Tujuh Cara Membuat Nyaman di Dapur

Pandemi belum berakhir, tapi sepertinya kita sudah mulai beradaptasi dengan kondisi “New Normal” ya Sahabat Hemat? Terutama tentang memilih dan mengolah makanan yang akan kita konsumsi. Saya pribadi mulai merasa tidak nyaman saat keluar rumah tidak memakai masker atau tidak mencuci tangan setelah kembali dari luar rumah. Pandemi mengajarkan kita hidup lebih bersih, lebih berkesadaran dan lebih sehat.

Ngomong-ngomong soal makan, adakah disini yang termasuk tim malas masak seperti saya? Hehe, saya memang termasuk dalam geng Ibu-Ibu doyan makan tapi malas masak. Tapi nggak mungkin ya Bun setiap makan beli terus, selain mengganggu kestabilan finansial, nggak sehat juga pastinya. Bahan makanan, proses memasak dan higienitasnya pasti sulit untuk kita kontrol. Oleh karena itu, solusi terbaiknya adalah dengan membuat dapur nyaman sehingga kita betah untuk bereksperimen di dapur untuk menyiapkan makanan enak dan sehat untuk keluarga. Beberapa tips dibawah ini semoga bisa membuat vibe dapur lebih asik untuk memasak, membuat betah dan membuat lebih mudah dalam proses memasak. Disimak yuk Bun!

1. Weekly Meal Plan

Dari pengalaman saya selama enam tahun menjadi istri dan Ibu, masalah klasik Ibu-ibu adalah perkara “hari ini mau masak apa”. Bahkan banyak juga yang sudah memikirkan ini di kasur sebelum tidur di hari sebelumnya. “Besok masak apa ya?”. Padahal sebelum tidur itu kita disarankan dalam posisi relaks, santai, pikiran plong agar detoksifikasi selama jam tidur berjalan dengan baik sehingga bangun esok paginya tubuh fresh. Cara terbaik mengatasinya adalah dengan membuat meal plan. Dengan meal plan, kita bisa less stress dan mencegah badmood atau “rungsing” akibat bingung mau masak apa hari ini. Lalu kemudian muncul beberapa pertanyaan berikut saat akan membuat meal plan :

  1. Kapan sebaiknya membuat meal plan? Sebaiknya sisihkan satu hari waktu luang untuk libur memasak dan fokus membuat meal plan untuk seminggu ke depan. Misalkan hari minggu, bisa dijadikan waktu cuti memasak untuk Ibu. Makanan bisa delivery food atau makan di luar bersama keluarga sembari quality time. Buibu juga butuh waktu refreshing ya biar mood terjaga. Ajak keluarga membahas dan memikirkan menu seminggu ke depan. Kegiatan membuat meal plan ini bisa juga dijadikan quality time bersama keluarga sambil berdiskusi setiap keluarga ingin request menu apa saja.
  2. Bagaimana jika saat eksekusi tidak sesuai meal planMeal plan ini hanya guidance ya Bun, semacam ide resep biar nggak bingung setiap ke dapur mau masak apa. Tidak perlu saklek harus sesuai dengan yang sudah didesain. JIka ada momen saat kita mendapat kiriman makanan dari tetangga, atau saat ada acara makan mendadak di luar, artinya meal plan pada hari tersebut bisa diskip lalu fokus mengonsumsi makanan yang memang sudah tersedia. Atau jika makanan sudah terlanjur dimasak, meal plan untuk besok harinya bisa di skip.
  3. Bagaimana jika bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu meal plan tidak tersedia? Masalah ini biasanya terjadi saat kita berbelanja membawa daftar belanja yang sesuai dengan meal plan yang sudah dirancang tapi bahan yang akan dibeli tidak tersedia di pasar atau di supermarket. Nggak papa Bun, diedit saja menunya atau beli bahan tersebut di lain hari. Dibikin fleksibel saja biar nggak pusing. Tips dari saya, jangan lupa membuat list barang yang akan dibeli di aplikasi Kliptalog sembari mencari harga terbaik dari sekian banyak tempat yang menawarkan promo. Bisa juga cek di hemat.id.

Selain memudahkan proses menentukan menu, meal plan juga bisa membantu budgeting mingguan dan membantu penghematan anggaran karena pengeluaran yang tidak perlu karena terlalu banyak jajan. Jadi yuk bikin meal plan di rumah, tempel di kulkas list menunya untuk memudahkan Bunda dan semua anggota keluarga melihat menu makanan hari ini.

2. Pilih Menu Simple

Agar saat eksekusi tidak jiper duluan melihat menu yang sulit dibuat sementara tugas domestik lain sudah menanti, pastikan menu yang akan dimasak bisa dibuat sat set beres ya Bun. Kalau pun ingin berkreasi, subsidi silang menu yang sulit dengan yang mudah. Misal masak menu yang ribet dan sekalian banyak seperti rendang, dikombinasikan dengan rebus sayur bayam. Jadi yang satu sulit yang satu tinggal cemplung-cemplung saja beres. Untuk yang punya bayi pasti harus spending waktu lagi untuk membuat MPASI. Yang punya balita dan belum bisa makan pedas pasti harus membuat menu terpisah (pengalaman saya ini hiks). Jadi pastikan menu yang dipilih setiap harinya tidak membuat waktu seharian hanya habis di dapur.

Saat belanja mingguan untuk meal plan, Anda juga bisa sekaligus melakukan meal prep sehingga proses memasak pun akan lebih cepat dan mudah. Anda bisa mencari template Weekly Meal Plan di google, atau membeli blanko nya di marketplace atau membuat sendiri kreasi Anda. Sisipkan opsi menu pengganti yang mirip kalau-kalau menu yang sudah di setting terkendala bahan atau waktu yang mepet.

3. Desain Dapur Easy Access

Dapur yang berantakan sudah pasti membuat proses memasak lebih ribet. Untuk saya pribadi, dapur yang berantakan bikin badmood dan males masak. Sebaiknya setting meja dapur bebas barang sehingga Anda bisa melakukan preparasi bahan makanan dengan leluasa. Memiliki kitchen set yang bisa menampung segala barang, bahan makanan dan bumbu dapur akan membuat dapur terlihat luas dan lega untuk proses memasak. Pastikan menyimpan barang yang sering digunakan pada posisi yang mudah dijangkau. Dengan desain yang tertata, kita juga akan terbiasa membereskan kembali barang yang sudah dipakai sehingga kerapian dapur selalu terjaga.

Jika Anda tidak memiliki kitchen set, Anda bisa menggunakan tirai untuk menutup bagian bawah kitchen table dan menggunakan rak bertingkat untuk merapikan bahan makanan yang akan disimpan. Bulan Februari ini ada promo menarik rak bertingkat dari Courts, di cek yuk Bun, mungkin sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Cek promo OLYMPLAST Rak Serbaguna 3 Tier

4. Dekorasi Dapur Sesuai Selera

Sebagai penguasa dapur, Ibu pasti orang yang paling sering hang out di dapur. Untuk semakin membuat cozy area hang out, tata dapur dengan pernak pernik yang Anda suka. Sebagai pecinta warna putih, saya mendesain dapur saya dengan dominasi warna putih. Meletakkan beberapa vas bunga yang saya suka untuk mempercantik suasana. Anda juga bisa memajang quote yang membangkitkan semangat atau pajangan vintage kesukaan Anda. Setting dapur senyaman ruang keluarga agar Anda betah berlama-lama di dapur sembari bahagia menyiapkan makanan.

Saya termasuk yang senang memberikan label pada toples bahan makanan yang ada di dapur. Saya memilih toples kaca karena sifatnya yang tidak mengontaminasi makanan dibandingkan dengan wadah plastik yang bisa melepaskan partikel mikro plastik. Dan pastinya lebih estetik!

5. Cookware & Perabotan Multifungsi

Ini penting untuk kaum milenial yang memiliki space terbatas. Perabotan atau cookware multifungsi akan sangat menghemat area penyimpanan di dapur. Pengalaman enam tahun di dapur cukup membantu saya meminimalkan dan memetakan barang apa yang diperlukan atau tidak diperlukan. Barang apa yang bisa multifungsi.

Keuntungan lain dari meminimalkan barang di dapur adalah mengurangi area yang berantakkan, Anda bisa mengalokasikan dana untuk hal yang lebih baik seperti berinvestasi serta memastikan semua barang yang ada terpakai maksimal. Sebagai penganut paham minimalis, berikut beberapa list barang yang bisa saling menggantikan :

Cek promo Zen MK-126 Meja Makan

  1. Perabotan multifungsi rekomendasi saya adalah meja makan yang super minimalis, hemat space tapi bisa jadi storage juga. Mantap betul! Meja makan tersebut adalah ZEN MK-126 meja makan dari Courts. Anda bisa menggunakannya sebagai meja makan untuk kapasitas 4-6 orang dan juga untuk menyimpan barang di laci bagian bawahnya. Dengan desain table top berwarna putih akan membuat tampilan meja makan terlihat bersih dan luas. Desain nuansa natural ini juga bisa membuat meja makan difungsikan sebagai meja sisi yang cantik di ruang keluarga. Bagian kaki yang memiliki roda dengan pengunci akan memudahkan Anda memindahkan meja makan di seluruh area rumah. Pilihan tepat, hemat dan banyak guna.
  2. Untuk keluarga kecil, Anda bisa membeli sauce pan untuk menggoreng sekaligus memasak makanan berkuah. Sauce pan biasanya memiliki tutup sehingga Anda bisa sekaligus menutup panci untuk mencegah percikan minyak.
  3. Sebagai antisipasi kalau harus memasak makanan dalam jumlah besar, Anda bisa memilih wajan wok yang bisa juga berfungsi untuk membuat pancake.
  4. Untuk Anda yang tidak terlalu suka baking tapi ingin sesekali memanggang, lebih baik memilih membeli air fryer dibandingkan oven. Karena air fryer bisa Anda gunakan juga untuk menggoreng dan memanggang namun tidak terlalu memakan space.
  5. Untuk MPASI bayi saya lebih menyarankan membeli chopper dibandingkan baby food processor karena chopper bisa digunakan untuk memasak menu untuk orang dewasa lainnya. Untuk menghangatkan MPASI atau ASIP saya lebih memilih menggunakan kukusan dibanding baby warmer machine karena kukusan bisa sekaligus dipakai memasak berbagai masakan lainnya.
  6. Perkara persutilan, sejatinya Anda hanya membutuhkan dense spoon, shovel, soup spoon dan capitan. Dengan empat peralatan tempur ini Anda sudah bisa memasak apa saja di dapur. Sebaiknya gunakan sutil berbahan kayu atau stainless steel daripada silikon yang memiliki efek samping negatif yang bisa mengontaminasi makanan.
  7. Talenan bisa dipisahkah hanya dua jenis untuk menjaga kebersihannya. Untuk buah dan sayur satu jenis talenan dan untuk perdagingan satu talenan.
  8. Untuk tableware, sebaiknya beli seperlunya saja sehingga yang ada benar-benar dipakai. Tidak tertumpuk berdebu dan memenuhi rumah.

Cek promo tableware disini

6. Cleaning Routine

Deep cleaning rutin dapur seminggu sekali akan membuat dapur selalu bersih dan fresh. Kalau tipikal males repot seperti saya, pastikan saja untuk mengelap semua bagian yang kotor setelah memasak terutama di bagian kompor yang biasanya banyak percikan minyak. Mengelap sesegera mungkin akan membuat minyak yang berceceran lebih mudah dibersihkan dibandingkan saat kotoran tersebut sudah mengerak.

Untuk bagian dalam kompor saya bersihkan saat sudah terlihat lumayan kotor dengan tetesan masakan dan kerak. Rasanya feeling good banget setelah melihat kerak yang menempel hilang dan kompor kinclong. Tips, sebaiknya kumpulkan minyak jelantah Anda lalu setorkan ke Bank Sampah terdekat ya Sahabat Hemat. Karena minyak jelantah yang dibuang ke pembuangan cuci piring akan mengotori aliran air ke sungai, ke laut dan ke tanah yang akan merusak mikro biota di dalamnya.

7. Good Mood is Good Food

Last but not least, pastikan Anda memasak dengan hati yang happy. Makanan yang dibuat dengan bahagia dan penuh cinta akan lebih powerful efek dan rasanya dibandingkan dengan menambahkan mecin. Hehe. Konyol tapi begitulah kenyataannya, iya nggak Bunda?

Masakan itu adalah sebuah karya seni. Yang dinikmati indra perasa kita. Jadi proses membuatnya sangat mempengaruhi hasil akhirnya. Mood seniman yang menciptakannya sangat menentukan kesuksesan karya seni tersebut. Jangan lupa berdoa semoga masakan yang Anda buat bisa memberikan nutrisi baik untuk orang yang memakannya.

Sepertinya sekian tujuh tips dari saya. Semoga bisa membantu membangkitkan semangat tempur di dapur. Semoga Sahabat Hemat sehat-sehat selalu ya!