7 Tips Ampuh Agar Nasi di Rice Cooker Tidak Mudah Basi

Pernahkah Bunda mendapati nasi yang baru semalam dimasak namun sudah berair dan berbau di pagi hari? Saya sering sekali mengalami hal itu, dan akhirnya nasi terbuang sia-sia. Berikut kumpulan tips yang saya dapat dari beberapa ibu-ibu :

1. Rutin memeriksa rice cooker

Sumber : My Plastic-free Life

Kabel yang sudah rusak atau komponen dalam rice cooker yang rusak ternyata bisa mempengaruhi ketahanan nasi, bahkan bisa membuat nasi berwarna kuning. Jadi rutin memeriksa kondisi kabel dan pastikan rice cooker masih berfungsi sebagai mana mestinya.

Rice cooker yang berkualitas juga termasuk investasi, karena dengan memilih rice cooker yang berkualitas maka sudah dapat dipastikan ketahanannya, hasil nasi yang berkualitas dan juga dayanya yang hemat.

Lihat juga harga promo terhemat rice cooker dari berbagai supermarket di Indonesia!

2. Menambahkan air jeruk nipis

Sumber : Resep Kesehatan dari Bunda

Selain memperhatikan rice cooker yang digunakan, Bunda bisa menambahkan perasan air jeruk nipis. Untuk beras sebanyak    gr, Bunda bisa menambahkan 1/4 air perasan jeruk nipis. Selain kegunaannya untuk membuat nasi tidak cepat basi, menambahkan perasan air jeruk nipis bisa membuat tampilan nasi Bunda menjadi lebih putih.

Jika ditambah perasan air jeruk nipis apakah tidak terasa asam? Jawabannya, tidak. Trik ini sudah saya praktekkan dan nasi saya tidak ada rasa asam sama sekali.

3. Menutup tutup rice cooker dengan kain

Sumber : Cari Makan

Setelah nasi matang, diamkan nasi sekitar 5 menit, cabut dari stop kontak, lalu tutup rice cooker dengan kain berbahan kaos untuk menyerap uap air yang menempel pada tutup rice cooker. Kemudian, tutup rice cooker nya.

4. Cuci beras dengan benar

Sumber : Pertanianku

Cucilah beras sebanyak 2 kali hingga 3 kali agar serat nasi tidak hilang. Dan jangan mencuci beras dalam panci rice cooker karena bisa menggores lapisan anti lengketnya.

5. Kebersihan rice cooker

Sumber : Bacaterus

Perhatikan juga kebersihan rice cooker. Misalnya pada sela-sela karet yang berada dalam penutup rice cooker, jika terdapat sisa nasi basi atau sisa makanan lain yang mungkin dihangatkan di dalam rice cooker dan menempel di sana, disarankan untuk segera membersihkan sisa makanan tersebut dengan menggunakan lap yang telah dibasahi dengan air hangat. Sisa-sisa makanan yang tidak segera dibersihkan juga menjadi salah satu penyebab utama nasi menjadi cepat basi atau beraroma basi.

Jika lubang tempat keluarnya uap kotor dan tersumbat, hal ini bisa mengubah tempat pengeluaran uap menjadi tempat berkembang biaknya bakteri pembusuk, serta uap air yang melewatinya bisa terkontaminasi bakteri dan membuat nasi menjadi cepat basi.

6. Masukkan sisa nasi ke dalam kulkas

Sumber : Hello Sehat

Jika ada sisa nasi, Bunda bisa masukkan ke dalam tempat makan yang tertutup lalu masukkan ke dalam kulkas. Memasukkan nasi kedalam kulkas bisa membuat nasi tetap kering dan cocok sekali untuk dimasak menjadi nasi goreng keesokan harinya.

7. Masak sekali makan

Sumber : ResepKoki

Cara terakhir adalah memasak untuk sekali makan saja, agar nasi selalu fresh. Disarankan untuk mengetahui seberapa banyak nasi yang seharusnya dimasak sehingga bisa langsung habis sekali buat. Tapi untuk penderita diabetes, dianjurkan untuk tetap makan nasi sisa kemarin dan membatasi konsumsi nasi.

Jenis beras juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas nasi. Jadi jangan salah pilih beras ya Bunda… Tidak perlu kawatir masalah harga, di hemat.id Bunda dapat memperoleh informasi harga terhemat dari beras berkualitas.

Lihat harga promo terhemat beras dari berbagai supermarket!

Hemat.id menyediakan informasi promo dari berbagai supermarket, hypermart dan minimarket di daerah Anda, segera kunjungi www.hemat.id sebelum kehabisan promonya!

Sumber :
jabar.tribunnews.com/2017/02/02/ternyata-ini-penyebab-nasi-cepat-basi

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!