7 Makanan untuk Hidrasi Tubuh

Air merupakan unsur utama dalam tubuh, 50-60% dari total berat tubuh kita terdiri dari air. Jadi penting sekali Anda untuk selalu terhidrasi, terutama setelah berolahraga dan saat sakit. Untuk memenuhi kebutuhan air kita selalu di anjurkan untuk minum air sekitar 2-3 liter dalam sehari.

Jika tubuh kekurangan cairan dapat menyebabkan kelelahan yang berlebihan, sakit kepala, masalah kulit, kram otot, turunnya tekanan darah, dan mempercepat detak jantung. Bahkan jika Anda mengalami dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan komplikasi serius seperti gagal organ.

Tapi tahukah tidak hanya dengan minum air putih saja yang dapat membuat tubuh selalu hidrasi tapi ada juga beberapa jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan itu. Berikut beberapa makanan yang dapat menghidrasi tubuh  :

Sumber : Pexels.com

1. Mentimun

Selama ini kita tahu semangka adalah makanan yang banyak mengandung air, tapi menurut Ilyse Schapiro, RD dan rekan penulis Should I Scop Out My Bagel?, ternyata kandungan air pada mentimun mengalahkan semangka dengan kandungan air sekitar 95%. Termasuk di dalamnya terkandung potasium yang dapat membantu mencegah stroke, zat anti-inflamasi, dan fisetin yang dapat menjaga kesehatan otak.

sumber : pexels.com

2. Seledri

Selain memiliki kandungan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, seledri juga mengandung 95% air. Karena memiliki kandungan air yang tinggi inilah seledri dipilih kebanyakan orang yang sedang menjalankan diet.

Sumber : Pexels.com

3. Semangka

Buah ini nikmat sekali dimakan saat cuaca sedang panas, hal ini karena kandungan airnya yang melimpah. lebih tepatnya mengandung air sebanyak 92%, dan buah semangka juga merupakan buah dengan kandungan air terbanyak di antara makanan hidrasi lainnya. Dalam 154 gram potongan semangka terkandung 118 ml air juga serat dan beberapa nutrisi penting lainnya, termasuk juga vitamin C, Vitamin C, Magnesium, dan kalori sebesar 46 kalori.

Sumber : Pexels.com

4. Tomat

Tomat mengandung sekitar 95% dan sejumlah besar vitamin dan mineral, termasuk vitamin A dan C yang diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh, saya termasuk ibu yang suka memasukkan tomat hampir ke semua masakan. Dari telur dadar, tumisan, sayuran kuah, dan menjadikan makanan pendamping untuk ikan atau nasi goreng.

Sumber : Pexels.com

5. Nanas

Buah nanas populer sekali di kota kelahiran saya Palembang, buah nanas selalu menjadi pilihan sebagai buah yang disajikan setelah makan utama. Selain enak di makan langsung, nanas juga nikmat dibuat jus.

Walau tidak setinggi makanan yang dapat menghidrasi yang ada di atas, nanas mengandung sekitar 86% air dan tapi banyak mengandung vitamin C, vitamin B, magnesium, kalium, mangan, bromelin, dan enzim.

Sumber : Freepik.com

6. Susu rendah lemak

Susu rendah lemak mengandung kadar air yang cukup tinggi, sekitar 91%. Susu rendah lemak sangat baik di minum saat berolahraga, agar tubuh tetap terhidrasi.

Sumber : Freepik.com

7. Kembang Kol

Sepanjang pengetahuan saya mengenai sayur-sayuran, saya baru mengetahui bahwa kembang kol memiliki kadar air yang cukup tinggi, yaitu sebesar 92%. Jadi pada setiap 100 gram kembang kol terdapat sekitar 59 ml air, 3 gram serat, dan 25 kalori. Dan kolin merupakan salah satu kandungan dalam kembang kol yang tidak ditemukan pada banyak makanan lain, kolin merupakan nutrisi penting untuk kesehatan otak dan metabolisme tubuh.

Itulah beberapa contoh makanan yang memiliki kadar air yang cukup tinggi, masih ada banyak lagi contoh makanan lain tapi daftar di atas adalah jenis makanan yang memiliki kadar cukup tinggi dan mudah untuk di dapatkan. Anda akan dengan mudah menemukan bahan makanan di atas di supermarket maupun minimarket favorit Anda, dan untuk mendapatkan harga promo terhemat Anda bisa membuka hemat.id dan membuat daftar belanjanya di aplikasi Kliptalog.

Bagikan cerita dan pengalaman Anda dalam menjaga tubuh untuk selalu terhidrasi, tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber :

  1. //www.ncbi.nlm.nih.gov/
  2. //fdc.nal.usda.gov/
  3. //fdc.nal.usda.gov/
  4. //fdc.nal.usda.gov/
  5. //fdc.nal.usda.gov/
  6. //fdc.nal.usda.gov/
  7. //nutritiondata.self.com/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!