Agar Kesehatan Mata Anak Selalu Terjaga di Era Digital

Anak-anak zaman now sangat lekat dengan gadget, apalagi handphone. Hal ini membuat para moms pasti memiliki kekhawatiran mengenai kesehatan mata sang buah hati. Apalagi jika para moms yang memiliki anak balita yang sudah terlanjur kecanduan gadget. Salah satu moms itu adalah saya, ketakutan terbesar saya adalah mereka memiliki masalah mata seperti kelelahan pada mata (astenopia), mata kering, dan rabun jauh (miopia) saat mereka masih sangat muda.

Mata adalah salah satu organ panca indra yang punya peranan yang penting bagi tubuh manusia. Semua organ pada mulanya berasal dari satu lapisan cikal bakal (lempeng embrional), yang terdiri dari endoderm, mesoderm dan ektoderm.

Menurut Prof DR Dr KH Salamun Sastra MPH.,MEd.,MSc.,MBA, SpM mata seutuhnya berasal dari ketiga lapis cikal bakal tersebut. Dengan demikian pertumbuhannya sangat kompleks, demikian pula penyakit serta kelainan mata berasal dari ketiga lapis cikal bakal tersebut. Jadi jagalah kesehatan mata anak-anak mulai sekarang. Berikan asupan dan perawatan yang maksimal untuk menjaga kesehatan mata anak-anak, dan lakukan pemeriksaan rutin ke dokter mata. Agar kita bisa mendeteksi secara dini jika memang ada masalah pada mata anak

Jangan sampai moms menunggu saat mata anak moms sudah bermasalah baru moms mencari obatnya, lebih baik kita mencegah sebelum mata anak moms bermasalah.

Hal kecil pertama yang bisa moms lakukan adalah menggunakan kaca mata saat mengajak anak berkendaraan bermotor, agar mata mereka tidak kemasukan debu.

Berikut tips untuk menjaga kesehatan mata anak-anak :

1. Makan sayuran dan buahan

Agar Kesehatan Mata Anak Selalu Terjaga
Sumber : Merdeka.com

Kita pasti sudah tahu sayuran yang baik untuk mata adalah wortel, karena wortel mengandung beta-karoten, vitamin B6 dan C, Kalsium, Fosfor, kalium, pektin, dan serat. Tapi selain wortel ada juga beberapa sayur yang juga baik untuk mata, yaitu brokoli dan sayur bayam.

Dan buahan yang baik untuk mata adalah alpukat dan blueberry, buah-buahan ini mengandung vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6

2. Jarak pandang

Agar Kesehatan Mata Anak Selalu Terjaga
Sumber : Hypercermat.com

Jarak aman antara mata dan layar gadget adalah sekitar 30-40 cm dan usahakan juga posisi gadget berada lebih rendah dari posisi mata, yaitu membentuk 15°.

3. Pencahayaan yang cukup

Agar Kesehatan Mata Anak Selalu Terjaga
Sumber : 99tekno.com

Selalu ingatkan anak untuk menggunakan gadget mereka di ruangan yang memiliki pencahayaan yang sesuai, karena pencahayaan yang kurang memadai bisa membuat mata bekerja lebih ekstra dan membuat mata lebih cepat lelah dan perih.

4. Batasi waktunya

Agar Kesehatan Mata Anak Selalu Terjaga
Sumber : Tecno Breaker – blogger

Waktu untuk anak menggunakan gadget adalah total nya 2 jam sehari. Jika anak terlalu lama menatap layar gadget bisa membuat mata kering, dan saat mata kering secara otomatis anak akan menyentuh matanya atau mengecek matanya.

Padahal kuman dan bakteri sangat mudah masuk ke tubuh melalui mata, ajarkan anak untuk membilas mata mereka dengan air bersih atau menggunakan obat tetes mata. Dan perbanyak frekuensi kedipan mata agar mata tidak kering.

Lalu berikan jeda tiap 30 menit sekali atau kurang dari itu agar mata anak bisa beristirahat selama beberapa menit.

5. Perhatikan posisi

Agar Kesehatan Mata Anak Selalu Terjaga
Sumber : Hypercermat.com

Jangan biarkan anak menggunakan gadget mereka dalam posisi tidur, karena tanpa di sadari jarak pandang ke gadget makin lama akan makin dekat karena tangan akan lelah menopang gadget pada posisi yang sama. Dan juga pada posisi tiduran mata anak harus menghadap ke atas, hal ini bisa membuat otot mata bekerja lebih keras.

Bagikan cerita anda bagaimana cara anda dalam menjaga kesehatan mata keluarga anda di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

Sumber

http://jitunews.com/read/18587/menurut-para-ahli-ini-cara-jitu-menjaga-kesehatan-mata-yang-benar#ixzz510aiZeeY