Hindari Ini Untuk Menu Berbuka Puasa

Saat berbuka puasa sering kali kita tidak terlalu terpikir kan makanan berbuka puasa seperti apa yang baik kita makan untuk tubuh kita, kita lebih sering memilih makanan berdasarkan kesukaan dan kondisi cuaca pada saat itu. Seharusnya makanan yang kita makan kita hanya untuk mengisi perut setelah berpuasa seharian penuh tapi juga harus memperhatikan makanan-makanan apa yang baik dan tidak baik untuk kita makan saat berbuka puasa.

Tidak hanya dari segi keagamaan, puasa bisa menyehatkan tubuh dengan cara membuang racun di tubuh kita dengan tidak makan seharian.

Agar badan tetap sehat selama berpuasa berikut makanan apa saja yang memberikan pengaruh buruk untuk kesehatan badan kita :

1. Sayuran dan buah yang mengandung gas

Sumber : Toko Zahra Herbal

Makanan dan sayuran yang mengandung gas, dapat menyebabkan kembung, sakit perut, diare bahkan sembelit . Hal ini di karena kan makanan dan sayuran ini mengandung FODMAPs, yaitu karbohidrat rantai pendek yang bisa menghasilkan gas dalam perut.

Sebaiknya hindari dulu makan sayuran dan buah yang mengandung banyak gas, misalnya sayur kol, bawang, asparagus, kubis, seledri, jagung manis, dan brokoli. Dan buah seperti nangka, apel, persik, pir, mangga, plum dan durian.

 

2. Makanan yang mengandung santan kental

Sumber : Google Image

Makanan yang memakai santan kental bisa memicu kolesterol jahat dalam tubuh, dan untuk orang yang memiliki riwayat penyakit maag bisa melukai lambung yang sedang kosong.

Anda tetap bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung santan di dalamnya dengan cara mengurangi kekentalannya.

Jadi akan lebih baik jika kita membuat sendiri makanan yang akan kita sajikan untuk keluarga, apalagi jika berencana memasak makanan yang menggunakan santan sebagai salah satu bahan utamanya.

 

3. Makanan yang terlalu pedas dan asam

Sumber : Papasemar.com

Hal pasti yang terjadi saat Anda makan-makanan yang terlalu pedas dan makan-makanan yang terlalu asam adalah mulas dan kembung, makanan yang terlalu pedas bisa mengiritasi lambung dan bisa merusak dinding lambung hal ini di karenakan dinding lambung sangat sensitif saat kita sedang berpuasa.

Makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam juga bisa membuat asam lambung naik, apabila Anda atau anggota keluarga sudah mempunyai riwayat penyakit maag makanan ini bisa membuat penyakit maag menjadi kambuh.

4. Daging

Sumber : lifestyle Sindonews

Daging lama sekali untuk di cerna, sedangkan saat berbuka puasa Anda harus makan makanan yang cepat dan mudah dicerna karena saat berpuasa lambung kita beristirahat sehingga ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang. Dengan memakan makanan yang mudah dicerna, lambung kita tidak kaget dan langsung bekerja extra keras.

Jadi, lebih baik Anda makan makanan yang mudah dicerna agar lambung Anda bekerja secara perlahan-lahan terlebih dahulu.

Dampak dari lamanya proses mencerna daging bisa menyebabkan metabolisme Anda menjadi lambat, akibatnya badan Anda akan mudah sekali gemuk. Jika Anda mau mengkonsumsi daging jangan lupa juga untuk makan sayur yang mengandung banyak serat untuk membantu proses mencerna yang lebih cepat dan makanlah daging secukupnya.

5. Minuman bersoda

SUmber : infobekasi

Minuman bersoda sangat tidak baik untuk lambung yang sedang kosong, karena minuman bersoda mengandung gas yang dapat membuat lambung Anda kaget.

Minuman yang mengandung soda mengandung karbonasi, yaitu udara yang menyebabkan gas berlebih dalam sistem pencernaan. Dan gula yang digunakan sebagai pemanis di dalam minuman bersoda, mengandung fruktosa yang menghasilkan gas sehingga sulit di cerna.

Saat tidak puasa pun air putih adalah minuman yang paling sehat dan aman untuk lambung Anda.

Saya tidak memasukkan gorengan, kenapa? karena makan gorengan seperti sudah mendarah daging di kita masyarakat indonesia. Jadi walaupun tidak lah baik untuk tubuh, orang akan tetap berbuka puasa dengan memakan gorengan terlebih dahulu. Tapi solusinya adalah dengan menggoreng dengan minyak yang baru, kurangi minyak yang menempel digorengan dengan tissu, memasak sendiri gorengannya dan makanlah secukupnya.

Lihat promo buah-buahan di berbagai supermarket sebagai hidangan sehat berbuka puasa

Untuk mendapatkan bahan masakan, sayuran dan buah-buahan segar untuk melengkapi resep favorit kesukaan keluarga dan mendapatkan harga promosi terhemat, Anda bisa membuka hemat.id. Hemat.id menampilkan semua promo terbaik dari semua supermarket, hypermart dan minimarket di kota Anda.

Lihat juga promo sayuran terhemat di berbagai supermarket

Bagikan menu berbuka puasa favorit keluarga Anda, serta makanan-makanan lain yang Anda ketahui, tidak baik untuk di konsumsi saat berbuka puasa. Selamat menunaikan ibadah puasa semoga ibadah puasa kita di mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Aamin.

Sumber :

  1. https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/makanan-yang-mengandung-gas
  2. https://pasberita.com/makanan-sehat-untuk-buka-puasa/