Aktivitas Khas Bulan Ramadan di Indonesia

Bulan Ramadan adalah bulan dimana orang-orang muslim mencari pahala sebanyak-banyaknya, dan di Indonesia kami mempunyai aktivitas khas saat sedang melaksanakan ibadah puasa. Berikut kegiatannya :

1. Ronda Sahur

Sumber : Hipwee

Masih banyak daerah yang melakukan tradisi membangunkan orang untuk sahur atau yang sering disebut dengan ronda sahur, tapi tiap daerah memiliki sebutan yang berbeda seperti pada daerah Tangerang disebut Ngarak Bedug.

Dan ada banyak sekali cara membangunkan sahur di beberapa daerah di Indonesia, ada yang membangunkan dengan berbicara melalui pengeras suara di masjid, ada sekumpulan anak-anak yang biasanya terdiri dari 5-7 orang anak yang berkeliling dengan membawa gerobak untuk membawa bedug untuk berkeliling atau hanya memukul-mukulkan galon, drum, atau alat musik pukul lainnya.

Ronda sahur ini sangat membantu ibu-ibu yang mungkin lupa memasang alarm atau ketiduran, biasanya ronda sahur dimulai dari jam 3 subuh.

2. Ngabuburit

Sumber : Job-Like.com

Ngabuburit adalah cara yang dilakukan orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa untuk menunggu waktu untuk berbuka puasa.

Taman atau mungkin toko buku bisa menjadi pilihan sebagian orang, dan ada juga yang memilih untuk menghabiskan waktu dengan beritikaf di masjid. Pilihan tergantung dengan keinginan masing-masing, asal tidak mudhorat atau perbuatan yang sia-sia, merugikan orang lain atau perbuatan yang malah akan mengurangi pahala kita.

4. Berbuka Bersama

Sumber : Ahmad Muhaimin Alfarisy – WordPress.com

Berbuka bersama mungkin adalah momen yang paling ditunggu-tunggu. Karena saat berbuka bersama, yang tadinya sulit sekali untuk berkumpul dan makan disatu meja, di bulan Ramadan Anda dan keluarga jadi bisa makan bersama.

Baca juga Hindari Ini Untuk Menu Berbuka Puasa

Karena biasanya perusahaan-perusahaan dan sekolah-sekolah mempunyai kebijakan tertentu soal jam pulang, biasanya jam pulang akan dipercepat.

Selain bisa makan bersama keluarga, momen berbuka puasa bersama pun bermanfaat sebagai momen kumpul dengan teman atau keluarga jauh atau yang jarang bisa ditemui. Banyak sekali makna terpendam dibalik momen acara berbuka bersama, asal jangan jadi ajang pamer atau bahkan jadi tempat untuk membicarakan kejelekan atau aib orang lain.

Lalu ada juga suatu instansi atau perusahaan yang juga mengadakan acara berbuka bersama yang biasanya diisi dengan acara ceramah, berzikir dan berdoa.

4. Beribadah bersama-sama

Sumber : Trivia.id

Sholat sunnah tarawih yang hanya bisa dilakukan di bulan puasa, jadi kebanyakan orang muslim tidak mau ketinggalan melakukan ibadah-ibadah yang hanya dilakukan di bulan Ramadan dan dapat dilakukan bersama-sama.

Selain itu, dengan melakukan ibadah bersama-sama maka pahala yang kita dapatkan juga semakin banyak.

Anda pun bisa mengikuti kajian rutin menjelang berbuka puasa yang bisa diadakan di rumah kita sendiri ataupun yang diadakan oleh perusahaan atau organisasi tertentu.

5. Sahur On The Road

Sumber : Jawa Pos

Kegiatan menjelang makan sahur yang dilakukan dengan cara membagi-bagikan makanan sahur untuk kaum duafa maupun fakir miskin yang berada di pinggir jalan atau juga bisa di lakukan di pelataran masjid agar tidak mengganggu kendaraan yang lain. Lalu makan sahur bersama-sama di pinggir jalan, jadi bulan Ramadan juga bisa kita isi dengan berbagi dengan sesama kita yang membutuhkan.

Dan ada juga sekelompok orang yang bergantian membagi-bagi takjil menjelang berbuka puasa di pinggir jalan, mereka membagikan kepada siapapun yang lewat dan juga kaum duafa dan fakir miskin.

6. Berbelanja

Sumber : muslimsdigest.com

Berbelanja di bulan Ramadan bisa jadi beda dengan saat kita berbelanja di waktu biasa, karena biasanya supermarket, hypermart, dan minimarket mengadakan promo bulan Ramadan secara besar-besaran. Hemat.id adalah salah satu website terbaik untuk mendapatkan harga promo barang-barang kebutuhan keluarga dan juga bahan masakan untuk melengkapi resep untuk sahur atau berbuka puasa.

Lihat juga 5 Resep Pilihan Segar Untuk Berbuka Puasa

Apapun kegiatan yang Anda pilih menjelang berbuka puasa, baik bersama keluarga, teman atau hanya sendiri yang terpenting adalah tetap memperhatikan dan menjaga adab-adab Islam.

Bagikan pengalaman, cerita dan rencana Anda dan keluarga dalam beribadah di bulan Ramadan tahun ini, semoga ibadah-ibadah yang kita lakukan mendapatkan keberkahan dan pahala yang melimpah dari Allah SWT dan semoga ibadah puasa kita di terima oleh Allah SWT.

Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga bermanfaat…….