9 Ide Desain Ruangan Bawah Tangga yang Multifungsi

Area bawah tangga sering membuat mati gaya dalam menatanya. Bentuknya yang miring dan terlihat tidak nyaman untuk dijadikan ruangan fungsional, membuat sebagian orang hanya menjadikan area bawah tangga menjadi ruang mati. Padahal Anda tidak ingin area tersebut menjadi titik fokus yang salah untuk tamu Anda.

Tapi jangan khawatir, ada banyak sekali ide menarik dan unik yang bisa Anda tiru dalam menata area bawah tangga. Anda bisa melakukan penataan yang mudah dan bahkan terlihat estetik. Berikut beberapa idenya:

Sumber : https://www.nevillejohnson.co.uk

Fungsikan sebagai tempat kerja

Tergantung dengan ukuran area bawah tangga, Anda bisa menyisipkan meja kerja yang dilengkapi dengan lampu meja, rak melayang untuk meletakkan dekorasi, maupun vas bunga untuk mempercantik meja agar betah saat bekerja.

POUCHU meja komputer mungkin bisa menjadi alternatif pilihan Anda, karena dirancang supaya Anda mudah menata komponen komputer atau laptop. Tersedia rak lain yang kokoh dan dapat difungsikan sebagai tempat meletakkan printer, menyimpan dokumen penting dan perlengkapan kantor lainnya.

Material dari MDF dengan finishing PVC dan metal frame, ukuran 104 x 40 x 128 cm, dipadu dengan warna Wooden yang elegan. Jangan lupa untuk melengkapi ruang kerja di rumah dengan kursi kerja yang nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu lama.

 

Sumber : Pinterest

Sulap menjadi mushola mini

Manfaatkan area bawah tangga menjadi mushola yang bisa digunakan oleh keluarga dan tamu yang berkunjung ke rumah. Letakkan ornamen kaligrafi di dinding, beri karpet sebagai alas, dan pendingin ruangan agar orang yang menggunakan mushola nyaman dalam melaksanakan kewajibannya. Contohnya, gunakan kipas angin SEKAI IST 1851 Industrial Fan yang dapat diletakkan di dinding, meja dan lantai. Ukuran kipas 18 inci, dilengkapi dengan 3 tingkat kecepatan, dengan konsumsi daya yang relatif kecil, yaitu hanya sebesar 50 watt dan berat 6.000 gram.

Hembusan anginnya kencang karena motornya menggunakan 100% bahan tembaga, jadi bisa menjangkau area yang lebih luas. Kemudian tambahkan juga lemari penyimpanan yang dapat digunakan untuk menggantung mukenah dan menyimpan Al-Qur’an dan buku pengetahuan keagamaan lainnya.

Menciptakan Mushola Nyaman Dirumah

Sumber : https://i.shelterness.com/

Sudut baca

Salah satu ide yang bagus untuk menjadikan area bawah tangga ini sebagai area membaca untuk keluarga. Bisa dijadikan tempat lesehan dengan menambahkan karpet dan bantal duduk agar momen membaca jadi lebih menyenangkan. Atau menyisipkan single sofa seperti Recliner Cherry yang merupakan kursi santai yang juga bisa dijadikan kursi untuk membaca. Single sofa ini dilengkapi sandaran tangan dan bantal berlapis yang sangat empuk, serta sandaran kaki yang dapat dibuka (reclining).

Materialnya dari kulit PVC sehingga tahan air, dengan konstruksi dari hard wood, dan bantalan berisi terdiri dari foam dan darcon. Sedangkan rangka kursi terbuat dari iron mechanical frame, sudut duduk mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran 84 x 93 x 104 cm dan berat 55 kg. Warnanya hitam sehingga Anda mudah untuk memadu pandankan dengan furniture di sekitarnya.

Di area sudut baca, Anda juga bisa menambahkan rak-rak gantung atau lemari buku sebagai tempat untuk menyimpan buku-buku kesukaan keluarga. Jangan lupa untuk menambahkan lampu dinding maupun lantai untuk memberikan penerangan yang lebih baik saat Anda atau anak-anak sedang membaca atau sedang membahas suatu buku dengan keluarga.

Beli Promo Sofa Recliner 1 Seater Cherry Black di Courts BTM

Beli Promo Sofa Recliner 1 Seater Cherry Black di Courts Bintaro

Beli Promo Sofa Recliner 1 Seater Cherry Black di Courts Megastore KHI

Beli Promo Sofa Recliner 1 Seater Cherry Black di Courts MBH

Sumber : https://st.hzcdn.com

Kandang hewan peliharaan

Buat Anda yang memiliki peliharaan seperti anjing atau kucing dan tidak memiliki cukup ruang untuk meletakkan kandang, maka area ini cukup baik untuk kandang. Anda bisa menyusupkan kandang langsung ke bawah tangga atau membuat area tersebut menjadi area khusus untuk peliharaan Anda.

Anda tinggal menambahkan perlengkapan hewan, seperti mangkok, tempat menggaruk, box pasir, rak penyimpanan dan alas agar hewan peliharaan Anda bisa tidur. Selain barang-barang penting ini, Anda pun bisa membuat taman bermain di dinding jika hewan peliharaan Anda adalah seekor kucing.

Sumber : https://i.ytimg.com

Jadikan area santai keluarga

Untuk menjadikan area tangga menjadi pusat hiburan keluarga, Anda bisa menjadikan area bawah tangga menjadi ruang keluarga. Anda tinggal menambahkan Meja Minimalis Graver Viral Sideboard CRD2189. Material terbuat dari partikel board dengan ukuran 140 x 40 x 80 cm, meja ini cocok sekali untuk dijadikan meja televisi yang bisa diletakkan di bawah area tangga.

Tersedia warna Colombia walnut membuat meja ini terlihat elegan dan minimalis sehingga cocok untuk di padukan dengan New Cullen sofa sudut, material alas dari sofa ini terbuat dari kain sehingga nyaman saat diduduki. Frame terbuat dari hard wood dengan isian dudukan foam, ukuran kursi 129 x 80 x 88 cm sedangkan chaise ukurannya 73 x 153 x 88 cm.

Pastikan Anda meletakkan televisi dengan ukuran yang sesuai luas ruangan agar nyaman di mata tanpa membuat ruangan menjadi terlihat sesak. Lengkapi juga ruang santai ini dengan meja kopi dan karpet motif menarik sesuai luas ruangan.

Sumber : https://www.architectureartdesigns.com

Area display tanaman atau taman mini

Bagi Anda pencinta tanaman hias, maka ide ini sangat cocok untuk Anda terapkan di rumah. Anda tinggal menambah rak-rak atau lemari dengan konsep open shelve untuk memajang tanaman hias kesayangan Anda. Tata sesuai dengan ukuran tanaman dan berikan pot dengan warna yang sama untuk memperindah tampilan koleksi.

Agar tidak terlalu monoton, Anda juga bisa menambahkan beberapa dekorasi di antara tanaman hias Anda. Selain sebagai pemanis ruangan, dengan menambahkan tanaman di dalam ruang bisa menjadi titik fokus saat Anda terlalu lama menatap layar televisi atau gadget.

Atau jika Anda tidak memiliki halaman yang luas, Anda bisa menciptakan taman mini di bawah tangga untuk menciptan efek segar pada ruangan. Apalagi jika Anda memiliki atap kaca atau atap transparan yang berada di area tangga, sehingga tanaman bisa mendapat limpahan sinar matahari yang cukup.

Sumber : https://www.woodsmithplans.com

Area Penyimpanan

Biasanya area bawah tangga berakhir menjadi gudang atau tempat penyimpanan barang-barang yang jarang dipakai. Boleh-boleh saja, asal buatlah area ini menjadi area penyimpanan yang lebih bergaya dan tetap sedap di pandang mata.

Letakkan kabinet dengan ukuran yang sesuai dengan area bawah tangga dan lengkapi dengan box container dengan berbagai ukuran yang fungsinya sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda. Atau Anda bisa desain sesuai dengan kebutuhan Anda dan membuatnya secara custom.

Sumber : https://www.homecrux.com/

Area belajar

Tidak ada salahnya jika Anda menjadikan area bawah tangga menjadi area belajar anak-anak. Alih-alih meletakkan meja belajar anak-anak di dalam kamar mereka, Anda bisa memberikan papan tulis di dinding di bawah tangga dan meletakkan meja belajar menghadap papan tulis agar bisa dijadikan ruang belajar atau ruang les jika anak-anak mengikuti les privat di rumah.

Selain itu dengan meletakkan meja belajar di area yang terbuka, bisa membuat Anda mendampingi anak belajar dan sambil tetap bisa melakukan pekerjaan rumah tangga atau memasak.

Sumber : https://www.contemporist.com

Pusat pembuatan teh & kopi

Para pencinta kopi dan teh pasti sangat suka dengan ide ini. Anda bisa menciptakan coffee station di rumah dengan meletakkan meja panjang seperti NAVIN Console Desk, yang di atasnya terdapat coffee maker, berbagai jenis kopi favorit, mug-mug cantik, pengaduk, dan perlengkapan membuat kopi lainnya.

Untuk pusat pembuatan teh, Anda bisa meletakkan termos atau dispenser dengan koleksi teh yang Anda suka, lengkapi dengan krimer dan juga gula. Jangan lupa juga dengan gelas-gelas teh menarik yang siap untuk digunakan untuk tamu atau saat Anda sedang ingin santai di rumah, jangan lupa untuk menghias area ini dengan quote-quote menarik seputar kopi atau teh dan bunga atau dekorasi menarik lainnya.

Itulah beberapa ide menarik seputar menata area bawah tangga yang bisa Anda jadikan referensi untuk diterapkan di rumah Anda. Anda pun bisa menggabungkan dua fungsi menjadi satu pada area tangga ini. Misal menggabungkan area kerja atau area belajar dengan sudut membaca, atau menggabungkan area belajar dengan kandang peliharaan.

Ingatlah untuk tidak terlalu berlebihan dalam meletakkan berbagai macam dekorasi atau penataan. Buatlah sederhana agar tidak terkesan berantakan, karena area ini akan sering dilewati jadi membuatnya lebih sederhana jauh lebih baik.