Varian Rasa Mie Instan Favorit Indonesia, Sudah Coba Semua?

Siapa di sini yang belum pernah menjajal nikmat gurihnya mie instan? Sepertinya semua orang sudah tahu ya kenikmatan produk yang satu ini. Bahkan produk asli Indonesia ini sudah ada yang menembus kancah internasional dan diakui rasanya. Mie instan adalah makanan cepat saji yang terbuat dari terigu yang termasuk dalam jenis makanan cepat saji.

Q&A umum mie instan

sumber : pinterest

Mie instan populer di semua kalangan karena enak, murah, mudah dibuat dan cepat mengenyangkan. Cukup familiar di kalangan orang dengan aktifitas super sibuk, anak kosan, baik tua ataupun muda. Namun banyak juga orang yang mempertanyakan ini dan itu seputar mie instan. Berikut beberapa pertanyaan yang sering menjadi pertanyaan klasik banyak orang tentang mie instan.

1. Apa efek samping sering makan mie instan?

Berdasarkan jenisnya, mie instan merupakan makanan ultra proses yang saat pembuatannya mengalami banyak proses dan penambahan bahan tambah pangan. Mie instan mengandung karbohidrat kompleks yang bisa memicu obesitas jika dikonsumsi berlebihan, misalnya dikonsumsi setiap hari. Mie instan dinilai kurang sehat karena memiliki kandungan karbohidrat, lemak dan garam yang tinggi namun rendah vitamin, mineral apalagi enzim. Karbohidrat kompleks yang terkandung di dalamnya merupakan jenis makro nutrisi yang sulit dicerna sehingga memberatkan kerja organ pencernaan. Mie instan menyumbangakn asupan garam sekitar sekitar 860 mg natrium dalam satu bungkusnya padahal kita mengkonsumsi banyak asupan garam dari makanan lainnya dalam sehari. Bahaya lain yang bisa disumbangkan oleh mie instan adalah sindrom metabolik dari lemak jenuh dalam mie instan. 

2. Manfaat makan mie instan?

Menurut saya manfaat makan mie instan yang paling jelas adalah dari segi kepraktisan. Saat di rumah belum masak, saat diburu deadline tapi perut lapar, sekedar pengganjal atau makanan selingan di antara makanan utama, saat piknik yang harus membawa bekal sederhana atau kondisi darurat bencana yang menyulitkan memasak makanan menu empat sehat lima sempurna. Keuntungan lain makan mie instan adalah bisa sangat mengenyangkan karena 3/4 bungkus mie instan saja sudah memilki kandungan karbohidrat yang sama dengan satu centong nasi. Dari segi mikro nutrisi mie instan memang memiliki lumayan banyak variasi tambahan vitamin dan mineral, namun mikro nutrisi tersebut merupakan bentuk sintesisnya. Bukan merupakan vitamin dan mineral alami seperti yang terkandung pada makanan alami seperti sayur, buah atau protein alami.

Baca juga : Mie Instan Goreng Paling Enak yang Wajib Dicoba

3. Berapa kali makan mie instan yang baik?

Saya pribadi hanya mengonsumsi mie instan sebagai makanan rekreasional yang dikonsumsi sebulan sekali. Mengutip dari halodoc, mengonsumsi mie instan satu sampai dua porsi dalam seminggu masih termasuk aman. Seperti yang kita tahu, makanan yang sesegar dan senatural mungkin masih tetap makanan yang terbaik. Sehingga sebaiknya jadikan mie instan sebagai makanan selingan sesekali saja. Untuk pertanyaan apakah makan mie instan malam hari berbahaya? Yes. Berbahaya dari segi kenaikan berat badan yang cepat dan mengganggu sistem cerna karena malam hari itu jadwalnya organ dalam tubuh untuk detoksifikasi, sehingga diharapkan kita sudah tidak memasukkan makanan berat apalagi yang sulit cerna di atas pukul delapan malam.

4. Cara sehat makan mie instan

Bukan berarti mengonsumsi mie instan itu terlarang ya sahabat hemat. Ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi mie instan dengan lebih sehat, yaitu:

  1. Cari produk mie instan yang menggunakan gandum utuh agar mengandung nutrisi lebih banyak
  2. Cari produk mie instan dengan kandungan natrium yang paling rendah
  3. Buang sebagian bumbu mie instan (karena kandungan sodium banyak terdapat di bumbunya), lalu ganti dengan bahan alami seperti minyak wijen, olive oil, lada dan sebagainya
  4. Tambahkan sayuran segar dan protein seperti telur, udang atau daging
  5. Tidak perlu membuang air rebusan mie instan karena beberapa vitamin seperti asam folat akan ikut terbuang bersama dengan air rebusan mie instan yang diganti
  6. Kurangi porsinya. Saya biasanya mengonsumsi mie instan berdua dengan suami sehingga rata-rata jumlah mie instan yang saya makan hanya setengah porsi

Baca juga  : Amankah Konsumsi Mie Instan Saat Hamil?

Mie instan apa yang enak?

Sebagai orang yang juga menyukai mie instan, saya memiliki beberapa mie instan favorit. Mie instan pertama kali diperkenalkan dan dipasarkan di Jepang pada tahun 1958 yang langsung diminati dan mulai tersebar ke penjuru dunia. Yuk kita kupas tuntas sejarah dan keunggulan mie instan favorit masyarakat Indonesia raya.

a. INDOMIE

Siapa disini yang nggak kenal brand mie instan indomie? Rasanya nggak mungkin banget ada orang Indonesia yang nggak kenal brand mie super hits ini. Anda bisa menemukan produk Indomie di seluruh toko di Indonesia. Brand mie instan asal Indonesia ini bahkan menjadi mie instan terbaik di dunia versi LA Times. Gokil ya!

Indomie merupakan produk mie instan kedua yang lahir di Indonesia. Produk mie instan pertama adalah Supermi yang dirintis oleh Sjarif Adil Sagala dan Eka Wijaya Moeis. Produsen Indomie adalah anak perusahaan Indofood yaitu Indofood CBP. Dimulai dari April 1972 melalui PT Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd yang didirikan oleh Djajadi Djaja, Indomie yang merupakan singkatan Indonesia Mie, pertama kali diperkenalkan di Indonesia dengan varian Indomie rasa kaldu ayam. Saat ini produk Indomie di ekspor ke lebih dari 100 negara di dunia sejak 1998. Secara umum Indomie dibagi menjadi Indomie mie goreng dan Indomie mie kuah.

A. Indomie Mi Goreng

Indomie Mi goreng original diluncurkan pertama kali pada tahun 1982 yang merupakan salah satu mie instan favorit saya. Seiring dengan perkembangan inovasi, Indomie sekarang tersedia dalam berbagai varian rasa untuk jenis mie goreng dan mie kuah.

Indomie juga meluncurkan edisi rasa Indomie kuliner Indonesia pada tahun 2002 yang rasanya spesifik khas dari setiap daerah di Indonesia. Salah satu varian favorit saya adalah Indomie Mi Kuah rasa empal gentong khas Jawa Barat. Edisi rasa kuliner Indonesia ini beberapa varian tersedia di seluruh Indonesia namun beberapa varian lainnya hanya tersedia di daerah tersebut. Ada juga Indomie Hype Abis yang terdiri dari Mi Goreng Rasa Ayam Geprek (produksi tahun 2019), Mi Kuah Rasa Seblak Hot Jeletot (produksi tahun 2020), dan Mieghetti Rasa Bolognese (produksi tahun 2021). Untuk Indomie Premium Collection yang mulai produksi tahun 1992 terdiri dari pilihan rasa Mi Keriting Goreng Spesial, Mi Keriting Rasa Ayam Panggang, Mi Keriting Goreng Rasa Telur Asin (Salted Egg), Real Meat Mi Keriting Ayam Jamur (Mushroom Chicken) dan Mi Keriting Ayam Lada (Pepper Chicken).

Varian rasa Indomie Mi Goreng
  1.  Indomie Mi Goreng Spesial
  2.  Indomie Mi Goreng Rendang
  3.  Indomie Mi Goreng Aceh
  4.  Indomie Mi Goreng Ayam Pop
  5.  Indomie Mi Goreng Spesial Plus
  6.  Indomie Mi Goreng Sambal Rica-rica
  7.  Indomie Mi Goreng Sambal Matah
  8.  Indomie Mi Goreng Cabe Ijo
  9. Indomie Mi Goreng Pedas
  10. Indomie Mi Goreng Iga Penyet
  11. Indomie Mi Goreng Cakalang
Kemasan dan Kisaran Harga Indomie Mi Goreng

Indomie Mi Goreng memiliki beberapa varian kemasan yaitu:

  1. Indomie goreng kemasan reguler size 85gr per pcs dengan kisaran harga Rp 2.240 sampai Rp 3.000
  2. Indomie goreng kemasan reguler bundling tersedia dalam kemasan bundling isi 5 pcs dan isi 10 pcs
  3. Indomie goreng kemasan jumbo size 128gr dengan kisaran harga Rp 2.709 sampai Rp 3.741
  4. Indomie pop mie dengan kisaran harga Rp 3.388 sampai Rp 7.084
  5. Indomie goreng kemasan dus isi 40 pcs dengan kisaran harga Rp 102.000 sampai Rp 115.000

B. Indomie Mi Kuah

Indomie Mi Kuah diluncurkan pertama kali pada tahun 1972 dengan varian rasa kaldu ayam. Tersedia dalam banyak varian rasa karena orang Indonesia terutama saya yang tinggal di Bogor suka banget makan mie instan kuah pedes saat hujan. Combo banget nggak sih mie kuah pedes saat hujan tuh, ya kan ya dong?

Varian rasa Indomie Mi Kuah
  1. Indomie Rasa Kaldu Ayam
  2. Indomie Rasa Ayam Spesial
  3. Indomie Rasa Kari Ayam
  4. Indomie Rasa Soto Spesial
  5. Indomie Rasa Soto Banjar Limau Kuit
  6. Indomie Rasa Soto Mie
  7. Indomie Rasa Soto Lamongan
  8. Indomie Rasa Ayam Bawang
  9. Indomie Rasa Mie Kocok Bandung
  10. Indomie Rasa Soto Padang
  11. Indomie Rasa Empal Gentong
  12. Indomie Rasa Soto Medan
  13. Indomie Rasa Coto Makassar 
  14. Indomie Rasa Cakalang
Kemasan dan Kisaran Harga Indomie Mi Kuah

Indomie Mi Kuah memiliki beberapa varian kemasan yaitu :

  1. Indomie kuah kemasan reguler size 85gr per pcs dengan kisaran harga Rp 2.175 sampai Rp 3.300
  2. Indomie kuah kemasan reguler bundling tersedia dalam kemasan bundling isi 5 pcs dan isi 10 pcs
  3. Indomie pop mie dengan kisaran harga Rp 3.388 sampai Rp 7.084
  4. Kemasan dus isi 40 pcs dengan kisaran harga Rp 98.000 sampai Rp 115.000

Cek promo INDOMIE di hemat.id

b. MIE SEDAAP

Salah satu produk mie instan yang banyak dicari masyarakat Indonesia adalah Mie Sedaap yang diproduksi oleh Wings Food dan diluncurkan pertama kali pada tahun 2003. Keunggulan utama yang disukai konsumen Mie Sedaap adalah bawang goreng yang krispi dan banyak. Dari segi keamanan pangan, saat ini Mie Sedaap sudah mengantongi sertifikat ISO 22000 yang sudah diakui keamanannya oleh organisasi keamanan pangan internasional. Dengan jargon andalan “Jelas Terasa Sedapnya”, Mie Sedaap menawarkan dua varian mie instan yaitu Mie Sedaap terbagi dua varian yaitu Mie Sedaap Mi Goreng dan Mi Kuah.

Mie Sedaap juga meluncurkan varian Mie Sedaap Tasty di tahun 2018 dengan pilihan rasa Bakmi Ayam, Bakmi Ayam Geprek Matah dan Beef Yakiniku. Lalu di tahun 2019 Mie Sedaap meluncurkan varian Mie Sedaap Selection dengan pilihan rasa ala Korea dan Ala Singapura. Tahun 2020 Mie Sedaap meluncurkan varian Mie Sedaap Nikmat HQQ dengan pilihan rasa ala Indonesia.

A. Mie Sedaap Mi Goreng

mie sedaap mie goreng

Mie Sedaap mi goreng merupakan juga salah satu varian mie favorit saya. Berbeda dengan tekstur Indomie yang cenderung “slim“, Mie Sedaap menawarkan tekstur mie yang lebih tebal dengan taburan bawang goreng renyah yang banyak.¬†

Varian rasa Mie Sedaap Mi Goreng
  1. Mie Sedaap Goreng Original
  2. Mie Sedaap Goreng Mie Ayam Istimewa
  3. Mie Sedaap Goreng Ayam Krispi
  4. Mie Sedaap Sambal Goreng
  5. Mie Sedaap Selection Korean Spicy Chicken
  6. Mie Sedaap Salero Padang
  7. Mie Sedaap Ayam Bakar Pedas Limau
Kemasan dan Kisaran Harga Mie Sedaap Mi Goreng

Mie Sedaap Mi Goreng memiliki beberapa varian kemasan yaitu :

  1. Mie Sedaap goreng kemasan reguler per pcs dengan kisaran harga Rp 1.584 sampai Rp 3.168
  2. Mie Sedaap goreng kemasan reguler bundling tersedia dalam kemasan bundling isi 3 pcs dan isi 5 pcs
  3. Mie Sedaap goreng kemasan cup dengan kisaran harga Rp2.926 sampai Rp 4.697
  4. Mie Sedaap goreng kemasan dus isi 40 pcs dengan kisaran harga Rp 96.000 sampai Rp 115.000

B. Mie Sedaap Mi Kuah

mie sedaap kuah

Tidak kalah dari varian mi goreng, Mie Sedaap mi kuah menawarkan berbagai varian rasa yang bisa anda pilih. Varian yang disediakan tidak hanya Indonesia banget tapi juga menawarkan varian rasa K-pop dan dari Negeri tetangga Singapura.

Varian rasa Mie Sedaap Mi Kuah
  1. Mie Sedaap Soto
  2. Mie Sedaap Ayam Bawang
  3. Mie Sedaap Kari Spesial
  4. Mie Sedaap Baso Spesial
  5. Mie Sedaap Kari Ayam
  6. Mie Sedaap Ayam Spesial
  7. Mie Sedaap White Curry
  8. Mie Sedaap Ayam Bawang Telur
  9. Mie Sedaap Selection Korean Spicy Soup
  10. Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa
Kemasan dan Kisaran Harga Mie Sedaap Mi Kuah

Mie Sedaap Mi Kuah memiliki beberapa varian kemasan yaitu :

  1. Mie Sedaap kuah kemasan reguler per pcs dengan kisaran harga Rp 1.950 sampai Rp 2.775
  2. Mie Sedaap kuah kemasan reguler bundling tersedia dalam kemasan bundling isi 3 pcs dan isi 5 pcs
  3. Mie Sedaap kuah kemasan cup dengan kisaran harga Rp2.926 sampai Rp 4.697
  4. Mie Sedaap kuah kemasan dus isi 40 pcs dengan kisaran harga Rp 89.000 sampai Rp 94.000

Cek promo MIE SEDAAP di hemat.id

c. MIE SAMYANG

Sekarang mari kita bahas mie instan yang sedang naik daun, Mie Samyang. Brand mie instan asal Korea Selatan ini mulai menarik minat pecinta mie instan di Indonesia karena rasanya yang super pedas. Mie instan produksi Samyang Food Inc. ini memang menawarkan spesifikasi rasa pedas yang diluncurkan sebagai produk ramen pertama Korea pada tahun 1963 dengan nama asli Buldalk Bokkeummyeon (rasa ayam pedas). Samyang Foods sendiri didirikan oleh Jeon Jung Yoon pada tahun 1961. pada tahun 2014, Samyang Foods memperoleh sertifikat halal internasional (KOLAS, ISO22000, HALAL).

mie halal samyang green
Samyang dengan label halal MUI

Mie instan ala Korea disebut dengan Ramen. Varian Mie Samyang yang sudah disertifikasi halal MUI yang beredar di Indonesia memiliki label Samyang Green di bagian kiri atas dan label halal MUI di bagian kanan bawah, jangan lupa di cek logo halalnya sebelum membeli ya Sahabat Hemat. Mie Samyang halal ini diimpor oleh PT Korinus yang diproduksi oleh pabrik Mie Samyang di Wonju yang khusus memproduksi mie Samyang halal yang sudah disetujui oleh Korean Muslim Federation (KMF), Badan sertifikasi halal di Korea. Pabrik di Wonju ini terpisah dengan pabrik Mie Samyang non halal di Iksan. Jika anda membeli di Samyang Green Official Store, Anda hanya akan menemukan empat varian rasa yaitu Samyang Hot Chicken Ramen Cheese, Samyang Hot Chicken Ramen Extreme 2x Spicy, Samyang Hot Chicken Ramen Carbonara dan Samyang Hot Chicken Ramen Original. Kisaran harga Mie Samyang kemasan 140gr sekitar Rp 16.700 РRp 20.000 tergantung varian rasa. 

Varian rasa Mie Samyang

  1. Samyang Hot Chicken Ramen Cheese (halal MUI)
  2. Samyang Hot Chicken Ramen Extreme 2x Spicy (halal MUI)
  3. Samyang Hot Chicken Ramen Carbonara (pedas ringan manis creamy) (halal MUI)
  4. Samyang Hot Chicken Ramen Original (halal MUI)
  5. Samyang Hot Chicken Ramen Buldak Jjajang (Bumbu kacang hitam) (halal MUI)
  6. Samyang Hot Chicken Ramen Buldak Light (mie goreng dengan kalori lebih rendah 28% dibandingkan varian Buldak lainnya)
  7. Samyang Hot Chicken Ramen Buldak Curry (halal MUI)
  8. Samyang Hot Chicken Ramen Buldak Big bowl (halal MUI)
  9. Samyang Hot Chicken Ramen Buldak Tomato Pasta
  10. Samyang Hot Chicken Buldak Mala
  11. Samyang Hot Chicken Ramen Stew Soup
  12. Samyang Hot Chicken Ramen Spicy Soup

Cek promo SAMYANG di hemat.id

Kalau mie instan favorit sahabat hemat yang mana kira-kira? Dari brand lokal atau luar negeri? Lebih suka varian mie instan goreng atau mie instan kuah? Lebih memilih rasa ala international atau kearifan lokal? Pastinya setiap orang memiliki preferensi rasanya masing-masing ya. Share yuk testimoni mie instan favorit anda di kolom komentar. Jangan lupa juga cari promo mie instan terbaik di hemat.id atau aplikasi kliptalog ya.

sumber: 

  1. alodokter.com
  2. hellosehat.com
  3. sehatq.com
  4. kominfo.go.id
  5. indomie.com