Anda saat menggunakan aplikasi di atas atau aplikasi lain yang menurut Anda memberikan manfaat positif untuk Anda.

 

Sumber :

www.Googleplay.com