Manfaat Exhaust Fan Untuk Dapur Sempit

Punya dapur sempit memang bisa membuat pengguna dapur tidak leluasa dalam beraktivitas memasak. Tapi dapur yang mungil dapat terasa lega dengan penataan yang baik dan benar. Untuk jelasnya, Anda bisa membaca “Ide Design Dapur Minimalis Dan Dekorasinya”.

Ada hal penting lainnya yang perlu Anda waspadai jika memiliki dapur yang berukuran mungil dan sirkulasi udaranya buruk. WHO menemukan bahwa asap dapur terdiri dari partikular dan sejumlah besar gas beracun, termasuk karbon monoksida, nitrogen dioksida, dan beberapa hidrokarbon volatil beracun dan beberapa di antara lainnya bersifat karsinogen.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya biasanya menghabiskan 1-2 jam setiap kali menyiapkan makanan dan melakukan kegiatan lain. Aktivitas menggoreng atau memanggang yang bisa menimbulkan banyak asap, selain buruk untuk kesehatan pernapasan ternyata dapat juga merusak kulit kita. Kulit wajah yang sering terpapar asap yang berasal dari proses memasak dapat menyebabkan wajah menjadi kering karena terkikis kelembaban alaminya, kusam, seperti terbakar, warna kulit menggelap, serta berminyak.

Sumber : Pixabay.com

Pengertian Exhaust Fan

Exhaust fan adalah kipas yang memiliki fungsi utama sebagai penjaga agar udara selalu bersih di dalam ruangan. Biasanya exhaust fan digunakan di ruangan yang tidak memiliki akses ventilasi udara atau ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang buruk. Exhaust fan bekerja dengan cara menghisap udara dari dalam ruangan dan membuangnya ke luar ruangan.

Pilihan model Exhaust Fan

Exhaust fan sangat bermanfaat untuk dapur dengan minim ventilasi udara, minimnya ventilasi udara ini dapat menyebabkan sulitnya akses asap sisa pembakaran untuk keluar dari dalam dapur. Exhaust Fan terdapat dua model, yaitu

  • Exhaust Ventilating atau Exhaust Fan yang di pasang di plafon.
  • Dan yang kedua ada Exhaust Fan Wall Ventilating atau Exhaust Fan yang dipasang di dinding.

Pantau promo terbaru Exhaust Fan di hema.id

Manfaat Exhaust Fan di dapur

Setelah mengetahui tentang apa itu Exhaust Fan, Anda pasti penasaran apa saja manfaat yang dapat diperoleh saat menggunakan alat tersebut. Dengan mengetahui apa saja manfaatnya, bisa membuat Anda makin yakin untuk memiliki Exhaust Fan di dapur. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Memberikan kenyamanan

Aktivitas memasak membuat suhu di area dapur meningkat drastis, orang yang rutin menggunakan area dapur butuh kenyamanan untuk berada di dalam dapur. Dengan adanya Exhaust Fan tanpa ada kipas angin pun udara di area dapur akan lebih sejuk dan tidak terasa pengap.

  1. Menghilangkan aroma menyengat

Asap atau uap masakan yang mengeluarkan aroma menyengat seperti rebusan jengkol atau sedang menggoreng sambal terasi bisa menyebar ke area lain di dalam rumah dan membuat seisi rumah beraroma kurang sedap.

Exhaust Fan akan menyedot udara dari dalam keluar sehingga dapat dengan cepat mengurangi bau-bau kurang sedap yang berasal dari masakan tertentu.

  1. Baik untuk kesehatan pernafasan

Dengan menambahkan Exhaust Fan, sirkulasi di area dapur akan jauh lebih sehat. Selain Anda tidak akan terganggu lagi dengan banyaknya asap saat proses memasak, karena saat Anda menyalakan Exhaust Fan asap akan langsung tersedot keluar sehingga udara kembali segar dan dapur bebas dari asap.

  1. Asap tidak menyebar

Salah satu keunggulan penggunaan Exhaust Fan di dapur adalah agar mencegah asap dari aktivitas memasak menyebar ke area lain di dalam rumah. Sehingga bau dan uap minyak masakan tidak tertinggal di sofa dan furniture rumah lainnya.

Untuk melengkapi kualitas udara di rumah Anda juga bisa menambahkan penjernih udara atau air purifier agar kualitas udara di dalam rumah selalu segar dan sehat. Bagikan cerita dan pengalaman Anda dalam membuat dapur mungil Anda bebas dari asap dan kulitas udara selau baik.

Sumber :

  1. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2405844018374413
  2. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/household-air-pollution-and-health