5 Resep Pilihan Segar Untuk Berbuka Puasa

Mendekati bulan Ramadan, yuk mulai rencanakan menu segar berbuka puasa. Hemat.id akan memberikan 5 resep pilihan khusus untuk Anda sebagai menu berbuka puasa. Anda dapat mempersiapkan bahan-bahan untuk resep berikut ini sebelum promo-promonya berakhir!

Baca juga artikel: Tips Hemat di Bulan Ramadhan

1. Sop buah

Sumber : ResepKoki

Sop buah tentu enak disantap sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Selain cara membuatnya mudah, sop buah dapat menghilangkan rasa dahaga serta mencegah Anda untuk makan makanan lainnya secara berlebihan.

Untuk buahnya, Anda dapat memilih sesuai selera, tapi akan lebih baik jika memilih buah yang mengandung banyak air serta memiliki tekstur yang crunchy. Seperti resep berikut ini:

Bahan:

  • Semangka (dipotong dadu)
  • Melon (dipotong dadu)
  • Stroberi (dibelah jadi dua)
  • Air secukupnya
  • Sirop rasa vanila secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya
  • Es serut atau es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan mangkuk, lalu masukkan semua buah ke dalam mangkuk.
  2. Siapkan satu tempat lagi, lalu masukkan air dan susu kental manis (sesuai selera) ke dalamnya. Aduk sampai rata.
  3. Tuangkan campuran air dan susu kental manis tersebut ke dalam mangkuk yang berisi buah. Masukkan es serut atau es batu serta sirop vanila sesuai selera.
  4. Sop buah siap dihidangkan

2. Es kacang merah

Sumber : food.detik.com

Saat berdomisili di Palembang, saya suka memakan es kacang merah untuk berbuka puasa. Rasa kacang merahnya yang manis dan segarnya es serut membuat saya ingin terus menikmati es kacang merah .

Namun semenjak tinggal di Tangerang, susah sekali mencari es kacang merah yang empuk dan manis. Seringkali saya mendapatkan es kacang yang kacangnya tidak empuk dan rasanya hambar. Jadi dari pada kecewa, lebih baik kita buat sendiri saja es kacang merahnya. Berikut resepnya :

Bahan :

  • 200 gr kacang merah (sudah direndam semalaman)
  • 1 liter air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanila bubuk
  • 2 sendok makan gula merah yang sudah disisir

Kuah :

  • 300 ml santan kental atau bisa juga diganti dengan susu cair
  • 1 sendok makan tepung maizena

Cara membuat :

Sehari sebelumnya :

  1. Rebus kacang merah yang sudah direndam semalaman dengan 2 liter air dan rebus sampai kacang benar-benar empuk.
  2. Setelah empuk, masukkan gula, vanila, garam lalu rebus sampai gula larut dan kuah menyusut
  3. Setelah kacang merah lembut, siapkan mangkok lalu masukkan kacang merah

Kuah :

  1. Untuk kuahnya, siapkan panci lalu masukkan air serta santan kental atau susu cair
  2. Ambil sedikit susu cair lalu masukkan tepung maizena dan aduk sampai rata, setelah rata masukkan kembali kedalam kuah
  3. Nyalakan kompor dengan api kecil, masak kuah sampai mendidih dan mengental

Sajikan es kacang merah dengan kuah lalu es serut dan susu kental manis di atasnya, tambahkan juga sirup berwarna merah di atasnya jika Anda suka

Note :

  1. Sebaiknya kacang merah direndam sehari sebelum es kacang akan disajikan
  2. Pastikan kacang merah benar-benar sudah empuk sebelum dimasukkan gula dan garam karena kacang merah tidak akan empuk jika direbus bersamaan dengan gula dan garam

 

3. Hotteok (Panekuk Manis Khas Korea)

Sumber : Google Image

Hotteok adalah panekuk (pancake) manis khas korea, saya pertama kali melihatnya di acara Youth Kitchen, suatu program reality show di salah satu televisi swasta Korea. Youth Kitchen merupakan program acara tentang artis yang membuka restoran Korea di beberapa negara, dan hotteok ini adalah makanan penutup yang disukai oleh semua orang.

Cara membuatnya terbilang mudah dan bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Dalam acara itu panekuk ini disajikan dengan es krim dan dihiasi dengan susu kental manis. Dari pada penasaran berikut resepnya yang sudah disesuaikan:

Bahan :

  • 2 cup tepung terigu
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh ragi
  • 125 ml susu cair
  • Secukupnya minyak goreng

Isian :

  • 1/2 cup gula coklat
  • 1 sendok teh kayu manis
  • Secukupnya pisang yang sudah dipotong-potong

Toping :

  • Es krim vanila (sesuai selera)

Cara Membuat :

  1. Masukkan tepung terigu ke dalam mangkok besar, lalu tambahkan garam, gula, pengembang dan susu. aduk sampai menjadi adonan yang kalis dan tutup dengan plastic wrap.
  2. Biarkan adonan mengembang dalam suhu ruangan sampai adonan mengembang sampai dua kali lebih besar. Kira-kira selama 1 jam
  3. Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dengan menekan-nekan adonan beberapa kali sampai gas nya keluar. Lalu istirahatkan lagi adonan dengan menutupnya dengan plastic wrap selama 20 menit
  4. Setelah adonan siap, balurkan tangan Anda dengan minyak goreng agar adonan tidak menempel di tangan Anda dan bagi adonan menjadi 6 atau besarnya pancake sesuai dengan keinginan Anda
  5. Bulat-bulatkan terlebih dahulu adonan yang sudah di bagi-bagi tadi lalu rata kan masukkan isian, lalu tutup adonan. Ulangin sampai adonan habis
  6. Siapkan telfon anti lengket yang telah diberikan sedikit  minyak goreng, letakkan hokteo di telfon dan tekan pelan-pelan sampai adonan menyerupai pancake.
  7. Masak dengan api sedang sampai pancake berwarna kuning keemasan, lalu masak sebentar dengan api kecil letakkan dipiring lalu tambahkan dengan satu scope es cream
  8. Untuk penyajian Anda bisa menambahkan tooping coklat yang sudah dicairkan lalu tambahkan juga rendahan oreo dan susu kental manis jika suka.
  9. Hotteok atau sweet korean pancake siap disajikan

Note :

Untuk isian selain potongan pisang, Anda pun bisa mengisinya dengan kenari yang dicincang, almond slice, dan lain-lain

 

4. Silky Pudding Coklat

Sumber : https://www.forisa.co.id/home

Sekarang sudah ada dessert atau makanan pencuci mulut baru yang mudah cara membuatnya, praktis, cepat dan pastinya lezat. Namanya Silky Pudding keluaran dari Forisa, Anda tidak perlu repot mempersiapkan banyak bahan-bahan tambahan seperti gula atau pun susu karena Silky Pudding dari forisa ini sudah mengandung gula dan susu rendah lemak.

Silky Pudding bisa dibuat dengan banyak sekali varian topping yang berbeda-beda, ditambahkan coklat, vla, whipper cream atau juga buah, lalu SIlky Pudding juga mengandung karagenan yang mana karagen adalah senyawa yang diekstraksi dari rumput laut kualitas terbaik. Yang artinya Silky Pudding mengandung serat yang sehat untuk lambung dan pasti sangat aman untuk perut Anda yang kosong selama 12 jam. Berikut cara membuat Silky Pudding rasa cokelat :

Bahan :

  • 1 Bungkus Silky Pudding rasa coklat
  • 700 ml Air

Cara Membuat :

  1. Tuang Silky Pudding dalam panci, lalu tambahkan air
  2. Masak dengan api sedang sambil di aduk-aduk terus sampai merata, mengental lalu sampai Silky Pudding mendidih. Matikan api, Angkat.
  3. Siapkan cangkir-cangkir atau mangkuk-mangkuk cantik lalu tuang Silky Pudding tidak terlalu penuh jika Anda ingin menambahkan topping.
  4. Hilangkan uap panas nya, lalu masukkan ke dalam kulkas sampai pudding mengeras
  5. Setelah mengeras Anda baru bisa menambahkan topping sesuai selera
  6. Atau tanpa topping pun Silky Pudding tetap nikmat untuk langsung di santap.

Lihat juga: Promo Silky Pudding di Berbagai Supermarket

5. Silky Pudding Dengan Vla

Sumber : ahliresep.me

 

Silky Pudding rasa cokelat juga lebih nikmat juga jika di tambahkan dengan vla, berikut resepnya :

Bahan Silky Pudding :

  • 1 bungkus Silky Pudding rasa cokelat
  • 700 ml air

Bahan vla:

  • 200 ml susu kental manis (putih)
  • 1 butir telur (kocok lepas)
  • 1 sendok teh tepung maizena
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 300 ml air
  • Secukupnya garam

Cara Membuat Silky Pudding Cokelat:

  1. Tuang Silky Pudding dalam panci, lalu tambahkan air
  2. Masak dengan api sedang sambil di aduk-aduk terus sampai merata, mengental lalu sampai Silky Pudding mendidih. Matikan api, Angkat.
  3. Siapkan cetakan pudding lalu tuang Silky Pudding
  4. Hilangkan uap panas nya, lalu masukkan ke dalam kulkas sampai pudding mengeras

Cara membuat vla pudding :

  1. Siapkan mangkok lalu tuang tepung maizena, vanila bubuk dan garam adu sampai rata
  2. Masukkan susu kental manis dan juga air
  3. Nyalakan kompor dengan api sedang masak fla engan terus diaduk
  4. Ambil adonan fla kira-kira 2 sendok makan ke dalam telor yang sudah di kocok lepas, kemudian masukkan kembali ke dalam adonan fla yang sedang di masak
  5. Terus aduk sampai adonan mendidih dan kental, angkat dan dinginkan di suhu ruangan.
  6. Setelah dingin Anda bisa masukkan kedalam lemari es atau langsung di tuangkan ke atas puding yang sudah di dinginkan di kulkas.
  7. Setelah Silky Pudding mengeras dan vla sudah dingin, Anda tinggal menata Silky Pudding di piring cantik lalu tambahkan vla nya.
  8. Silky Pudding dengan vla siap untuk di santap

Salah satu hal menyenangkan di bulan puasa adalah mencari takjil sebagai makanan pembuka untuk berbuka puasa, karena sebagian orang lebih memilih makan makanan berat atau makanan utama setelah melaksanakan sholat magrib, jadi memilih makanan pembuka yang tepat juga penting tidak hanya untuk melepas dahaga tapi juga menyehatkan untuk lambung kita.

Jika Anda lebih memilih untuk membuat sendiri maka resep-resep makanan pembuka diatas sangat lah mudah di buat dan tidak memerlukan waktu yang lama dalam membuatnya dan untuk mempermudah lagi Anda bisa mengecek hemat.id untuk mendapatkan semua bahan-bahan dan dengan harga termurah juga.

Selamat mencoba dan terima kasih.