Efektif Penggunaan Air Saat Musim Kemarau

Selama hampir 7 tahun ini tinggal di daerah Tangerang, saya sudah pernah mengalami yang namanya sumur bor kering. Rasanya tidak nyaman karena kekurangan air sampai ganti-gantian dengan tetangga lain untuk mengambil air di rumah tetangga yang sumurnya masih memiliki air. Dan tahun ini saya hampir saja mengalami lagi, air masih ada tapi mulai lama mengisi airnya.

Jadi saya bertekad tidak mau mengalami sampai harus mengisi air dari tetangga. Dengan air yang ada, saya mau mencoba mempergunakan air seefektif mungkin tapi tetap bisa melakukan kegiatan sehari-hari, berikut beberapa hal yang saya lakukan :

1. Gunakan shower dibanding mandi dengan gayung

Shower.jpg
Photo Source: pixabay.com

Mandi dengan menggunakan shower bisa menghemat air kira-kira sebanyak 65% dibandingkan mandi dengan menggunakan air yang ditampung lalu mandi dengan menggunakan gayung.

2. Cuci piring dengan baking soda

BakingSoda.jpg
Photo Source: pinterest.com

Salah satu cara yang saya adopsi dari penelusuran di Google adalah dengan mencampurkan air bilasan dengan baking powder saat kita akan mencuci piring. Manfaatnya adalah agar air bilasan tidak cepat berbusa jadi bisa dipakai terus-menerus dan meminimalisasi pemakaian air . Jika air cepat berbusa, kita cenderung buru-buru menggantinya.

3. Mandi 1x sehari

Mandi.jpg
Photo Source: pinterest.com

Salah satu pengorbanan yang harus saya alami adalah mandi hanya sekali dalam sehari dan hal ini berlaku untuk sebagian orang. Karena untuk anak-anak, sebelum sekolah harus tetap mandi. Serta sebelum tidur akan tetap saya seka dengan air hangat dan sabun, agar mereka merasa nyaman saat tidur. Sedangkan saya hanya mandi di sore hari.

4. Siram tanaman dengan air beras

SiramTanaman.jpg
Photo Source: pinterest.com

Selain menggunakan air bekas cucian beras, saya juga menggunakan air bekas mencuci buah atau sayur yang khusus saya tampung di satu baskom atau ember, selain itu air tersebut bisa juga untuk menyiram jalan di depan rumah agar tidak terlalu berdebu.

Lihat juga harga promo beras terhemat dari berbagai supermarket!

5. Memanfaatkan air buangan AC

Photo Source: Batas Media

Walau sedikit, air AC juga bisa kita manfaatkan, misalnya untuk menyiram tanaman atau digunakan sebagai air untuk kita mengepel.

Lihat juga harga promo AC terhemat dari berbagai supermarket!

6. Mencuci pakaian

Mencuci Pakaian.jpg
Photo Source: 123rf.com

Untuk meminimilisasi penggunaan air saat membilas saya lebih memilih mengurangi penggunaan deterjen dan melebihkan sedikit penggunaan penghilang noda seperti Vanish. Hal ini saya lakukan agar air bilasan tidak terlalu banyak atau bahkan tidak perlu.

Atau bisa juga memilih detergent dan pewangi pakaian sekali bilas agar bisa menghemat air sampai 20 liter.

Lalu, sisa bilasan dari bekas cucian bisa Anda gunakan untuk membersihkan kaca dan meja yang berdebu atau untuk mencuci sepeda maupun sandal.

Lihat harga promo deterjen termurah dari berbagai supermarket!

7. Selalu siap tong atau wadah air di bawah talang air

Sumber : Architectaria

Di musim kemarau seperti tahun ini, dalam 2 bulan ada satu hingga dua kali hujan yang intensinya lumayan. Jadi saat kita mungkin tidak dirumah atau refleknya kurang cepat, meletakkan tong atau ember pada posisi strategis berguna untuk mendapatkan tambahan air tanpa harus berlomba cepat dengan air.

8. Memeriksa keran-keran air

Periksa Keran.jpg
Photo Source: pinterest.com

Selalu cek keran-keran yang ada di rumah, di kamar mandi, di taman atau di depan rumah. Pastikan keran-keran tersebut dalam keadaan normal dan tidak ada yang bocor, karena kebocoran seperti itu bisa membuat air terbuang sia-sia sampai 10 ltr jika didiamkan semalaman atau seharian.

9. Memberi pengertian ke anak-anak

Jika orang dewasa mungkin sudah mengerti saat musim kemarau air harus di hemat, tapi anak-anak mungkin agak sedikit sulit. Jangan menyerah untuk terus memberi tahu, mengingatkan dan memberi pengertian kepada anak-anak bahwa sekarang kita sedang menghemat air karena sedang musim kemarau.

Beberapa produk yang saya sebut di atas seperti detergent atau ember bisa Anda dapatkan dengan harga promo yang bisa anda dilihat di website hemat.id yang memberikan informasi promo-promo yang sedang berlangsung di berbagai supermarket, hypermarket, dan minimarket di daerah Anda

Itulah beberapa cara saya agar efisien dalam memakai air. Mungkin salah satunya bisa memberikan inspirasi atau bisa ditiru. Saya pun ingin tahu bagaimana cara Anda dan keluarga dalam menghemat air selama musim kemarau ini, tuliskan pendapat dan cerita Anda pada kolom komentar di bawah.

Sumber :
cleanipedia.com/id/peduli-lingkungan/bagaimana-cara-menghemat-air-bersih-di-rumah