Bangkitkan Nafsu Makan Anak dengan 7 Hal Ini!

Tidak semua anak mudah diberi makan, padahal anak mendapatkan energi dan memenuhi kebutuhan gizinya melalui makanan. Anak yang susah diberi makan pasti akan membuat orang tua khawatir dan pusing memikirkan berbagai cara untuk membangkitkan nafsu makan pada anak terutama terhadap sayuran.

Berikut beberapa cara yang mungkin bisa jadi inspirasi bagi orang tua untuk membangkitkan nafsu makan pada anak  :

1. Buat mereka lapar

Jangan merasa bersalah saat membiarkan anak lapar, karena dengan membuat mereka lapar Anda mengajarkan mereka untuk memahami rasa lapar itu sendiri.

2. Buat makanan favoritenya

Nah, cara yang lebih menyenangkan lainnya selain membuat mereka lapar adalah dengan memasak makanan kesukaan anak, tapi jangan lupa untuk tetap menyertakan sayuran di makanannya ya.

3. Buat makanan semenarik mungkin

Mari kita melangkah ke level lebih lanjut, yaitu dengan membentuk makanan anak semenarik mungkin. Buat bentuk makanan seperti karakter favorit anak atau bentuk-bentuk yang lebih mudah seperti bentuk bunga dari wortel atau telur dadar yang dibentuk menyerupai selimut, atau roti yang dibentuk menjadi karakter-karakter lucu.

Gunakan imajinasi Anda dan terus berusaha, walau hanya bentuk-bentuk sederhana dijamin anak-anak pasti langsung semangat menyantap makanannya. Karena pada dasarnya anak-anak itu mudah untuk dibuat terkesan tapi kitanya saja yang terlalu menuntut diri terlalu tinggi.

4. Makanan hangat

Pasti tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun akan bisa langsung semangat untuk makan jika makanan yang disajikan dalam keadaan hangat-hangat.

Baik makanan berkuah maupun makanan tidak berkuah seperti ayam atau daging yang baru diangkat pasti akan mengeluarkan bau harum yang bisa membangkitkan nafsu makan siapa saja yang menghirupnya.

5. Tidak memberi makanan manis menjelang makan siang atau makan malam

Ini adalah salah satu kesalahan terfatal jika sampai dilakukan menjelang makan, karena akan merusak nafsu makan anak.

Makanan manis yang tentu saja dari segi vitamin tidak lah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin pada anak,  dan Anda pun akan sulit untuk memberikan makan pada anak karena mereka akan makin picky setelah mereka merasakan makanan manis.

6. Bertanya pada anak

Hal lain yang bisa dilakukan untuk membangkitkan nafsu makan anak adalah dengan menanyakan pada anak menu makanan apa yang saat itu sedang ingin dimakan anak.

Dengan melakukan hal ini akan menghemat banyak waktu dan tenaga Anda.

7. Mencoba menu baru

Anda pun bisa mengajak anak mencari-cari menu baru yang bisa Anda coba masak bersama anak, anak-anak suka sekali saat diajak masak. Selain menyenangkan, Anda juga bisa memberi informasi mengenai manfaat sayuran untuk tubuh, dan juga mengajak anak untuk kreatif dalam menyajikan makanan.

Masakan yang dibuat sendiri oleh anak pasti bisa membangkitkan nafsu makan mereka, mereka bisa menambahkan extra keju, extra daging atau extra mayonais.

Mengajak anak sambil bermain, menonton televisi atau sambil berjalan-jalan sore memang salah satu cara yang sering dilakukan ibu-ibu untuk membangkitkan nafsu makan anak. Padahal makan di meja makan akan mengajarkan anak disiplin, mengajarkan kebersamaan dan terutama fokus menikmati dan menghabiskan makanan jadi anak sadar apa yang sedang dimakan dan sadar saat dia sudah merasa kenyang agar terhindar dari obesitas.

Jangan lupa untuk membeli bahan-bahan makanan yang Anda butuhkan untuk memasak menu makanan kesukaan anak di website hemat.id, dapatkan promo menarik di semua supermarket, hypermarket, dan minimarket di daerah sekitar Anda.

Bagikan cerita anda dalam membuat anak jadi nafsu makan pada kolom komentar di bawah ini.